Contoh Teks Laporan Tentang Kekeringan di Indonesia

Contoh Teks Laporan Tentang Kekeringan di Indonesia – Teks laporan adalah teks yang berisikan penjabaran yang bersifat umum tentang sesuatu berdasarkan hasil observasi tertentu. Teks laporan juga bisa dikatakan sebagai teks klasifikasi yang memuat pengelompokan terhadap sesuatu di pada teks. Struktur teks laporan terdiri atas pernyataan klasifikasi dan aspek yang dilaporkan. Teks ini lebih menekankan pada pengkasifikasian suatu hal sehingga terbagi ke dalam jenis-jenis sesuai dengan konsepnya.

Berikut contoh teks laporan tentang kekeringan di Indonesia!

Penyebab Kekeringan di Indonesia dan Cara Menanggulanginya

Kekeringan merupakan bencana alam yang berdampak cukup serius bagi kehidupan kita sehari-hari. Contoh mudahnya ketika kita membutuhkan bahan makanan yang bersumber dari tanaman padi dan lain-lain, kita akan kesulitan mendapatkan bahan makanan tersebut akibat dari bencana kekeringan yang terjadi. Ketika kekeringan melanda, tentu berdampak pada pertumbuhan tanaman padi dan lain-lain. Hal ini dikarenakan kurangnya debet air pada irigasi yang mengakibatkan kurangnya pasokan air terhadap sawah dan ladang.

Baca Juga:  Daftar Kata Baku dan Tidak Baku A-Z dalam Bahasa Indonesia

Berdasarkan data dari pusat statistik menyatakan bahwa sejauh ini kekeringan telah terjadi di beberapa titik di Indonesia di antaranya yakni 16 provinsi meliputi kabupaten / kota dan 721 kecamatan di Indonesia. Daerah – daerah yang terjadi kekeringan diantaranya ialah Papua, NTB, NTT, Sumsel, Sulsel, Lampung, Bengkulu, Riau, Kalsel, Kalteng dan Bali.

Ada 4 faktor yang menyebabkan terjadinya kekeringan di Indonesia sebagaimana disampaikan oleh Sri Puji Rahayu yang dikutip brilio.net dari situs resmi Muhammadiyah Disaster Management Center, Sabtu (1/8). Faktor-faktor tersebut diantaranya yakni :

a. Faktor Klimatologi

Faktor klimatologi yang menjadi sebab terjadinya kekeringan di Indonesia adalah karena letak geografis Indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudra serta letak Indonesia yang berada pada belahan bumi dengan iklim monsoon tropis yang begitu sensitif terhadap gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya kondisi suhu permukaan laut.

Baca Juga:  Contoh Karangan Eksposisi tentang Lingkungan

b. Penyimpangan Iklim

Penyimpangan iklim merupakan peristiwa terjadinya perubahan iklim terhadap kondisi normalnya. Hal ini menyebabkan produksi uap air dan awan bersifat variatif dan mengalami fluktuasi dari suhu yang tinggi menuju suhu yang rendah atau sebaliknya. Kekeringan akan terjadi apabila curah hujan dan intensitasnya begitu rendah yang dipengaruhi oleh jumlah uap air dan awan yang rendah pula.

c. Gangguan Keseimbangan Hidrologis

Gangguan hidrologis merupakan gangguan yang disebabkan oleh air. Ada beberapa uraian tentang sebab kekeringan dalam aspek gangguan keseimbangan hidrologis yakni :

– terganggunya sistem penyerapan air tanah. Yang disebabkan oleh terjadinya degradasi daerah aliran sungai di bagian hulu yang beralih fungsi lahan dari vegetasi menjadi non vegetasi.
– Rusaknya hidrologis daerah tampungan air bagian hulu yang menyebabkan naiknya sedimen lumpur pada waduk dan saluran air, sehingga mengakibatkan menurunnya kapasitas tampungan air.
– Menurunnya cadangan air pada waduk yang disebabkan curah hujan yang menurun.

Baca Juga:  Pengertian dan 91 Contoh Kata Baku dan Tidak Baku

d. Kekeringan Agronomis

Kekeringan agronomis terjadi akibat pemaksaan penanaman tanaman padi atau tanaman lainnya oleh petani pada musim kemarau. Pada musim ini ketersediaan air sangatlah minim namun karena keterbutuhan air terhadap tanaman cukup tinggi maka pengadaan air akan dipaksakan untuk mengairi lahan pertanian dan persawahan, sehingga mengakibatkan berkurangnya pasokan air secara drastis.

Ketiga hal tersebut menyebabkan terjadinya kekeringan di Indonesia. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari musibah kekeringan diantaranya ialah dengan bijaksana menggunakan air pada saat musim penghujan dan berinisiatif untuk menampungnya guna keperluan yang lebih esensial di musim kemarau.