Definisi, Ciri, & Cara Membuat Ringkasan

Definisi, Ciri, & Cara Membuat Ringkasan – Ringkasan adalah bentuk singkat dari naskah asli suatu bacaan. Proporsi dari susunan karangan harus dijaga meskipun bentuknya singkat. Pembuatan ringkasan bertujuan untuk mengerti dan mengingat kembali isi suatu bacaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita perlu terlebih dulu menandai ide-ide pokok dan tema dari bacaan yang akan diringkas. Selain itu, tujuan lain dari membuat ringkasan adalah agar kita terbantu ketika membaca suatu sumber materi dan menghemat waktu dalam belajar. Namun, membuat ringkasan tidaklah tanpa aturan. Ada beberapa ciri dan hal-hal yang perlu diperhatika ketika akan membuat ringkasan. Mari kita simak ciri-ciri ringkasan dan langkah-langkah untuk membuat ringkasan yang baik.

Ciri-Ciri Ringkasan

Adapun ciri-ciri dari ringkasan tersebut adalah sebagai berikut.

a. Mengungkapkan kembali sebuah karangan atau naskah bacaan dalam bentuk yang padat. Dalam meringkas kita mengambil intisari atau ide-ide pokok suatu bacaan sehingga menjadi bentuk yang lebih padat.
b. Memproduksi kembali apa yang diungkapkan pengarang dalam tulisannya. Kita mengambil intisari yang kemudian ditulis ulang dengan bahasa kita sendiri apa yang diungkapkan oleh sang penulis.
c. Menjaga urutan ide-ide pokok sehingga terbangun ringkasan dari naskah asli. Dalam meringkas kita harus tetap merunut ide-ide pokok sehingga ringkasan yang kita buat tetap mewakili naskah bacaan aslinya.
d. Susunan ringkasan, sudut pandang, dan isi mengikuti naskah asli. Meskipun kita menuliskan kembali, namun tidak boleh keluar dari susunan naskah aslinya.
e. Menuliskan kalimat-kalimat pendek yang mewakili tulisan pengarang. Pada prinsipnya, meringkas berarti membuat tulisan menjadi tulisan lebih pendek. Oleh karena itu, kalimat-kalimat dalam ringkasanpun pendek dan padat namun tidak menghilangkan unsur-unsur estetika dari naskah aslinya.

Baca Juga:  Pengertian, Ciri - Ciri dan Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan membuat ringkasan:

1. Anda harus mampu membaca dengan baik bacaan yang akan Anda buat ringkasannya.
2. Anda perlu memahami isi keseluruhan bacaan tersebut.
3. Anda temukan gagasan pokok ataupun kalimat utama dari bacaan yang akan Anda rangkum.
4. Anda perlu menyusun kalimat utama tersebut yang kemudian Anda kembangkan sesuai dengan isi bacaan dengan bahasa Anda sendiri.

Langkah Membuat Ringkasan

1. Baca sumber bacaan yang akan diringkas. Dengan membaca dan memahami isi bacaan tersebut, Anda akan merasa lebih mudah dalam membuat ringkasan. Anda akan lebih mudah membuat ringkasan tersebt dengan bahasa Anda sendiri karena Anda sudah memahami konsep dasarnya.
2. Buat kerangka pikir. Catat poin-poin penting. Catatlah poin-poin penting yang berupa ide pokok dari tiap paragraf. Susunlah poin-poin penting tersebut sehingga dapat dikembangkan sesuai dengan isi bacaan.
3. Buatlah konsep pertama dari ringkasan tersebut tanpa melihat bacaan aslinya.
4. Selalu gunakan teknik paraphrase. Menuliskan kembali suatu kalimat dengan makna yang sama namun dengan kata kata yang berbeda dari naskah aslinya. Jika Anda ingin mengutip kalimat persis seperti dalam naska asli, Anda dapat menggunakan tanda kutip dua.
5. Targetkan bahwa konsep dari ringkasan Anda tidak lenih dari ¼ naskah aslinya.
6. Jangan lupa menuliskan identitas tulisan. Awali penulisan ringkasan Anda dengan menuliskan tipe ringkasan, judul dan penulis bacaan yang akan diringkas.
7. Periksa kembali apakah poin-poin yang Anda tuliskan tersebut penting dan sudah tepat mewakili ide pokok dari naskah asli.
8. Jangan menambahkan opinin, ide atau interpretasi Anda dalam ringkasan. Dengan kata lain, Anda perlu untuk berhati-hati dengan kata-kata yang Anda gunakan dalam meringkas.

Baca Juga:  Materi Tenses: Present Perfect Continuous Tense