Definisi & Contoh Simple, Compound, dan Complex Sentence

Definisi & Contoh Simple, Compound, dan Complex Sentence – Sentence atau kalimat merupakan salah satu hal penting dalam mempelajari bahasa. Pembuatan suatu kalimat merupakan hal yang sangat penting karena dalam kalimat pasti terdapat banyak dasar – dasar pembelajaran Bahasa Inggris. Berikut ini adalah pengertian kalimat dan jenis – jenis kalimat.

 

Simple, Compound, dan Complex Sentence

 

Pengertian Sentence

 

Sentence adalah a set of words that contains a predication. Sentence (kalimat) adalah kumpulan kata- kata yang mengandung predication. Sentence dalam Bahasa Inggris terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu Simple Sentence, Compound Sentence, dan Complex Sentence.

 

  1. Simple Sentence

Simple Sentence adalah sebuah kalimat sederhana yang hanya terdiri dari satu klausa dan hanya terdapat subjek dan predikat.

Simple Sentence memiliki dua rumus, yaitu:

 

subject + verb + complement

 

Contoh:

 

  • Thea is a teacher. (Thea adalah seorang guru)
  • Aiden is a handsome doctor. (Aiden adalah seorang dokter tampan)
  • We will become the best football players. (Kita akan menjadi pemain bola terbaik)
  • She looks very pretty in red dress. (Dia terlihat sangat cantik dengan gaun merah)

 

Ciri dari pelengkap (complement) ini adalah subjek dan complement merupakan satu kesatuan dan complement merujuk ke subjek sehinga tidak dapat dipisahkan. Contohnya “Thea is a teacher”, Thea adalah subjek dan teacher adalah complement. Thea dan teacher merupakan satu orang yang sama, oleh karena merupakan suatu kesatuan.

Baca Juga:  Definisi Simple Compound Complex Sentence & Contohnya

 

subject + verb + object

Contoh:

 

  • My mother buys some fruits. (Ibu saya membeli beberapa buah)
  • I need a paper and a pencil. (Saya butuh sehelai kertas dan sebuah pensil)
  • Afzal watches a movie every Saturday. (Afzal menonton film setiap hari Sabtu)
  • An adult needs 8 hours sleep. (Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 8 jam)

 

Ciri kalimat dengan objek yaitu antara subjek dengan objek merupakan benda atau sesuatu yang berbeda dan terpisah. Contohnya adalah “my mother buys some fruits”, my mother adalah subjek dan some fruits adalah objek. My mother dan some fruits merupakan sesuatu yang berbeda dan itulah ciri dari kalimat yang menggunakan objek.

 

  1. Compound Sentence

 

Compound Sentence adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua Simple Sentence dan dihubungkan dengan kata penghubung koordinator (coordinate conjunction). Coordinate Conjunction ini berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat atau klausa yang setara di dalam satu kalimat. Coordinate Conjunction terdiri dari: and, but, so, or, yet, for. Coordinate Conjunction tersebut biasa disingkat dengan nama “FANBOYS”.

Baca Juga:  Tata Cara Penulisan Titik Dua, Titik Koma, dan Tanda Strip

 

Rumus:

 

subject + predicate (verb + object/ complement) + coordinate cojunction + subject + predicate (verb + object/ complement)

 

Contoh:

 

  • I like to paint a wall and my sister likes to read a novel. (Saya suka mengecat tembok dan adik saya suka membaca novel)
  • Ani wants to make a cake, so I help her buying some ingredients. (Ani ingin membuat kue, jadi saya menolongnya dengan membelikan beberapa bahan kue)
  • Liza went to visit her friend in London, but her friend was just moving to Paris. (Liza pergi untuk mengunjungi temannya di London, tetapi temannya baru saja pindah ke Paris)
  • Joey went home alone and left us in the bookstore for one of our friend made him upset. (Joey pulang ke rumah sendirian dan meninggalkan kami di toko buku karena salah seorang teman kami membuatnya kesal)

 

  1. Complex Sentence

 

Complex Sentence adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua klausa, yaitu induk kalimat (main clause/ independent clause) dan anak kalimat (dependent clause). Jika Compound Sentence dihubungkan dengan Coordinate Conjunction, Complex Sentence ini dihubungkan oleh Subordinate Conjunction.

 

Subordinate Conjunction merupakan penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat atau klausa yang tidak setara di dalam satu kalimat. Subordinate Conjunction yaitu seperti before, after, when, while, whenever, wherever, in order to, although, even if, even though, as if, dan sebagainya.

Baca Juga:  Daftar Irregular Verb, Perubahan Kata, & Artinya

 

Contoh:

 

  • Before I came to my friend’s house for dinner, I went to a florist to buy a beautiful flower for her. (Sebelum saya datang ke rumah teman saya untuk makan malam, saya pergi ke tukang bunga untuk membeli bunga yang indah untuknya)
  • Liam was going to Jenna’s house after Mason told him that Jenna fell from the tree. (Liam pergi ke rumah Jenna setelah Mason memberitahunya bahwa Jenna jatuh dari pohon)
  • I was eating fruit salad when my friends came to my house and gave me a birthday surprise. (Saya sedang makan salad buah ketika teman – teman saya datang ke rumah saya dan memberi saya kejutan ulang tahun)
  • Even though he was really angry with me, he still helped me and cared much about me. (Meskipun dia sedang sangat marah kepada saya, dia masih membantu saya dan sangat peduli kepada saya)

 

Demikianlah pengertian kalimat dan jenis – jenis kalimat. Semoga sahabat semua dapat memahaminya dengan baik dan dapat membuat kalimat dengan benar. Terima kasih.