Definite & Indefinite Article – Penjelasan Detail & Contoh Kalimatnya

Definite & Indefinite Article – Penjelasan Detail & Contoh Kalimatnya – Sobat, kalian pasti sering mendengar kata – kata “a”, “an”, dan “the” yang mengikuti kata benda (noun) dalam Bahasa Inggris. Apakah kalian tahu termasuk ke dalam jenis apakah kata – kata tersebut? Kata – kata tersebut merupakan Definite dan Indefinite Article. Berikut merupakan penjelasan detail dan contoh kalimat mengenai Definite dan Indefinite Article dan Zero Article.

Pengertian Article

Article atau kata sandang merupakan bentuk kata sifat yang diletakkan sebelum kata benda untuk menunjukkan umum atau khususnya benda tersebut.

Jenis – Jenis Article

Article dalam Bahasa Inggris terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Definite, Indefinite, dan Zero Articles.

1. Definite Article (the)

Definite articles, yaitu the, digunakan sebelum kata benda yang spesifik atau sudah diketahui baik benda tersebut tunggal maupun jamak, countable maupun uncountable.

Perhatikan penggunaan article ‘the’ berikut:

• Digunakan untuk benda yang sudah diketahui / sudah pasti.

Contoh: I want to buy the book that you already told me yesterday. (Saya mau membeli buku yang telah kamu ceritakan kepada saya kemarin)
(dalam konteks dimana buku tersebut telah diketahui)

• Digunakan oleh benda yang sudah disebut sebelumnya.

Contoh: There is a backpack in the livingroom. The backpack is very heavy and I do not know who brings it there. (Ada sebuah tas punggung di ruang tamu. Tas punggung tersebut berat dan saya tidak tahu siapa yang membawanya ke sana)

Baca Juga:  Struktur Sel Prokariotik dan Penjelasannya

• Digunakan sebelu nama benda yang hanya ada satu.

Contoh:
o I always look at the moon at night. (Saya selalu melihat bulan pada malam hari)
o We are one like the earth and the sun. (Kita satu seperti bumi dan matahari)

• Digunakan sebelum nama pegunungan, laut, selat, samudera, gurun, sungai, atau negara tertentu.

Contoh:
o The statement that the principal made at the ceremony was as long as the Nile river. (Pernyataan yang dibuat oleh kepala sekolah saat upacara adalah sepanjang sungai Nil)
o When I enter the school I know that there will be so many questions directed to me as much as the water in the Pasific ocean. (Ketika saya memasuki sekolah saya tahu akan ada banyak pertanyaan yang ditujukan kepada saya sebanyak air di samudera Pasifik)

• Dapat digunakan di depan Adejctive yang digunakan sebagai kata benda.

Contoh:
o The youngs are gathering in the school yard. (Anak – anak muda berkumpul di halaman sekolah)
o The woman in the red dress is very generous to the poor. (Wanita yang memaai gaun merah sangatlah dermawan kepada orang yang berekonomi lemah)

Baca Juga:  Pengertian dan 91 Contoh Kata Baku dan Tidak Baku

2. Indefinite Articles (a / an)

Indefinite articles terdiri dari a dan an. Articles jenis ini digunakan oleh kata benda yang dapat dihitung (countable noun) yang tunggal (singular) dan memilii sifat yang tida tentu atau tida spesifik.

Contoh:
• I saw someone bringing a bet in his hand and running towards a car yesterday. (Saya melihat seseorang membawa sebuah pemukul di tangannya dan belari e arah sebuah mobil kemarin)
• There is a guy in our house and I have no idea who is he until I come in and get shocked that he is my old friend. (Ada seseorang di rumah kami dan saya tida tahu siapa dia sampai ketika saya masuk dan terkejut dia adalah teman lama saya)

Contoh di atas menandaan bahwa a bet a car dan a guy yang dibicarakan hanya bersifat umum dan tida spesifi. Artikel ‘a’ digunakan jika kata benda diawali dengan bunyi konsonan misalnya: a guy, a queen, a chocolate, a nice girl, a bucket of flowers, dan seterusnya. Sementara artikel ‘an’ digunakan jika kata benda diawali dengna bunyi vokal, misalnya: an apel, an orange, an umbrella, an apron, an avocade, dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan di sini bahwa yang menjadi patokan bukanlah huruf pertama pada kata benda, akan tetapi bunyi atau pelafalan huruf pertama dari kata tersebut. Maka yang benar adalah a unit (bukan an unit), karena huruf ‘u’ pada kata unit tersebut dilafalkan dengan ‘y’. Contoh lainnya yaitu an hour (bukan a hour) karena huruf ‘ h’ dalam kata hour melebur tidak dibaca dan kata hour memiliki awalan pelafalan ‘a’.

Baca Juga:  Unsur-Unsur Atlas & Jenis-Jenis Atlas

3. Zero Article (Tanpa Artikel)

Zero articles terjadi ketika kata benda merupakan kata benda yang tidak dapat dihitung (uncountable noun) atau merupakan proper noun. Selain itu, zero articles dapat juga digunakan untuk kata benda jamak yang dapat dihitung yang tidak bisa dibedakan apakah kata tersebut termasuk definite atau indefinite.

Contoh:

• I drink water everyday to keep myself healthy. (Saya meminum air setiap hari untuk menjaga badan saya tetap sehat)
• My counsin’s name is Shella Febrianti. (Nama sepupu saya adalah Shella Febrianti)

Demikianlah sobat penjelasan detail dan contoh kalimat dari Definite dan Indefinite Article. Semoga kalian dapat memahaminya dengan baik antara artikel tentu (definite) dan tak tentu (indefinite). Terima kasih.

Baca Juga:

Penjelasan Abstract Nouns, Collective Nouns, Common Nouns, & Concrete Nouns
Pembahasan Materi Interjections Secara Detail
Order Of Adjectives & Possessive Adjectives – Penjelasan Lengkapnya