Definisi dan Contoh Surat Pernyataan Diri

Definisi dan Contoh Surat Pernyataan Diri – Pada bahasan sebelumnya kita telah banyak mengenal tentang macam-macam surat pernyataan. surat pernyataan adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang menyatakan dirinya atau orang lain bahwa yang bersangkutan melakukan/ tidak melakukan / atau mengalami keadaan seperti yang dimaksud dalam pernyataan dalam surat tersebut. Bisa juga diartikan sebagai pernyataan tertulis yang menjelaskan kesanggupan seseorang atau kolektif untuk menanggung konsekuensi atau resiko sebagaimana yang tertera pada surat pernyataan.

Dalam praktek penyusunannya, surat pernyataan di bagian kolom tanda tangan dibubuhi materai agar memiliki kekuatan hukum yang mengikat bagi seseorang yang membuat pernyataan. Pada artikel ini kita akan mengenal lebih jauh tentang surat pernyataan diri. Pada dasarnya perbedaan dari setiap surat pernyataan hanya terletak pada konten atau esensi seperti apa surat pernyataan tersebut hendak ditulis. Tidak ada perbedaan yang berarti dalam penyusunan surat pernyataan. Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan contoh surat pernyataan diri sebagai berikut!

Baca Juga:  Pengertian dan 3 Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Contoh 1 :

Surat Pernyataan

Yang bertandatangan di bawah ini

Nama:Chairul Umam, S. Pd.I.
Tempat dan tanggal lahir :Purwodadi, 04 Maret 1990
Agama :Islam
Alamat :jalan K.H. Ahmad Dahlan Desa Purwodadi Kec. Bangun Rejo, Lampung Tengah

Dengan ini menyatakan bahwa saya :

1. Tidak memiliki catatan kriminal dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian setempat.
2. Tidak memiliki riwayat sakit keras atau sakit keturunan dibuktikan dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit umum daerah.
3. Tidak memiliki tato dan tindik dibuktikan dengan surat keterangan tidak bertato dan bertindik dari rumah sakit umum daerah.
4. Tidak berkedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil / anggota kepolisian / TNI/ dan pegawai BUMN.
5. Tidak berstatus sebagai anggota atau pengurus partai politik / ormas / LSM
6. Bersedia menjalani magang kontrak di PT. Arina Jaya Kusuma selama 1 (satu) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sadar dan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Jika dikemudian hari saya terbukti membuat pernyataan palsu dengan dibuktikan dengan dokumen serta bukti lainnya, maka saya bersedia untuk menjalani konsekuensi hukum yang berlaku.

Baca Juga:  Contoh Pidato Singkat Tentang Kemerdekaan Indonesia

Gunung Sugih, 06 November 2015
Yang membuat pernyataan,
(MATERAI 6000)

Chairul Umam, S.Pd.I.

Contoh 2:

Surat Pernyataan

Saya yang bertandatangan dibawah ini

Nama:Samsul Ma’arif, S.T.
Tempat tanggal lahir :Metro, 19 Agustus 1992
Jenis kelamin :Laki-laki
Pendidikan :S1 Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Metro
Alamat :jalan Kampus No 88 banjarejo Batanghari, Lampung Timur

dengan ini menyatakan bahwa :

1.Tidak memiliki ikatan kontrak kerja dengan pihak manapun baik dengan instansi pemerintah maupun swasta dibuktikan dengan kartu pencari kerja dari Dinas Tenaga Kerja (disnaker) kabupaten Lampung Timur.
2.Berbadan sehat dan tidak memiliki riwayat sakit keras dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari RSUD Lampung Timur
3.Tidak memiliki catatan kriminal dibuktikan dengan SKCK dari kepolisian daerah Lampung Timur.
4.Tidak pernah mengonsumsi narkoba jenis apapun dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya-benarnya dan apabila dikemudian hari terbukti bahwa pernyataan yang saya buat tidak benar, maka saya bersedia membayar denda sebesar Rp. 25.000.000,00 dan menerima konsekuensi hukum berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Baca Juga:  Contoh - Contoh Surat Pernyataan Cerai

Sukadana, 06 November 2015

Yang membuat pernyataan,
(Meterai 6000)

Samsul Ma’arif, S.T.

Demikianlah bahasan kali ini tentang surat pernyataan diri. Pada tidak ada perbedaan khusus dalam jenis surat pernyataan, yang membedakan hanyalah pada kontent yang menyertainya. Misalnya surat pernyataan diri menyatakan segala sesuatu tentang pribadi yang bersangkutan terhadap sesuatu, surat pernyataan belum menikah menyatakan bahwa yang bersangkutan belum pernah menikah dan lain-lain. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untuk pembelajaran. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

Sumber:
http://contoh-surat.org/contoh-surat-pernyataan-diri-terbaru.html