Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan Sekolah dalam Bahasa Indonesia

Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan Sekolah dalam Bahasa Indonesia – Pendidikan di sekolah merupakan salah satu elemen yang sangat penting di dalam konsep pendidikan anak secara keseluruhan. Oleh karena itu, pidato ini bertujuan untuk menyampaikan pentingnya pendidikan sekolah dalam kehidupan seorang siswa. Semoga bermanfaat.

Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera

Kepada Yang Terhormat Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Batang Hari, M. Iksan. M. Pd

Yang Terhormat seluruh kepala sekolah SD, SMP, dan SMA Kota Batang Hari

Serta bapak dan ibu guru yang saya banggakan

Pertama – tama marilah kita mengucapkan rasa syukur yang tiada henti – hentinya kepada Tuhan kita, Allah SWT Yang Maha ESA. Berkat rahmat dan inayah-Nyalah kita dapat berkumpul di dalam ruangan ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dalam kondisi yang sehat walafiat.

Kedua, shalawat serta salam juga tidak lupa kita sanjungkan kepada Nabi besar Muhammad SAW karena Beliau telah membawa kita keluar dari zaman kebodohan menuju zaman yang terang benderang ini. Semoga kita akan mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir kelak, Amin.

Hadirin Yang Berbahagia,

Baca Juga:  Puluhan Contoh Kalimat Inversi & Pengertian

Pada kesempatan ini izinkanlah saya menyampaikan sebuah pidato yang berjudul peran sekolah di dalam dunia pendidikan. Namun, sebelumnya saya mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional untuk kita semua para pendidik, semoga pendidikan di negeri kita ini menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Hadirin Yang saya hormati

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi pendidikan adalah sebuah proses yang dilakukan untuk merubah sikap dan tingkah laku seseorang maupun sekelompok orang dengan bertujuan untuk mendewasakan seseorang melalui usaha pengajaran dan pelatihan.

Dari definsi pendidikan tersebut, kita dapat memahami bahwa konsep dasar pendidikan di Indonesia ini memiliki tujuan untuk membentuk sikap dan perilaku baik yang sesuai nilai – nilai sosial yang berlaku di dalam masyarakat. Selain itu, pendidikan juga dilakukan untuk menumbuhkan potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik sehingga dapat dikembangkan.

Pendidikan sangatlah penting. Bahkan di dalam agama, kita diperintahkan untuk menutut ilmu dari buaian hingga liang lahat. Maksudnya adalah kita diwajibkan menuntut ilmu dari lahir hingga ajal menuntut kita. Selain itu, dijelaskan pula bahwa tidak ada batasan umur untuk memulai bejar karena belajar bisa dilakukan oleh siapa saja.

Baca Juga:  Pengertian, Panduan Menyunting Karangan dan Contoh

Hadiri yang saya hormati,

Ada dua macam atau bentuk proses pendidikan, yaitu pendidikan formal dan informal. Pendidikan informal dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapapun selama ada proses belajar mengajar di sana. Contoh pendidikan informal yang paling nyata adalah lingkungan keluarga. Lingkungan keluarga adalah media pendidikan pertama yang dilalui oleh setiap manusia.

Sementara itu, pendidikan formal adalah proses pendidikan yang dilakukan oleh badan, instansi atau lembaga. Contohnya adalah sekolah, kampus, dan lain sebagainya. Sebagai tempat pendidikan formal, sekolah menjalankan fungsi konservatif, yaitu sekolah memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan nilai-nilai budaya di dalam masyarakat dan membentuk jati diri sebagai manusia.

Sekolah memegang peranan penting di dalam pendidikan setelah keluarga. Sekolah ditugaskan untuk mendidik dan memperbaiki serta memperhalus tingkah laku peserta didik. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki pertanggungjawaban untuk mendidik para peserta didik.

Guru merupakan pendidik formal yang secara langsung dipercaya oleh sekolah maupun masyarakat untuk menjadi ujung tombak dalam dunia pendidikan.

Selain guru, sekolah sebagai media pendidikan juga membutuhkan alat atau instrument yang digunakan untuk mengembangkan pendidikan. Yang dimaksud instrument pendidikan adalah tindakan atau situasi yang sengaja dilakukan agar tercapainya suatu tujuan pendidikan. Selain itu, instrument pendidikan di sekolah juga berupa gedung, keadaan perlengkapan sekolah, keadaan alat-alat pelajaran, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Baca Juga:  Definisi dan 35 Contoh Motto Hidup Untuk Pelajar

Instrumen atau alat pendidikan tersebut saling melengkapi dan mendukung, sehingga apabila satu saja instrument di atas tidak terpenuhi atau tidak berjalan maksimal, maka pendidikan juga tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Akibatnya, tujuan pendidikan tidak bisa tercapai.

Oleh karena itu, kita sebagai pelaksana pendidikan di sekolah, harus mengoptimalkan instrument – instrument pendidikan, sehingga tujuan pendidikan sendiri bisa tercapai. Selain itu, sebagai guru, kita memegang tanggung jawab yang amat sangat besar untuk mendidik para peserta didik agar menjadi pribadi yang memiliki karakter.

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga apa yang bisa saya sampaikan ini bisa menjadi bermanfaat bagi dunia pendidikan kita saat ini. Terimakasih atas perhatiannya dan saya juga meminta maaf apabila ada kesalahan dalam menyampaikan pidato.

Sekian pidato ini saya sampaikan. Saya akhiri wasssalamualaikum wr. wb.