Contoh Surat Pengumuman Resmi Lengkap

Contoh Surat Pengumuman Resmi Lengkap – Surat pengumuman resmi adalah surat yang berisikan pengumuman yang jika ditinjau dari segi esensialnya secara hukum dapat dipertanggungjawabkan. Hal tersebut dikarenakan surat pengumuman ini bersifat resmi dan biasanya dikeluarkan oleh instansi tertentu baik pemerintahan maupun instansi swasta. Surat Pengumuman resmi ini biasanya berpayung hukum dan memiliki no kendali surat yang dikeluarkan dengan melalui prosesi standar operasional prosedur yang berlaku pada instansi yang terkait. Berikut ini adalah beberapa contoh surat pengumuman resmi!

Contoh 1 :

PT. BUKIT TERJAL MENJULANG
Jalan bebatuan No 1665 Kemiling, Bandar Lampung Telp (0721) 32233

No : 222 / SU / VI / 2016 31 Maret 2016-03-26
Hal : Pengumuman
Kepada seluruh karyawan PT. Bukit Terjal Menjulang

Di Tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan berlangsungnya ulang tahun PT. Bukit Terjal Menjulang yang ke-18, maka kami segenap dewan direksi beserta jajarannya bermaksud untuk mengadakan acara syukuran dan pengajian yang bertepatan pada hari jadi PT. Bukit Terjal Menjulang yang ke-18 yakni pada tanggal 02 April 2016 mendatang bertempat di aula gedung serba guna PT. Bukit Terjal Menjulang pada pukul 08.00 wib sampai dengan selesai. Perhatian untuk seluruh karyawan untuk turut serta dalam kegiatan tersebut dan wajib berpakaian rapi, kemeja / baju koko putih, berpeci (bagi laki-laki) dan bagi karyawan perempuan menyesuaiakan.

Baca Juga:  Contoh, Jenis, & Pengertian Kalimat Utama Adalah

Demikian acara yang akan kita jalani bersama pada hari yang telah ditentukan, mohon agar dapat menjadi perhatian terhadap seluruh karyawan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Yoga Winando, S.Pd.
(direktur)

Dari contoh surat pengumuman resmi di atas dapat diidentifikasikan beberapa ciri pokok yang ada pada surat resmi tersebut, diantaranya yakni :

1. Terdapat kop surat
2. Terdapat nomor surat keluar
3. Pada kolom tanda tangan di tanda tangani oleh pejabat yang berwenang dan diberi cap / stempel perusahaan terkait
4. Surat tersebut memiliki arsip

Secara konten atau isinya, surat pengumuman berisikan apa saja yang bersifat informatif dan tidak memiliki aturan baku yang permanen dalam penyusunan tata letak dan lain sebagainya. Hanya saja surat resmi ini harus memenuhi beberapa ketentuan sebagaimana telah dijabarkan pada point-pont sebelumnya. Selanjutnya perhatikan contoh kedua surat pengumuman resmi berikut!

Baca Juga:  Pengertian & 30 Contoh Majas Hiperbola dalam Kalimat

Contoh 2 :

PT. SINAR TEMBAGA BERKILAU
Jalan logam berat No 6554 Beringin Raya, Bandar Lampung Telp (0721) 090909

No : 341 / SPn / III / 2016 30 Maret 2016-03-30
Hal : Pengumuman Undangan Terbuka
Kepada seluruh warga masyarakat Bandar Lampung

Di Tempat

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya pembukaan perusahaan kami yang baru untuk cabang Bandar Lampung, maka kami atas nama PT. Sinar Tembaga Berkilau bermaksud untuk mengundang warga masyarakat Bandar Lampung untuk dapat hadir dalam hajat kami tersebut. Undangan ini kami sampaikan seluas-luasnya kepada warga masyarakat Bandar Lampung. Dalam agenda tersebut banyak hal yang akan kami suguhkan diantaranya yakni sosialisasi PT. Sinar Tembaga Berkilau, penukaran barang bekas logam dengan barang-barang perabot rumah tangga, dan berbagai macam permainan. Acara akan kami selenggarakan di kantor kami pada alamat yang tertera di kop surat pada tanggal 01 April 2016 dimulai pada pukul 07.30 wib sampai selesai.

Baca Juga:  Pengertian Gagasan Utama dan Contohnya (Lengkap)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada warga masyarakat Bandar Lampung sekalian, harapan saya agar bapak / ibu bisa turut meramaikan dan ikut serta pada hajat tersebut. Atas perhatian dan kehadirannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Kami

Solehan, S.E.
(Manager)

Sumber :
http://pendaftaran-cpns.blogspot.co.id/2014/10/contoh-surat-pengumuman-resmi.html