Contoh Teks Pidato Tentang Bahaya Merokok di Kalangan Pelajar

Contoh Teks Pidato Tentang Bahaya Merokok di Kalangan Pelajar – Untuk mengingatkan kembali tentang bahaya merokok kepada siswa maupun semua elemen masyarakat, Anda bisa menggunakan pidato berikut. Semoga bermanfaat.

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Kepada yang terhormat kepala SMPN 3 Banding Agung, Bapak Edward Leksmana, M. Pd
Yang terhormat wakil kepala SMPN 3 Banding Agung, Bapak Alandia Vialin, M. Pd
Yang terhormat bapak ibu dewan guru beserta seluruh staff
Dan teman – teman yang saya banggakan

Pertama – tama marilah kita bersama – sama memanjatkan rasa syukur kita yang amat besar kepada Allah SWT, Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang karena berkat rahmat dan nikmat yang selalu tercurahkan kepada kita, membuat kita semu dapat berkumpul di dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.

Selanjutnya, marilah kita senantiasa menyampaikan shalawat beserta salam kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah mengantarkan kita ke dalam Agama Islam, agama yang diberkahi oleh Allah SWT. Semoga kita dapat dipersatukan oleh Beliau di dalam surga kelak, Amin ya rabbal alamin.

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Kata Serapan dalam Bahasa Indonesia

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato tentang bahaya merokok, agar kita semua dapat mengetahui bahaya rokok dan terhindar dari penyakit – penyakit yang disebabkan olehnya. Semoga apa yang dapat saya sampaikan saat ini bisa menjadi manfaat yang baik buat kita semua.

Hadirin yang berbahagia,

Sejak jaman dahulu rokok telah menjadi gaya hidup bagi setiap orang. Namun, kenyataan saat ini merokok bukan lagi menjadi gaya hidup seseorang, tetapi telah menjadi kebutuhan primer yang hampir setara dengan makanan dan minuman.

Kita sering sekali mendengar kalimat – kalimat yang diutarakan oleh perokok seperti “Abis makan kalau tidak merokok mulut terasa pahit” “Tidak makan yang penting merokok”, dan masih banyak lagi. Hal ini menunjukan betapa rokok telah sejajar dengan kebutahan pokok manusia.

Bahkan yang lebih parahnya lagi adalah rokok tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa, tetapi anak – anak kecil pun telah merokok. Mereka percaya bahwa merokok dapat membuat mereka terlihat keren. Tetapi, sesungguhnya anggapan tersebut adalah salah besar.

Rokok tidak membuat perokok terlihat keren tetapi justru itu membahayakan diri mereka sendiri. Tahukah Anda di dalam rokok terkandung banyak sekali zat – zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh. Diantara ratusan zat yang berbahaya di dalam rokok, ada tiga zat yang paling berbahaya, yaitu:

Baca Juga:  Contoh - Contoh Surat Pernyataan Cerai

Nikotin

Nikotin ada pada tembakau rokok. Zat inilah yang membuat perokok tidak bisa lepas dari rokok alias kecanduan. Zat ini sangat berbahaya karena dapat merusak jaringan sel otak, membuat darah menjadi sulit membeku, membunuh sel – sel yang ada pada saluran pernapasan dan paru-paru, dan juga dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga dapat beresikok gagal jantung.

TAR

Tar adalah abu sisa pembakaran rorkok. Zat ini adalah zat yang paling dominan setelah nikotin. Kandungan TAR yang dihasilakan dari rokok menyebabkan tubuh memproduksi lendir dan dahak berlebihan, sehingga membuat para perokok akan mengalami batuk yang berkepanjangan dan tidak pernah kunjung usai. Selain itu, apabila TAR ikut terhirup ke dalam tubuh, maka akan dapat menimbulkan kanker paru – paru sehingga tidak bisa bekerja seperti biasanya.

Karbon Monoksida (CO)

Karbon Monoksida atau gas CO adalah zat yang dihasilakan dari pembakaran rokok. Zat ini merupakan asap yang mereka hirup. Jika gas CO dihirup oleh tubuh, maka zat ini akan mengikat hemoglobin, sel darah yang mengikat oksigen di dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan darah lebih banyak mengandung gas karbon dioksida daripada oksigen. Apabila hal ini terus berlanjut, maka tubuh kita akan kekurangan oksigen. Selain itu, Gas Karbon Monoksida yang terhirup juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker pada paru – paru dan juga menyebabkan batuk yang berkepanjangan.

Baca Juga:  Contoh Surat Pengumuman Resmi Lengkap

Hadirin yang berbahagia,

Zat – zat di ataslah yang akan masuk setiap kalinya kalian menghisap rokok. Apabila hal tersebut terus berlanjut, maka penyakit – penyakit yang berbahaya akan mendekati kalian, seperti kanker paru, tenggorokan, otak, serangan jantung, bahkan kematian.

Oleh karena itu, jauhilah merokok karena merokok tidak ada manfaatnya sama sekali, malahan akan mebahayakan kesehatan kita.

Baiklah, cukup sampai di sini pidato yang dapat saya samapaikan kali ini. Apabila ada kesalahan dalam penyampaian saya memohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.

Wabilahitaufik walhidayah wasslaamualaikum wr. wb.