Definisi & Penjelasan Apa itu Quantifiers

Definisi & Penjelasan Apa itu Quantifiers – Dalam Bahasa Indonesia, jika kita menyatakan jumlah benda atau barang maka kita menggunakan kata – kata seperti “banyak jeruk”, “sedikit piring”, “setengah keranjang apel”, dan sebagainya. Sedangkan dalam Bahasa Inggris berdasarkan jumlahnya dibagi dalam dua jenis, yaitu countable (benda yang dapat dihitung) dan uncountable (benda yang tidak dapat dihitung) sehingga menggunakan kata yang berbeda untuk menyatakan jumlahnya. Kata yang digunakan untuk menyatakan jumlah disebut dengan “Quantifier”. Berikut adalah penjelasan Quantifier beserta contohnya dalam kalimat Bahasa Inggris.

loading...

Pengertian Quantifier

Quantifier adalah sebuah kata atau sekelompok kata yang memiliki fungsi untuk menyatakan jumlah, seperti how much atau how many. Quantifier memiliki dua bentuk, yaitu terdiri dari satu kata yang disebut Simple Quantifier, misalnya little, many, few, atau Complex Quantifier yang berupa frasa, misalnya none of, a couple of, a lot of. Pada umumnya, Quantifier digunakan atau berfungsi sebagai Determiner yang membatasi kata benda (noun). Posisi Quantifier berada di depan kata benda (noun) untuk membentuk noun phrase. Akan tetapi, Quantifier dapat berdiri sendiri sebagai kata ganti (pronoun), yaitu sebagai Indefinite Pronoun.

Contoh:

• Few students (sedikit murid)
Note:
o few = determiner
o few = modifier kata benda “students”

• Few visit the museum (sedikit yang mengunjungi museum)
Note:
o Few = sebagai pronoun (subjek kalimat)

Kombinasi Quantifier dan Noun

Sebagian Quantifier dapat ditambahkan informasi yang berupa noun (countable dan uncountable noun). Sedangkan sebagian yang lain hanya dapat ditambahkan informasi yang berupa countable noun atau uncountable noun saja.

Baca Juga:  Penjelasan Struktur Lapisan Atmosfer Bumi

Contoh:

1. Kombinasi: quantifier + countable / uncountable noun

• Contoh Quantifier: some, any, a lot of, lots of, enough, most of the, most, all of the, plenty of, lack of
• Contoh Kalimat Quantifier:
o Do you want to give him all of the foods? (Apakah kamu mau memberinya semua makanan tersebut?)
o We can no longer give money to those children because we do not have enough money. (Kita tidak dapat lagi memberikan uang kepada anak – anak tersebut karena kita tidak memiliki cukup uang)
o Can we move to another class? It seems they do not have enough chairs for more students. (Dapatkah kita pindah ke kelas yang lain? Sepertinya mereka tidak memiliki cukup kursi untuk tambahan murid)
o I do not have a lot of pets at home because my mother does not allow me to. I only have some fish. (Saya tidak memiliki banyak binatang peliharaan di rumah karena ibu saya tidak mengizinkannya. Saya hanya punya beberapa ikan hias)
o What else do you need to make a cake? Do you need a lot of sugar or a bar of chocolate? (Apa lagi yang kamu butuhkan untuk membuat kue? Apakah kamu membutuhkan banyak gula atau sebatang coklat?)

2. Kombinasi: Quantifier + countable noun

• Contoh Quantifier: several, a few, few, many, none of, a couple of
• Contoh Kalimat Quantifier:
o Several managers are coming to my office to attend the annual meeting. (Beberapa manajer datang ke kantor saya untuk menghadiri rapat tahunan)
o None of my dress is good enough for the party tonight. (Tidak ada satupun dari gaun saya yang cukup bagus untuk pesta malam ini)
o I have many flowers in my garden and they have various colours and shapes. (Saya memiliki banyak bunga di kebun saya dan bunga – bunga tersebut memiliki berbagai warna dan bentuk)

Baca Juga:  Pengertian Gelombang Elektromagnetik, Ciri, & Jenisnya

3. Kombinasi: quantifier + uncountable noun

• Contoh Quantifier: a good deal of, a great deal of, a little, little, a little bit, a bit of, not much, no, much
• Contoh Kalimat Quantifier:
o They said that they did not have much money to buy a car. (Mereka mengatakan bahwa mereka tidak memiliki banyak uamg untuk membeli sebuah mobil)
o It is a very hot day and I feel thirsty. I seriously need to drink much water today. (Ini adalah hari yang sangat panas dan saya merasa sangat haus. Saya benar – benar membutuhkan banyak air)
o Jenna thought that she was too fat, so she started to eat a little food. (Jenna berpikir bahwa dia terlalu gendut, jadi dia memulai untuk memakan sedikit makanan)

Floating Quantifier

Pada umumnya, Quantifier berada di depan kata benda (noun) dan membentuk frasa kata benda (noun phrase). Akan tetapi, terdapat beberapa Quantifier yang dapat pindah dari posisi tersebut ke berbagai posisi di dalam kalimat. Quantifier yang dapat berpindah posisi tersebut disebut dengan Floating Quantifier. Sedangkan aturan untuk memposisikan Quantifier di dalam kalimat disebut dengan Quantifier Floating.

Baca Juga:  Pengertian Atlas, Syarat-Syarat Atlas, & Manfaat Atlas

Contoh:

• All
• Both
• Each

Ketiga Floating Quantifier tersebut dapat berpindah posisi dengan syarat kata benda (noun) yang dibatasi merupakan Definite Noun (kata benda yang jelas dimaksudkan).

Berikut adalah beberapa contoh posisi Floating Quantifier yang mungkin:

1. Sebelum Verb / setelah Noun
2. Setelah Auxiliary Verb yang pertama

Contoh:

• All of the children look happy. (Semua anak terlihat senang)
• The children all look happy. (Anak – anak semuanya terlihat senang)
• Both the students need to improve their score. (Kedua murid tersebut perlu meningkatkan nilai mereka)
• The students both need to improve their score. (Kedua murid tersebut perlu meningkatkan nilai mereka)
• I really like both of your cats. (Saya sangat suka kedua kucingmu)
• I really like your cats both. (Saya sangat suka kedua kucingmu)
• All of my relatives are kind. (Semua saudara saya baik)
• My relatives all are kind. (Semua saudara saya baik)

Demikianlah penjelasan Quantifier beserta contoh kalimatnya. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami dengam baik. Terima kasih.

Baca Juga:

Soal Bahasa Inggris Tentang Noun & Kunci Jawaban
Soal Bahasa Inggris Tentang Pronoun & Kunci Jawaban
Soal Bahasa Inggris Tentang Preposition & Kunci Jawaban