Definisi & Contoh-Contoh Kalimat Eksposisi

Definisi & Contoh-Contoh Kalimat Eksposisi – Bahasa Indonesia memilki beberapa macam kalimat jika diklasifikasikan berdasarkan tujuannya, diantaranya adalah kalimat eksposisi, deskripsi, persuasi, dan lain sebagainnya. Nah, artikel kali ini khusus membahas kalimat eksposisi yang akan mengarahkan kita kepada pembahasan paragraf eksposisi.

Apakah yang dimaksud dengan kalimat eksposisi? Kalimat eksposisi adalah kalimat yang bertujuan untuk memberikan suatu pengetahuan, ilmu, atau wawasan yang baru ke pada para pembaca dengan sejelas-jelasnya. Kalimat eksposisi ini bisa membantu pembaca untuk memperluas wawasannya.

Kalimat ekspsosisi didasari oleh hasil-hasil pegamatan, penelitian, atau pemahaman yang logis dan ilmiah. Atas dasar tersebut, kalimat eksposisi disebut juga kalimat yang bersifat ilmiah atau non fiksi sehingga kalimat-kalimat eksposisi sering sekali ditemukan atau digunakan dalam tulisan – tulisan ilmiah.

Kalimat eksposisi bisa juga disebut dengan kalimat deskripsi dan juga kalimat definisi. Hal ini dikarenakan kedua kalimat tersebut sama-sama merupakan kalimat fiksi atau kalimat yang didasari dengan pembuktian yang tepat.

Perhatikan kalimat – kalimat berikut ini!

Gajah adalah hewan mamalia darat terbesar yang masih hidup di dunia ini.

Baca Juga:  Pengertian Prinsip Ekonomi, Contoh, dan Ciri-Cirinya

Gajah memiliki tubuh yang sangat besar dan juga daun telinga yang sangat lebar.

Kedua kalimat di atas merupakan kalimat eksposisi tapi kalimat satu adalah kalimat definsi dan kalimat yang kedua adalah kalimat deskripsi.

Ciri Kalimat Eksposisi

Berdasarkan pembahasan di atas mengenai kalimat eksposisi, ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita temui dalam jenis kalimat ini. Nah, ciri-ciri inilah yang menjadi acuan kita untuk menentukan apakah kalimat tersebut adalah kalimat eksposisi atau bukan. Berikut ini adalah ciri – cirinya:

1. Kalimat eksposisi mengandung suatu informasi yang bersifat ilmiah dan fakta.
2. Kalimat eksposisi bukan merupakan pendapat.
3. Kalimat eksposisi banyak ditemukan dalam karangan – karangan ilmiah.
4. Kalimat eksposisi bersifat netral dan tidak memiihak manapun.

Contoh Kalimat Eksposisi

Setelah mengetahui pengertian dan ciri – ciri kalimat eksposisi, berikut ini adalah contoh – contoh kalimat eksposisi.

1. Buah alpukat adalah buah yang kaya akan kandungan lemak dan serat di dalamnya.
2. Ikan salmon menempuh ribuan kilo mil kembali ke tempat asalnya untuk bertelur.
3. Bumi memiliki bentuk yang bulat dan berputar melalui porosnya sehingga terjadi fenomena siang dan malam.
4. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain dan tidak bisa hidup menyendiri.
5. Hewan –hewan karnivora memiliki ciri – ciri morfologis gigi yang sangat tajam dan rahang yang kuat.

Baca Juga:  Pengertian Sistem Sirkulasi Darah Tertutup dan Penjelasannya

Contoh Paragraf Eksposisi

Kalimat – kalimat eksposisi akan membentuk suatu paragraf yang dinamakan juga dengan paragraf eksposisi. Kalimat – kalimat di dalam paragraf tersebut saling mendukung satu sama lain, sehingga kalimat – kalimat tersebut membentuk suatu paragraf eksposisi yang padu.

Contoh paragraf eksposisi:

Contoh 1

Bekam adalah salah satu teknik pengobatan yang sudah ada sejak zaman nabi dahulu. Bekam bekerja dengan cara menyedot darah kotor yang ada di dalam tubuh mansusia. Ilmu bekam ini mengikuti prinsip bahwa semua sumber penyakit berada di dalam darah manusia yang kotor. Oleh sebab itu, darah kotor dalam diri manusia harus dikeluarkan agar tidak menimbulkan penyakit.

Contoh 2

Berdasarkan jenis makanannya, hewan diklasifikasikan ke dalam tiga jenis kelompok, diantaranya adalah herbivora, karnivora, dan omnivora. Hewan herbivora adalah hewan – hewan yang masuk ke dalam jenis pemakan tumbuhhan. Contohnya adalah kerbau, gajah, dan lain-lain. Karnivora adalah hewan pemakan daging. Hewan yang berada dalam kelas ini memiliki ciri-ciri gigi yang sangat tajam. Klasifikasi hewan yang terakhir adalah omnivora, yaitu jenis hewan pemakan segala. Hewan yang masuk ke dalam jenis hewan ini contohnya adalah ayam, ikan, dan lain-lain.

Baca Juga:  Definisi & Fungsi Trakea Sebagai Alat Pernapasan

Contoh 3

Bengkoang sangat baik untuk kesehatan kulit manusia. Bengkoang yang merupakan jenis tumbuhan umbi mengandung zat – zat yang bisa menjaga kelembutan dan kelembaban kulit. Selain itu, bengkoang juga bisa membuat kulit menjadi putih dan terlihat cerah. Oleh karena itu, bengkoang sering dijadikan bahan dalam pembuatan kosmetik.

Karena hampir memiliki kesamaan dengan kalimat argumentasi, kita sering sekali keliru dalam memahami kedua jenis kalimat ini. Padahal, kedua jenis kalimat ini sangat berbeda. Perbedaan antara kedua kalimat ini adalah: Jika paragraf argumentasi menyampaikan informasinya denga bertujuan agar pembaca mempercayai informasi tersebut. Sedangkan paragraf eksposisi hanya menyampaikan informasi tanpa mengahrapkan pembaca mempercayainya atau tidak.