Contoh Teks Eksposisi Persuasif Tentang Kesehatan Tubuh

Contoh Teks Eksposisi Persuasif Tentang Kesehatan Tubuh – Pernahkah Anda mendengar paragraf eksposisi peruasif ? Paragraf eksposisi persuaif adalah paragraf eksposisi yang bersifat persuasif, yaitu paragraf yang isinya mengajak atau menghimbau pembacanya. Sedangkan paragraf eksposisi adalah paragraf yang mengandung informasi – informasi yang dipaparkan.

Jadi pengertian dari eksposisi persuasif adalah teks yang mengajak atau menghimbau pendengarnya untuk melakukan atau mengikuti informasi yang disampaikan oleh penulis supaya Anda menjadi lebih paham, berikut ini adalah contoh teks eksposisi persuasif terbaru.

Mari Kenali Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Buah Alpukat adalah buah yang sangat ajaib. Mengapa dikatakan demikian ? Hal ini dikarenakan buah alpukat memiliki sejuta manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Fakta ini dibuktikan oleh Para ahli di Loma Linda University. Mereka melakukan uji coba dengan menambahkan alpukat segar di makan siang. Mereka ingin mencari tahu apakah buah alpukat memiliki pengaruh pada respon kadar gula darah, insulin, dan sensasi kenyang yang lebih lama. Dari uji coba tersebut, mereka menemukan bahwa sebenarnya memang ada pengaruh. Selain itu, temuan ini juga menjadi dasar awal bagi mereka untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat buah alpukat sebagai pengganti makanan pokok.

Baca Juga:  6 Profil Negara Maju dan Berkembang

Usaha mereka itu pun mendapatkan dukungan dari The Hass Avocado Board (HAB ). Mereka mendukung secara finansial dan beberapa uji klinis untuk mengetahui apakah mengkonsumsi buah alpukat memiliki efek yang positif pada penderita diabetes, berat badan, dan risiko penyakit jantung.

Nah, Selagi mereka mencari jawaban atas pertanyaan – pertanyan tersebut, marilah kita mengetahui manfaat memakan buah alpukat yang telah ditemukan.

Manfaat yang pertama adalah buah alpukat menjaga kesehatan jantung kita. Perlu diketahui bahwa buah alpukat memiliki kandungan lemak baik yang sangat tinggi. Kandungan yang sangat tinggi itu mampu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Selain itu, buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang bisa membalikkan resistensi insulin sehingga bisa membawa pada penyakit diabetes tipe 2.

Selain itu, buah alpukat merupakan sumber vitamin E yang sangat tinggi. Vitamin E adalah vitamin yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya itu, vitamin E juga memberikan efek yang positif pada penyakit stroke, jantung, mencegah kanker, dan katarak, bahkan diklaim mempunyai sifat anti-aging.

Baca Juga:  Pengertian Esai, Struktur, dan Contoh Esai yang Baik dalam Bahasa Indonesia

Buah alpukat juga ternyata merupakan sumber serat yang cukup tinggi. Kandungan serat di dalam buah alpukat ada dua macam, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Kandungan serat tersebut membantu dalam mengurangi jumlah kolesterol dengan cara membantu sistem kerja usus, mencegah gula darah melonjak, dan mencegah penyerapan ulang oleh tubuh.

Buah alpukat juga dipercaya sebagai makanan bagi otak. Buah ini bisa mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 dan vitamin E yang ada di dalam buah alpukat terbukti secara ilmiah mampu menghentikan penyakit Alzheimer.

Manfaat lainnya adalah buah alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi. Mengkonsumsi buah alpukat bisa menigkatkan kadar karotenoid seperti beta karoten dan likopen. Zat ini merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Meningkatnya kandungan zat ini terjadi karena enzim dan nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat mengurangi peradangan pada lambung dan peradangan pada usus halus. Jadi, selain mendapatkan tenaga listrik dari nutrisi – nutrisi yang ada di dalam buah alpukat, Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar dari makanan yang Anda pilih bagi kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga:  Kumpulan Contoh Pantun Talibun (6, 8, dan 10 Baris)

Manfatat yang terakhir adalah buah alpukat bisa melindungi kesehatan mata .Mengkonsumsi buah alpukat bisa meningkatkan asupan Lutein. Zat ini bisa melindungi diri kita dari degenerasi makula dan pembentukan katarak. Namun, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk menentukan bagaimana sistem kerja buah alpukat untuk melindungi kesehatan mata.

Berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa buah alpukat memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, marilah mengkonsumsi buah alpukat secara teratur supaya kita bisa mendapatkan manfaatnya, baik dimakan secara langsung maupun diolah dengan dicampur oleh susu dan es.