Contoh Teks Pidato Tentang Korupsi dalam Bahasa Indonesia

Contoh Teks Pidato Tentang Korupsi dalam Bahasa Indonesia – Korupsi adalah salah satu perbuatan tercela yang begitu dilarang baik oleh agama, masyarakat, maupun kehidupan bernegara. Para pelaku korupsi juga mendapatkan dosa serta siksa yang begitu pedih di dunia dan di akhirat. Pidato di bawah ini ingin memberikan Anda peringatan tentang apa itu korupsi dan bagaimana seharusnya efek jera yang harus dilakukan.

Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Kepada yang terhormat Ibu Dewi Sartika, M. Pd selaku kepala SMPN 1 Metropolitan
Yang terhormat Bapak Agus Budiman, M. Pd selaku wakil kepala SMPN 1 Metropolitan
Yang terhormat bapak, ibu dewan guru beserta seluruh staff.
Dan siswa – siswi SMPN 1 Metropolitan yang berbahagia

Marilah bersama – sama kita panjatkan rasa puji dan syukur ke Hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa yang selalu meridhoi dan memberikan nikmatnya kepada kita semua yang hadir di sini sehingga kita bisa menghirup udara segar kembali hari ini.

Marilah pula kita sanjungkan shalawat dan salam kepada nabi besar kita, Muhammad SAW yang telah berjasa membawa kita ke jalan yang penuh dengan cahaya ini. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan umatnya yang mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir kelak, aminn.

Baca Juga:  Pengertian dan 25 Contoh Majas Personifikasi dalam Kalimat

Pada pagi hari yang sangat cerah ini, saya berdiri di sini untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul mari memberantas korupsi di negeri kita ini. Semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Hadirin yang berbahagia,

Korupsi adalah tindakan tercela yang tidak patut untuk dilakukan karena perbuatan itu sangatlah tidak bertanggung jawab dan juga merugikan orang lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, korupsi berarti segala tindakan yang berupa penyelewengan atau penyalahgunaan jabatan atau posisi untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.

Berdasarkan definisi di atas, sudah dapat dipastikan bahwa segala bentuk penyelewengan yang dilakukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok disebut sebagai tindakan korupsi. Tindakan korupsi bukan hanya dalam bentuk mengambil uang, tetapi dalam bentuk suap, pencucian uang, dan lain – lain.

Hadirin yang berbahagia,

Korupsi kini telah menjadi budaya yang lumrah di negeri kita ini. Hampir di setiap segi kehidupan bangsa ini ditemukan tindakan korupsi baik secara pribadi maupun kelompok. Dimulai dari lingkup yang terkecil seperti tingkat RT dan RW hingga ke lingkup yang lebih besar, seperti para wakil rakyat, kementrian, hingga para pemimpin. Bahkan yang lebih ironisnya lagi, korupsi juga ditemukan pada instansi yang seharusnya memberantas kasus korupsi ini.

Baca Juga:  29 Contoh Kalimat Verbal dan Definisi

Selain itu, anehnya adalah setiap pelaku korupsi yang tertangkap tidak pernah merasa malu, bahkan mereka masih bisa membela diri dan tersenyum di hadapan media bahkan juga bisa kembali menduduki jabatan yang penting.

Ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di negeri lain, seperti jepang, dan korea. Di Jepang dan korea sangat menjunjung budaya malu, sehingga para koruptor di Korea akan meminta maaf dan mundur dari jabatannya. Terlebih lagi di Jepang, para koruptor biasanya akan merasa malu hingga melakukan hara-kiri, bunuh diri.

Oleh karena begitu masifnya tindakan korupsi di negeri ini, membuat Indonesia masuk ke dalam sepuluh besar Negara di dunia yang tingkat korupsinya sangat parah. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini dikarenakan kurang atau lemahnya hukuman bagi para koruptor di negeri kita ini.

Mereka hanya dihukum paling lama lima tahun atau 10 tahun penjara. Di dalam tahanan mereka pun mendapat fasilitas yang luar biasa dan masih pula dapat dengan bebasanya keluar masuk penjara. Oleh sebab itu lah para koruptor tidak pernah merasa jera dan para calon koruptor tidak pernah takut untuk melakukan tindakan tersebut.

Baca Juga:  Definisi & Daftar Kata Keterangan dalam Bahasa Indonesia

Seharusnya, negeri kita menerapkan hukuman yang berat bagi para koruptor, seperti apa yang dilakukan oleh China. Para koruptor di China akan diberikan hukuman yang sangat berat, yaitu dengan ditembak mati dengan disaksikan masyarakat luas, sehingga membuat semua orang takut melakukan korupsi.

Hadirin yang berbahagai,

Tindakan korupsi ini sangatlah merugikan bangsa kita karena hartanya terkuras habis oleh sebagian orang. Oleh karena itu, mereka yang melakukan korupsi disebut dengan maling. Semua agama di dunia ini tidak ada yang membenarkan tindakan mencuri ini, sehingga dianggap dosa dan akan membuat Tuhan murka.

Oleh sebab itu, marilah kita menjauhkan diri kita dari tindakan korupsi dengan cara menamkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari – hari. Selain itu, kita juga harus aktif membantu pemerintah dalam memberantas korupsi demi terwujudnya bangsa kita yang bebas dari korupsi.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah apa yang dapat saya samapaikan pada kesempatan kali ini. Apablia ada kesalahan saya memohon maaf dan atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.