Contoh Resensi Novel 5 CM karya Dhonny Dhirgantoro

Contoh Resensi Novel 5 CM karya Dhonny Dhirgantoro – Berikut merupakan contoh resensi Novel 5 CM!

Judul Novel : 5 CM
Penulis : Dhonny Dhirgantoro
Penerbit : PT. Grasindo
Tahun Terbit : 2007
Tebal buku : 381 halaman
ISBN : 97591514
Harga Buku : Rp 60.000,00

Buku karangan fiksi ini berjenis novel yang menceritakan tentang kisah perjalanan hidup 5 orang pemuda yang bersahabat selama 7 tahun semasa awal perkuliahan sampai saat ini. Kelima anak muda tersebut diantaranya bernama Zafran, Genta, Arial, Ian, dan Riani. Mereka berlima begitu akrab dan selalu menjalani aktivitas sehari-hari bersama. Karena begitu seringnya mereka melakukan aktivitas bersama-sama, sampai pula pada saat dimana titik jenuh menghampiri mereka. Dalam hubungan persahabatan pun kejenuhan pasti ada walaupun sedikit. Ketika mereka menyadari bahwa hal-hal yang mereka lakukan bersama-sama selama ini terasa hambar dan biasa saja, Genta berinisiatif untuk tidak saling berkomunikasi satu sama lain. Alasan Genta mengambil keputusan ini diantaranya yakni karena hubungan mereka yang terasa hambar dan biasa saja, disamping itu juga masih ada mimpi-mimpi yang belum terlaksana diantara mereka, terutama Ian, sampai saat ini hanya Ian yang belum menyelesaikan studi S1 nya di Universitas Indonesia. Awalnya usulan Genta ini tidak disetujui oleh teman-temannya, namun setelah rasionalisasi dilakukan, maka kelimanya sepakat untuk tidak bertemu dan berkomunikasi selama 3 bulan. Selama tiga bulan itu mereka menyelesaikan mimpi-mimpi yang tertunda dan melakukan kewajiban-kewajiban masing-masing.

Baca Juga:  Macam-Macam Majas Perbandingan dan Penjelasannya

Selama tiga bulan inilah mereka saling mendewasakan pribadi masing-masing. Ian focus kepada tugas akhirnya, Genta fokus kepada proyek Evemt Organizernya, Arial fokus terhadap pacar barunya, Zafran semakin mendalami kecintaannya pada sastra, dan Riani yang fokus terhadap pekerjaannya sebagai pegawai swasta.

Tiga bulan pun berlalu, dan akhirnya mereka berjanji untuk bertemu di sebuah stasiun. Mereka membawa perlengkapan-perlengkapan yang telah diinstruksikan oleh Genta. Sampai pada saat keberangkatan mereka, Genta enggan untuk mengatakan hendak kemana mereka. Ketika sampai pada tempat tujuan yakni di kota Malang Jawa Timur, barulah Genta mengatakan hendak kemana mereka. Genta berencana untuk melakukan reuni bertemunya mereka dengan melakukan perjalanan menuju puncak tertinggi di pulau Jawa yakni “Mahameru.” Dalam perjalanan menuju Mahameru, mereka mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan lebih mempererat persahabatan mereka.

Baca Juga:  Pengertian Unsur Instrinsik Novel dan Macam-Macamnya

Kelebihan yang terdapat dalam novel 5 CM diantaranya yakni terdapat redaksi dan kata-kata yang menginspirasi dan memotivasi dalam menjalani hidup dengan penuh semangat dan pantang menyerah. Selain itu unsur persahabatan yang kental juga turut menguras emosi dan perasaan. Pemilihan diksi dan gaya bahasa yang digunakan menggunakan kata-kata kekinian yang mudah dipahami oleh pembaca terutama dikalangan remaja dan pemuda. Kemudian penembatan setting waktu dan latar diceritakan dengan detail dan otentik serta tidak terkesan kabur.

Kekurangan yang terdapat dalam novel 5 CM yakni terletak pada konflik yang begitu sederhana. Konflik yang dirasakan hanya terletak pada kejenuhan mereka dalam menjalani aktivitas bersama-sama, sehingga mereka memutuskan untuk berpisah sementara sampai pada saat mereka bertemu kembali. Konflik ini begitu sederhana dan sangat tidak umum untuk dijdikan sebagai klimaks dari sebuah cerita dalam novel.

Baca Juga:  Pengertian Ide Pokok Paragraf & Contoh Lengkap

Novel 5 CM merupakan bacaan fiksi yang layak untuk dibaca karena memuat unsur-unsur yang baik untuk sasaran pembacanya yakni pemuda dan remaja. Terutama pada aspek persahabatan dan semangat dalam mengejar mimpi-mimpi. Unsur-unsur ini sangat baik untuk sasaran pembacanya. Namun tetap harus diperhatikan juga terhadap kekurangan-kekurangan yang terdapat pada novel ini, pada intinya ambilah yang baik dari isi buku ini dan buanglah hal negative yang terdapat di dalamnya.