Contoh Teks Pidato Tentang Hari Pahlawan

Contoh Teks Pidato Tentang Hari Pahlawan – Teks pidato berikut ini, ingin mengajak Anda semua mengenang hari pahlawan, dan tentunya sangat cocok apabila Anda mendapatkan tugas untuk membawakan pidato, tepat di hari pahlawan.

Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Kepada yang terhormat Kepala SMAN 5 Tanjung Selatan, Bapak Ibnu Abbas, M. Pd

Kepada yang terhormat wakil kepala SMAN 5 Tanjung Selatan, Ibu Rosmalinda, M. Pd

Yang terhormat bapak, ibu dewan guru

Serta teman- tema yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja, puji, dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT yang tidak henti – hentinya selalu mencurahkan rizki, rahmat, dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di pagi hari ini untuk memperingati hari pahlawan nasional dalam keadaan yang sehat.

Kedua, shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW beserta dengan seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua mendapatakn syfaatnya di Yaumil Akhir kelak, Amin.

Pada pagi hari yang cerah ini, saya berdiri di sini akan menyampaikan sebuah pidato dalam rangka memperingati hari pahlawan nasional yang jatuh pada hari ini. Pidato ini saya sampaikan untuk mengajak para hadirin sekalian untuk mengingat dan meneladani jasa para pahlwan nasional yang telah gugur demi nusa dan bangsa ini. Semoga apa yanga akan saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga:  Contoh Karangan Tentang Ibu dalam Bahasa Indonesia

Sebelum saya membacakan isi pidato, marilah kita menundukan kepala sejenak untuk mengenang jasa – jasa para pahlwan yang telah gugur. Mengheningkan cipta, mulai.

Selesai.

Hadirin yang berbahagia,

Definisi pahlawan sangatlah luas, yaitu setiap orang yang rela berkorban demi orang lain. Dengan begitu luasnya definisi tentang pahlawan, membuat para pahlawan dapat kita temukan di sekitar kita dengan kita sadari maupun tanpa kita sadari. Contohnya adalah orang tua, guru, dan lain sebagainya.

Dari beberapa contoh pahlawan di atas, pahlawan yang paling berjasa bagi bangsa dan Negara kita adalah pahlawan nasional. Mereka adalah orang – orang yang rela berjuang mengorbankan seluruh jiwa, raga, dan harta mereka untuk memperjuangkan bangsa Indonesia melawan para penjajah.

Bangsa kita memiliki banyak sekali pahlawan nasional, seperti Cut Nyak Dien, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, K. H. Dewantara, dan masih banyak lagi. Mereka adalah putra – putri terbaik bangsa Indonesia yang berjuang demi bangsa ini.

Baca Juga:  Pengertian dan 30 Contoh Majas Simile

Tanpa mereka mungkin bangsa ini masih berada di dalam genggaman para penjajah. Tanpa mereka, kita saat ini masih berada di bawah kekuasaan para penjajah dan tidak bisa menikmati kemerdekaan seperti yang kita rasakan seperti saat ini.

Oleh sebab itu, sebagai orang yang memiliki akal dan pikiran, kita sepatutnya tidak melupakan jasa para mereka yang begitu besar untuk kita. Kita harus senantiasa mengingatnya, Mengenang jasa para pahlwan tidak harus dilakukan dalam pikiran saja, tetapi juga dengan berbagai macam tindakan. Salah satunya contoh yang nyata adalah dengan mengisi kemerdekaan yang telah diberikan oleh mereka.

Melanjutkan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan ini berarti kita telah mengenang jasa para pahlawan karena apabila kemerdekaan ini kembali terampas maka sia – sia sudah perjuangan mereka selama ini.

Hadirin yang berbahagia,

Selain mengenang jasa para pahlwan kita, marilah kita jadikan momentum hari pahlawan ini untuk meneladani sikap – sikap yang ada di dalam diri pahlawan. Sebenarnya ada banyak yang dapat kita teladani dari para pahlwan, tetapi ada 3 sikap penting yang bisa kita ambil dan contoh dari mereka, yaitu Rela berkorban, Pantang menyerah, dan Mendahulukan kepentingan umum dari pada pribadi.

Baca Juga:  Pengertian, Contoh Kata Ulang, dan Macam – Macam Kata Ulang

Rela berkorban adalah sikap para pahlawan yang paling utama. Rela berkorban ini adalah mau bertindak tanpa memikirkan pamrih. Kita hendaknya menanamkan sikap ini di dalam diri kita. Pantang menyerah juga sangat penting untuk diteladani. Apabila pada saat itu para pahlan cepat menyerah, tentu saat ini kita masih belum merdeka.

Meneladani sikap pantang menyerah ini yaitu dengan cara terus berjuang meskipun gagal, karena gagal adalah awal dari keberhasilan. Sikap yang terakhir adalah mendahulukan kepentingan kelompok daripada kepentingan peribadi. Dengan meneladani sikap ini, maka kita dapat menciptakan kesejahteraan di sekeliling kita.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kali ini. Pada kesempatan terakhir ini saya menghimbau marilah mengisi kemerdekaan ini dan meneladani sikap – sikap para pahlawan yang telah gugur demi bangsa ini.

Terimakasih atas perhatiannya. saya akhiri:

Wassalamualaikum wr. wb.