Definisi dan 3 Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah

Definisi dan 3 Contoh Surat Pernyataan Belum Menikah – Pada bahasan sebelumnya kita telah banyak mengenal tentang macam-macam surat pernyataan. Kali ini kita akan membahas tentang surat pernyataan belum menikah. Sebelum lebih jauh membahas tentang Surat pernyataan belum menikah, terlebih dahulu kita mengulas sedikit tentang pengertian surat pernyataan. Surat pernyataan adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang menyatakan dirinya atau orang lain bahwa yang bersangkutan melakukan/ tidak melakukan / atau mengalami keadaan seperti yang dimaksud dalam pernyataan dalam surat tersebut. Bisa juga diartikan sebagai pernyataan tertulis yang menjelaskan kesanggupan seseorang atau kolektif untuk menanggung konsekuensi atau resiko sebagaimana yang tertera pada surat pernyataan.

Pada artikel ini secara spesifik kita akan mempelajari tentang surat pernyataan belum menikah. Sama seperti bahasan sebelumnya, pada dasarnya perbedaan dari setiap surat pernyataan hanya terletak pada esensi atau konten seperti apa surat pernyataan tersebut hendak ditulis. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam penyusunan surat pernyataan. Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan contoh surat pernyataan belum menikah sebagai berikut!

Baca Juga:  5 Pantun Cinta Romantis Bahasa Indonesia

Contoh 1:

Surat Pernyataan Belum Menikah

Yang bertandatangan di bawah ini

Nama: Ardi Supriyanto, S.E.
Jenis kelamin: laki-laki
Kewarganegaraan / etnis: Indonesia / Jawa
Tempat dan tanggal lahir: Bandar Lampung, 19 Maret 1992
Agama: Islam
Alamat: jalan K.H. Mas Mansur No. 88 Rawa Laut Tanjung Karang Pusat, Bandar Lampung

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya belum pernah menikah dengan siapapun baik secara hukum adat, agama, maupun negara. Hal tersebut dapat saya buktikan dengan surat keterangan belum menikah dari kelurahan Rawa laut kecamatan Tanjung Karang Pusat, Bandar lampung dan fotocopi kartu keluarga.
Demikian pernyataan ini saya tulis dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Jika dikemudian hari saya terbukti membuat keterangan palsu berkaitan dengan isi surat pernyataan ini maka saya siap menerima konsekuensi berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Bandar Lampung, 07 November 2015
Yang membuat pernyataan,
(MATERAI 6000)

Ardi Supriyanto, S.E.

Contoh 2:

Surat Pernyataan Belum Menikah

Yang bertandatangan di bawah ini

Nama: Wastudiawan Pramana Nugroho, S.P.
Jenis kelamin: laki-laki
Kewarganegaraan / etnis: Indonesia / Lampung
Tempat dan tanggal lahir: Purwodadi, 02 Maret 1990
Agama: Islam
Alamat: Perum BKP Blok L no 171 Kemiling Permai, Bandar lampung

Baca Juga:  Definisi dan Contoh Surat Pernyataan Diri

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya belum melakukan akad nikah dengan siapapun. Hal tersebut saya buktikan dengan surat keterangan belum menikah dari kelurahan Kemiling Permai kecamatan Kemiling, Bandar lampung dan fotocopi kartu keluarga.

Demikian surat pernyataan ini saya tulis dengan sadar dan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Jika dikemudian hari saya terbukti membuat keterangan palsu berkaitan dengan isi surat pernyataan ini maka saya siap menerima konsekuensi berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Bandar Lampung, 07 November 2015
Yang membuat pernyataan,
(MATERAI 6000)

Wastudiawan Pramana Nugroho, S.P.

Contoh 3:

Surat Pernyataan Belum Menikah

Saya yang bertandatangan dibawah ini

Nama: Khoirudin Hasan, S.Ag.
Tempat tanggal lahir: Menggala, 27 April 1967
Jenis kelamin: Laki-laki
Kewarganegaraan / suku: Lampung
Pendidikan: S1 Pend. Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung
Alamat: jalan Kamboja No 68 Ujung Gunung Menggala, Tulang Bawang

Baca Juga:  Pengertian, Jenis, & Contoh Paragraf Induktif Lengkap

Menerangkan bahwa:

Nama: Dirhamsyah, S.Kom.
Tempat tanggal lahir: Menggala, 22 Desember 1993
Jenis kelamin: Laki-laki
Kewarganegaraan / suku: Lampung
Pendidikan: S1 Ilmu Komputer Universitas Lampung
Alamat: jalan Kamboja No 68 Ujung Gunung Menggala, Tulang Bawang

Dengan ini saya menyatakan bahwa yang bersangkutan yakni ananda Dirhamsyah, S. Kom. Belum pernah melakukan akad pernikahan dengan siapapun baik secara hukum adat maupun agama. Apabila dikemudian hari saya terbukti memberikan peryataan palsu berkaitan dengan isi surat pernyataan ini maka saya siap menerima konsekuensi hukum berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya-benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Menggala, 07 November 2015
Yang membuat pernyataan,
(Meterai 6000)

Khoirudin Hasan, S.Ag.

Pembahasan di atas merupakan contoh dari surat pernyataan belum menikah. Pada dasarnya dalam penyusunan surat pernyataan tidak ada perbedaan yang signifikan, hanya saja esensi serta isi yang membedakannya. Semoga pembahasan seputar surat pernyataan belum menikah kali ini artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untuk pembelajaran. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

    1. Nur Ikhfan January 13, 2016
      • Kakak Pintar January 13, 2016

    Add Your Comment