Contoh Teks Laporan Perjalanan Wisata Ke TMII Secara Singkat

Contoh Teks Laporan Perjalanan Wisata Ke TMII Secara Singkat – Teks laporan adalah teks yang berisikan penjabaran yang bersifat umum tentang sesuatu berdasarkan hasil observasi tertentu. Teks laporan juga bisa dikatakan sebagai teks klasifikasi yang memuat pengelompokan terhadap sesuatu di pada teks. Struktur teks laporan terdiri atas pernyataan klasifikasi dan aspek yang dilaporkan. Teks ini lebih menekankan pada pengkasifikasian suatu hal sehingga terbagi ke dalam jenis-jenis sesuai dengan konsepnya.

Berikut contoh teks laporan tentang perjalanan wisata!

Perjalanan Wisata ke Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Taman Mini Indonesia Indah (PP-IPTEK TMII)

Sabtu 27 Agustus 2015, rombongan study tour kelas XII IPA 1, XII IPA 2, dan XII IPA 3 SMAN 14 Bandar Lampung mengadakan perjalanan wisata ke Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Perjalanan wisata ini bertujuan untuk observasi tentang alat peraga teknologi serta pengembangan pengetahuan kami secara aplikatif. Kami memulai perjalanan pada pukul 19.45 WIB dari Bandar Lampung menuju Jakarta menggunakan Bis Armada sebanyak 3 Unit. Rombongan ini diikuti oleh siswa kelas XII IPA dan juga para guru pendamping.

Baca Juga:  Perbedaan Prosa dan Puisi Secara Lengkap

Sesampainya di Taman Mini Indonesia Indah yakni pada pukul 08.00 WIB, kami beristirahat sejenak sambil bersiap-siap menuju PP-IPTEK yang berlokasi tidak jauh di tempat kami singgah.Kami memanfaatkan waktu istirahat kami dengan mandi dan sarapan pagi agar tidak terburu-buru nantinya. Tepat pukul 09.00 WIB kami beranjak menuju PP-IPTEK yang hanya ditempuh dengan waktu 10 menit dari tempat kami beristirahat.

PP-Iptek saat ini menempati gedung terbaru yan terletak di sebelah poros utama kawasan timur TMII tepat menghadap monumen persahabatan negara non blok. Arsitektur gedung ini begitu unik dengan menggunakan gaya futuristik seluas 24.000 m2 di atas lahan 42.300 m2. PP-Iptek dahulu diresmikan pada tanggal 10 November 1995 oleh presiden Soeharto. PP-Iptek didirikan dengan tujuan sebagai media perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia yang begitu cepat berkembang. Diharapkan dengan dibangunnya PP-IPTEK dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Kalimat Efektif Adalah

Sesampainya di PP-IPTEK TMII Jakarta, kami berkumpul untuk absen dan briefing sejenak yang dipimpin oleh ketua rombongan kami. Setelah beberapa pengarahan disampaikan, barulah kami bebas untuk melihat-lihat berbagai macam alat peraga yang ada di PP-IPTEK. Alat peraga di PP-Iptek dibuat dengan sifat menghibur namun tidak terlepas dari ruh mendidik. Melalui beberapa program serta peragaan interaktif yang dapat diaplikasikan dan dimainkan. Diharapkan melalui sarana peragaan yang interaktif ini dapat menstimulasi tumbuh kembangnya pemikiran masyarakat tentang urgensi ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi.

Terdapat setidaknya 250 alat peraga yang dapat disentuh secara aplikatif yang berkaitan dengan teknologi. Alat peraga tersebut meliputi sepeda layang, roket air, generator van de graft, simulator gempa bumi, dan try science. Bagi siswa SMA, PP-Iptek menyediakan selembar kertas kerja sains yang menjadi panduan belajar tentang IPTEK agar lebih fokus dan terarah.Di PP-Iptek kami ditawarkan untuk mengikuti demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, pelatihan proses terjadinya kejadian alam, pelatihan lingkungan hidup, penoropongan bintang,berbagai macam games dab door prize,science camp dan lain-lain.

Baca Juga:  Definisi, Ciri-ciri, dan Syarat Paragraf yang Baik

Setelah semua kegiatan di PP-IPTEK TMII sudah kami lalui, kami pun bersiap-siap pulang setelah mandi dan makan malam pada pukul 19.00 WIB. Setelah semua persiapan selesai kami beranjaka dari PP-IPTEK TMII Jakarta menuju Bandar Lampung pada pukul 20.00 WIB dan tiba di Bandar Lampung pada pukul 08.30 WIB.