4 Contoh Surat Pengumuman Tidak Resmi

4 Contoh Surat Pengumuman Tidak Resmi – Surat pengumuman tak resmi adalah surat pemberitahuan yang berisikan informasi tertentu namun dalam cakupan dan sasaran yang umum dan bersifat dinamis. Dalam pembuatan surat pengumuman tak resmi tentu berbeda dengan pembuatan surat pengumuman resmi. Dalam surat pengumuman resmi terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi berupa kaidah penulisan surat dan lain-lain. Sedangkan dalam surat pengumuman tidak resmi tak ada aturan khusus yang mengikat dalam tata cara pembuatannya. Dalam surat pengumuman tersebut lebih menekankan terhadap aspek komunikatif dan efektifitas esensial surat. Berikut beberapa contoh surat pengumuman tak resmi:

Contoh 1:

PENGUMUMAN

Diinformasikan kepada seluruh pelanggan mie ayam dan bakso Mas Gondrong tertanggal 11 Juli sampai dengan 15 Agustus 2016 akan tutup sementara. Hal tersebut merupakan hasil pertimbangan dari kami berkenaan dengan akan berlangsungnya ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Kami bermaksud untuk fokus dengan segala kegiatan beribadah di bulan tersebut dan juga ingin lebih bisa menghormati saudara-saudara kaum muslimin yang menjalankan ibadah puasa pada bulan tersebut. Demikian hal yang dapat kami beritahukan kepada seluruh pelanggan setia mie ayam dan bakso Mas Gondrong. Terima kasih atas perhatian dan pemaklumannya.

Baca Juga:  Soal Ekonomi Kelas 12 Tentang Karakteristik Perusahaan Dagang

Waroeng Mie Ayam dan Bakso Mas Gondrong

Contoh 2 :

PENGUMUMAN

Diberitahukan kepada seluruh pengunjung warung internet (warnet) green net untuk dapat mematuhi segala ketentuan pengunjung berikut ini :

1. Tidak merokok di dalam ruangan, karena fasilitas ruangan dilengkapi dengan AC.
2. Tidak berbuat mesum di dalam bilik warnet.
3. Tidak membuka situs-situs porno dan berbahaya.
4. Dilarang keras bagi siswa berseragam sekolah bermain di warnet sewaktu jam sekolah berlangsung.
5. Tidak Mencuri
6. Tidak membawa narkotika dan obat-obatan terlarang dan minuman keras.
7. Bagi yang membawa makanan berupa cemilan atau minuman agar dapat menjaga kebersihan warnet dengan tidak mengotori tempat dan bersedia membuang sisa makanan dan sampah plastik / botol ke dalam kotak sampah yang telah disediakan.

Demikian beberapa ketentuan yang diberlakukan dalam Green net, agar menjadi perhatian kita semua. Peraturan ini dibuat untuk kenyamanan bersama dan bagi yang melanggar akan mendapatkan sanksi yang tegas mulai dari denda sampai dengan dilaporkan ke pihak yang berwajib.

Baca Juga:  Pengertian Motif Ekonomi, Contoh, dan Macam-Macam Motif Ekonomi

Pengelola Green Net.

Contoh 3 :

PENGUMUMAN

Bagi seluruh warga RT 032 LK III kelurahan Kemiling Permai. Diberitahukan bahwa sehubungan dengan akan dilaksanakannya kerja bakti di lingkungan RT berdasarkan kesepakatan rapat yang telah kita jalani bersama, maka kami menghimbau kepada seluruh warga agar dapat mempersiapkan peralatan-peralatan sebagai berikut:

1. Sabit / arit
2. Cangkul
3. Sapu lidi
4. Garpu pengeruk
5. Bambu
6. Makanan dan minuman sekedarnya

Sekedar menegaskan kembali bahwa kerja bakti kali ini akan dilaksanakan pada hari minggu, 10 April 2016 dimulai pukul 08.00 Wib sampai dengan selesai. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan banyak terima kasih.

Ketua RT 032

Mahmudin

Contoh 4 :

PENGUMUMAN

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualaikum. Warahmatullahi. Wabarakatuh.

Diberitahukan kepada seluruh jamaah Masjid Al-Ishlah perum BKP Blok L bahwa sehubungan dengan akan diagendakan Tarhib Ramadhan pada bulan Juli 2016 mendatang, maka kami selaku takmir masjid bermaksud untuk mengajak bapak-bapak sekalian untuk dapat menghadiri rapat terbuka yang Insya Allah akan diagendakan pada tanggal 10 April 2016 pukul 19.30 Wib (ba’da Isya) bertempat di aula masjid Al-Ishlah. Undangan ini sengaja kami buat dalam bentuk pengumuman dan tidak ditujukan keada perorangan namun kami tujukan kepada seluruh jamaah masjid Al-Ishlah, agar kiranya dapat mempunyai cakupan yang luas dalam rangka mengajak ke dalam amal ma’ruf dan nahi munkar.

Baca Juga:  Penjelasan Garis Lintang & Garis Bujur Lengkap

Demikian pemberitahuan yang kami dapat sampaikan, kurang dan lebihnya kami mohon maaf. Jazakumullah khairan.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Takmir Masjid