Definisi & 3 Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Definisi & 3 Contoh Surat Pernyataan Pengunduran Diri – Pada bahasan lalu kita telah banyak mempelajari tentang macam-macam surat pernyataan. Pada artikel kali ini secara khusus kita akan mengenal Surat Pernyataan pengunduran diri. Surat Pernyataan pengunduran diri adalah surat yang menyatakan bahwa seseorang memutuskan hubungan kerja atau berhenti bekerja di perusahaan atau instansi karena alasan tertentu. Surat pengunduran diri ini juga merupakan suatu bentuk disiplin administrasi yang secara etika akan memperlihatkan bahwa seseorang yang membuat pernyataan masih ingin menjaga hubungan yang baik dengan perusahaan atau instansi tertentu walaupun sudah tidak ada hubungan kerja lagi.

Berikut beberapa contoh surat pernyataan pegunduran diri!

Contoh 1 :

Bandar Lampung, 10 November 2015

Kepada
HRD MANAGER
PT. Pesona Nusantara Jaya
Jalan Z.A. Pagar Alam No. 45 Kedaton
Bandar Lampung

Dengan hormat

Melalui surat pernyataan ini, maka saya yang bernama Solikhin Muhammad, S.Sos. dengan jabatan sebagai konsultan, bermaksud untuk mengundurkan atau berhenti bekerja dari dari PT. Pesona Nusantara Jaya, terhitung sejak tanggal pengunduran diri.

Baca Juga:  Materi Tenses: Present Perfect Continuous Tense

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan ini. Selanjutnya saya memohon maaf kepada setiap pegawai serta pihak manajemen perusahaan seandainya dalam masa jabatan saya terdapat kekurangan atau kesalahan yang pernah saya lakukan selama saya bekerja diperusahaan ini.

Saya berharap agar perusahaan ini dapat terus maju dan berada dalam produktifitas yang baik.

Hormat saya

Solikhin Muhammad, S.Sos.

Contoh 2 :

Bandar Lampung, 10 November 2015

Kepada
Pimpinan Bimbingan Belajar Ananda
Jalan Pramuka Perum BKP Blok L No 171
Bandar Lampung

Dengan hormat

Melalui surat pengunduran diri ini maka saya Wahyu Hidayat, S.Pd. bermaksud untuk mengundurkan diri dari Lembaga Bimbingan Belajar Ananda sebagai tenaga pengajkar mata pelajaran Bahasa Indonesia terhitung sejak tanggal 02 November 2015. Saya sangat berterimakasih kepada bapak pimpinan lembaga atas kesempatan yang diberikan untuk bekerja lembaga Bimbingan Belajar Ananda. Keputusan ini saya ambil atas dasar pertimbangan-pertimbangan tertentu yang telah saya sampaikan kepada bapak pimpinan beberapa hari lalu.

Baca Juga:  Pengertian, Struktur, & Fungsi Jaringan Tulang Sejati (Lengkap)

Selanjutnya permohonan maaf yang sedalam-dalamnya saya sampaikan kepada rekan-rekan kerja beserta seluruh karyawan apabila selama saya bekerja terdapat banyak kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja.

Saya berharap lembaga Bimbingan Belajara Ananda dapat memiliki progres yang baik dari segi kualitas dan lainnya. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas segala perhatian dan kerjasamanya maka saya ucapkan terimakasih

Hormat saya

Wahyu Hidayat, S.Pd.

Contoh 3:

Pringsewu, 10 November 2015

Kepada Yth,

Kepala HRD PT. Jaya Sentosa Prima
Jalan Raya Gading Rejo No. 76
Pringsewu

Dengan Hormat

Melalui surat pernyataan pengunduran diri ini, maka saya sebagai pegawai PT. Jaya Sentosa Prima bermaksud untuk menyatakan hal tersebut, yakni mengajukan pengunduran diri. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:Surya Saputra, S.Si.
Departemen: PT. Jaya Sentosa Prima
Jabatan:Staf Administrasi
No. Karyawan: 9872767867

Baca Juga:  Fungsi Sosialisasi Sebagai Proses Pembentukan Kepribadian

Berdasarkan maksud dan tujuan saya tersebut maka selanjutnya saya berharap agar prosesi pengunduran saya dapat bapak pimpinan realisasikan sesegera mungkin.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat agar dapat dimaklumi dan direalisasikan sebagaimana mestinya. Atas perhatian bapak pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Surya Saputra, S.Si.

Demikianlah contoh surat pengunduran diri yang telah kita pelajari bersama. Salah satu dari format surat pengunduran diri di atas pernah penulis gunakan dalam rangka memutuskan hubungan kerja dengan lembaga / perusahaan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!