Contoh Pidato Untuk Anak SD Singkat Tentang Kesehatan Gigi

Contoh Pidato Untuk Anak SD Singkat Tentang Kesehatan Gigi – Salah satu aspek kesehatan yang jarang diperhatikan oleh anak-anak adalah kesehatan gigi, padahal ini merupakan bagian penting dalam sistem kesehatan manusia. Anak-anak dengan mudahnya mengunyah permen, cokelat, dan makanan-makanan manis lainnya tanpa menggosok gigi setelahnya. Pidato berikut ini bertujuan untuk menyadarkan kembali anak-anak tentang pentingnya sakit gigi. Semoga bermanfaat.

Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi !

Kepada Yang terhormat Kepala SDN 1 Tanjung Bintang Ibu Siti Marfuah, M. Pd
Yang terhormat Wakil Kepala SDN 1 Tanjung Bintang Bapak Amrizal Ahmad, M. Pd
Yang terhormat bapak dan ibu dewan guru
Serta anak – anakku yang ibu banggakan

Pertama – tama, marilah kita panjatkan rasa puji, puja, dan syukur kita kepada tuhan semesta alam, Allah SWT yang tidak pernah berhenti memberikan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita masih merasakan nikmat sehat sampai saat ini.

Selain itu, marilah senantiasa kita sanjungkan sholawat serta salam kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah berjasa membawa kita keluar dari jaman kebodohan ke zaman yang penuh akan cahaya Islam saat ini. Semoga kita semua dapat bertemu kembali oleh Beliau di dalam surga Allah SWT.

Baca Juga:  Struktur Dan Ciri Bahasa Teks Laporan Hasil Observasi

Pada kesempatan yang berbahagia ini, ibu akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul pentingnya menggosok gigi bagi kita semua supaya gigi kita selalu sehat dan kuat setiap hari. Semoga apa yang akan ibu sampaikan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua.

Anak – anakku yang ibu cintai,

Apakah kalian pernah mengalami sakit gigi ? Tentunya rasanya amat sakit bukan bahkan membuat kita tidak bisa makan dan tertidur ? Tahukah kalian mengapa gigi kalian bisa menjadi sakit ?

Hal itu karena kuman – kuman yang sangat banyak tinggal di dalam gigi kalian. Mereka menggerogoti gigi kalian hingga menjadi bolong dan sakit. Kuman – kuman tersebut berasal dari makanan yang sehari – hari kita makan, seperti coklat, permen, dan makanan manis yang lainnya.

Apabila kalian terus menerus memakan makanan yang manis setiap harinya tanpa menggosok gigi, maka kuman di dalam mulut kalian akan semakin banyak. Apakah kalian mau gigi kalian habis tidak tersisa ? Tentu tidak mau kan ?

Oleh karena itu, marilah kita merawat gigi – gigi kita agar terbebas dari kuman – kuman yang menyebabkan gigi bolong dan sakit.

Baca Juga:  Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Hewan Langka di Dunia

Anak – anakku yang ibu cintai,

Tahukah kalian bagaimana caranya merawat gigi kita ? Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar gigi kita selalu sehat dan kuat, diantaranya adalah:

Cara yang pertama yaitu dengan menggosok gigi secara teratur. Anak – anakku, berapa kali kalian menggosok gigi dalam sehari ? Menggosok gigi dua kali sehari sudah cukup baik, tetapi lebih baik lagi untuk menggosok gigi tiga kal sehari, yaitu sehabis makan, ketika mandi, dan sebelum tidur.

Menggosok gigi sesudah makan dan sebelum tidur sangatlah penting karena sesudah makan, gigi akan dipenuhi oleh sisa – sisa makanan yang menempel pada gigi, sementara itu, pada malam hari kuman akan menjadi aktif menggerogoti gigi – gigi kita.

Cara yang kedua adalah menghindari makanan – makanan manis seperti, permen, cokelat, dan lain – lain sebagainya. Makanan – makanan inilah yang menyebabkan gigi kita sakit dan mudah keropos. Bahkan membuat kita ompong. Apa kalian mau tidak memiliki gigi seperti nenek – nenek ? Tentu tidak bukan ? Oleh karean itu, kurangilah makanan – makanan manis di atas.

Baca Juga:  Contoh Teks Pidato Tentang Bahaya Narkoba Singkat

Cara yang ketiga adalah dengan memeriksa gigi di dokter gigi minimal dua bulan sekali. Ajak orang tua kalian untuk pergi ke dokter. Di sana kalian gigi kalian akan diperiksa dan dikontrol dengan cara dibersihkan karang – karang gigi yang menempel pada gigi, dan menambalnya jika ada gigi yang berlubang. Jangan takut untuk pergi ke dokter gigi karena tidaklah sakit seperti yang kalian lihat di film – film. Lebih sakit merasakan sakit gigi daripada pergi ke dokter gigi.

Apabila kita sudah merawat gigi dengan cara menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur, menghindari makanan – makanan manis dan pergi ke dokter gigi, maka gigi kita akan terawat dan terhindar dari kuman penyakit.

Jangan melakukan kegiatan itu semua sebelum gigi kalian sakit karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Anak – anakku yang ibu cintai,

Demikianlah apa yang dapat ibu sampaikan kali ini. Ingat, janga lupa untuk menjaga kebersihan gigi kalian sebelum kalian merasakan sakit gigi.

Terimakasih atas perhatiannya,

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.