Contoh Teks Pidato Tentang Bahaya Narkoba Singkat

Contoh Teks Pidato Tentang Bahaya Narkoba Singkat – Narkoba merupakan salah satu musuh terbesar generasi muda, dan untuk itu terdapat berbagai imbauan untuk menjauhi obat-obatan terlarang ini. Salah satu ajakannya terdapat di dalam pidato berikut.

Assalamualaikum wr wb !

Selamat pagi

Kepada yang terhormat Bapak Kepala SMAN 2 Bandar Sari, Zainal Maarif, M. Pd
Kepada yang terhormat Ibu Kepala SMAN 2 Bandar Sari, Dewi Firdanti, M. Pd
Yang terhormat bapak dan ibu guru
Serta adik – adik SMAN 2 Bandar Sari yang berbahagia,

Sebelumnya, marilah kita meamanjatkan rasa puji dan syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena berkat rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Tidak lupa juga shawalat serta salam senantiasa kita sanjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Berkat beliaulah kita dapat keluar dari kegelapan dan masuk ke dalam Agama islam yang penuh akan cahaya. Semoga kita semua dapat kembali dipersatukan oleh Beliau kelak, Amin.

Adik – adik yang berbahagia,

Sebelum kakak menyampaikan pidato mengenai bahaya narkoba. Tentunya adik – adik semua bertanya siapakah kami dan apa maksud kedatangan kami ke sekolah kalian ? Jika ada pepatah yang mengatakan tak kenal, maka tak sayang, maka kami akan memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Baca Juga:  Contoh Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SD Terbaru

Kami adalah anggota dari Gerakan Anti Narkoba Nasional dan maksud dari kedatangan kami adalah untuk mensosialisasikan kepada adik – adik semua tentang bahaya Narkoba. Semoga apa yang akan kakak sampaikan ini dapat bermanfaat buat kalian.

Adik – adik yang berbahagia,

Tahukah kalian bahwa negeri kita saat ini sedang berada di ambang kehancuran akibat narkoba. Benda jahat ini telah meracuni hampir 70 persen para penerus bangsa kita. Hal ini bisa dilihat dari data yang kami dapatkan bahwa hampir 70 persen pemakai narkoba adalah para pemuda yang seharusnya menjadi penerus bangsa ini.

Namun, kini mereka telah terbawa pengaruh setan dan menjadi pengkonsumsi narkoba, sehingga masa depan mereka hancur. Adik – adik tentu tidak mau kan masa depannya hancur akibat narkoba ?

Adik – adikku sekalian, perlu kalian ketahui bahwa narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan zat – zat berbahaya lainnya. Selain narkoba, adik – adik juga harus tahu istilah Napza, yaitu narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

Lalu, apakah sebenarnya Narkoba itu ? Narkoba adalah adalah zat – zat kimia yang bisa merubah psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati, dan perilaku manusia apabila masuk ke dalam tubuh seseorang baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Definisi & Daftar Kata Keterangan dalam Bahasa Indonesia

Sebenarnya, narkoba ini digunakan untuk keperluan obat – obatan, tetapi kini disalahgunakan hingga menjadi barang yang sangat berbahaya.

Ada beberapa jenis narkoba yang harus kalian ketahui, yaitu psikotropika, narkotika, dan zat adiktif lainnya. Psikotropika adalah zat atau obat yang dapat mempengaruhi sarf pusat, sehingga dapat menyababkan perilaku menjadi tidak normal. Contohnya adalah MDMA, LSD, STP, dan ekstasi.

Narkotika adalah zat – zat yang dapat memberikan pengaruh yang berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, halusianasi, rangsangan semangat dan lain sebaginya. Contohnya adalah ganja, heroin, kokain, morfin, opium, dan lain sebagainya.

Jenis narkoba yang terakhir adalah zat adiktif. Zat ini adalah zat – zat yang dapat menimbulkan ketergantungan bagi pemakainnya. Contohnya adalah rokok, thinner, alcohol, dan lain sebagainya.

Adik – adik yang berbahaya

Narkoba sangatlah berbahaya bagi kita semua. Banyak sekali bahaya yang dapat ditimbulkan diantaranya adalah :

Baca Juga:  20 Contoh Kalimat Tidak Langsung, Ciri, & Pengertiannya

Narkoba dapat menimbulkan penyakit – penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita, seperti gangguan pada sistem saraf, penyakit jantung, paru – paru, serta organ – organ penting lainnya.

Narkoba juga dapat mempengaruhi psikologis para pengidapnya, seperti sering gelisah, malas, bekerja lamban, hilangnya kepercayaan diri, sulit berkonsentrasi, dan lain – lain.

Narkoba juga mempengaruhi kehidupan sosial para pemakainya. Orang – orang yang memakai narkoba cenderung anti sosial, kasar, menderita gangguan mental, asusila, dan dijauhi oleh orang lain.

Sebenarnya, masih banyak bahaya narkoba bagi para pemakainya. Bahkan narkoba juga dapat membawa kepada kematian. Oleh karena itu, jauhilah narkoba. Jangan sampai kita terjerat ke dalam lingkaran setan narkoba ini.

Apabila adik – adik melihat secara langsung pemakai atau proses transaksi narkoba segeralah laporkan kepada yang berwajib. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran narkoba yang semakin luas dan menjaga keutuhan bangsa kita.

Adik – adik yang berbahagia,

sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang telah kakak sampaikan ini bisa bermanfaat buat adik – adik kalian. Kakak berpesan janganlah mendekati narkoba apalagi memakainya.

Terimakasih atas perhatiannya dan saya akhiri:

wassalamualaikum wr. wb.