Definisi dan Contoh Karangan Eksposisi tentang Lingkungan

Definisi dan Contoh Karangan Eksposisi tentang Lingkungan – Ada beberapa macam jenis karangan jika diklasifikasikan berdasarkan tujuannya. Salah satunya adalah karangan eksposisi. Apakah yang dimaksud dengan karangan eksposisi tersebut ? Berikut ini adalah pembahasannya lengkap.

Karangan eksposisi adalah sebuah tulisan yang berisi pengetahuan atau informasi – informasi yang dipaparkan, atau dijelaskan sejelas – jelasnya kepada para pembacanya. Dengan kata lain, karangan ini berusaha menyampaikan sebuah informasi kepada para pembacanya dengan lugas dan tepat.

Karangan eksposisi bukanlah pendapat pribadi seseorang atau kelompok. Namun, Karangan eksposisi adalah karangan yang bersifat ilmiah atau non fiksi karena ditulis berdasarkan hasil pengamatan, atau penelitian yang ilmiah sehingga isi dari karangan tersebut terjamin akan kebenarannya.

Gagasan utama pada karangan eksposisi diperkuat dengan gagasan – gagasan pendukung yang berupa fakta, data, dan contoh – contoh yang telah teruji sehingga karangan ini bukan hanya sekedar tulisan yang diragukan kebenarannya.

Sekilas karangan eksposisi ini hampir memiliki kesamaan dengan karangan argumentasi yaitu sama – sama menyampaikan informasi kepada para pembacanya. Namun, yang membedakan adalah bagaimana sikap sang penulis dalam menyampaikan informasinya.

Apabila pada karangan argumentasi penulis benar – benar menyakinkan pembacanya akan informasi yang disampaikan. Sedangkan pada paragraf eksposisi, penulis menyerahkan kepada pembacanya untuk mempercayai atau tidak informasi tersebut.

Baca Juga:  Pengertian & Contoh Kalimat Homograf Terbaru

Nah, tujuan dari karangan eksposisi sudah jelas seperti yang dikatakan sebelumnya yaitu untuk memberikan informasi atau menambah wawasan pembacanya.

Ciri – Ciri Karangan Eksposisi

Sebuah karangan dapat dikatakan sebagai karangan eksposisi jika memiliki beberapa ciri – ciri sebagai berikut ini:

1. Karangan eksposisi berisi informasi – informasi faktual.
2. Karangan eksposisi membahasa suatu hal yang non fiksi
3. Karangan eksposisi bersifat netral atau tidak memihak kelompok manapun.
4. Karangan eksposisi tidak ada unsur mempengaruhi atau mengajak pembaca untuk mempercayai isi karangan.
5. Informasi pada karangan ini disampaikan dengan proses analisa secara objektif.

Contoh Karangan Eksposisi

Setelah membaca definisi dan ciri – ciri paragraf eksposisi di atas, Tentu Anda sudah memahami apa itu karangan eksposisi, bukan? Nah, kali ini penulis akan menyajikan sebuah contoh karangan eksposisi yang bertemakan lingkungan. Perhatikanlah contoh berikut ini !

Indonesia Darurat Kebakaran Hutan

Saat ini negeri kita tengah menghadapi sebuah permasalahan yang rumit, yaitu terbakarnya hutan – hutan di wilayah Indonesia sehingga menyebabkan kabut asap memenuhi sebagian besar udara beberapa kota besar, seperti Riau, Jambi, Palembang dan sebagian kota di Pulau Kalimantan, bahkan kabut asap itu telah sampai ke negeri tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Baca Juga:  Contoh Karangan Eksposisi tentang Kesehatan Terbaru

Munculnya kabut asap ini disebabkan oleh hutan – hutan yang terbakar akibat musim kemarau yang panjang. Ditambah lagi dengan jenis lahan gambut yang sangat mudah sekali terbakar membuat api semakin membesar dan sulit untuk dipadamkan meskipun sudah dilakukan berbagai upaya untuk memadamkan api tetapi tetap saja titik – titik api bermunculan di sekitar hutan. Akibatnya, ribuan kubik asap terus menerus datang dan menyelimuti pemukiman warga.

Terbakarnya hutan ini menimbulkan berbagai macam polemik yang tak kunjung usai. Banyak sekali permasalahan – permasalahan yang timbul karenanya, salah satunya adalah kabut asap. Kabut asap yang menyelimuti kota itu mengganggu lingkungan, baik lingkungan hutan maupun masyarakat sekitar. Akibat dari kebakaran hutan ini, hutan menjadi rusak dan banyak binatang kehilangan habitatnya. Selain itu kabut asap yang menyelimuti seluruh kota mengurangi jarak pandang. Saat ini jarak pandang hanya mencapai 5 meter saja. Tak ayal hal ini sangat membahayakan lalu lintas sehingga banyak warganya yang memilih untuk berdiam diri di rumah sehingga roda ekonomi di kota tersebut menjadi terganggu.

Baca Juga:  Pengertian Karangan Eksposisi, Ciri, & Contoh Karangan Eksposisi tentang Pendidikan

Tidak hanya mengganggu lingkungan hidup, kabut asap juga membahayakan kesehatan manusia. Asap yang banyak mengandung zat beracun seperti gas karbon dioksida (CO2) dan metana memenuhi udara sehingga mau tidak mau zat tersebut terhirup oleh masyarakat. Akibatnya banyak sekali penyakit yang ditimbulkan, seperti iritasi, bronchitis bahkan ISPA.

Masyarakat yang terus menerus terpapar kabut asap menderita iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan mereka. Terlebih lagi, dalam jangka waktu yang lama kabut asap juga bisa menyebabkan infeksi, alergi, dan peradangan.

Tidak hanya menyebabkan iritasi, kabut asap juga menimbulkan penyakit bronchitis pada warga yang menghirup kabut asap. Paru – paru mereka yang selalu dipenuhi dengan asap akan menajdi rusak sehingga sistem kerjanya menjadi terganggu. Akibatnya, mereka mengalami bronchitis.

Bahkan yang paling parah adalah penyakit ISPA yang mengintai mereka. Penyakit ISPA atau disebut dengan penyakit inspeksi saluran pernapasan akut disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang daya tahan tubuh manusia akibat lingkungan yang kurang sehat.

    1. Agnes_Ra March 28, 2016
      • Kakak Pintar March 31, 2016
    2. Teks December 7, 2016

    Add Your Comment