Contoh Pidato Tentang Teknologi Masa Kini dalam Bahasa Indonesia

Contoh Pidato Tentang Teknologi Masa Kini dalam Bahasa Indonesia – Teknologi adalah bagian penting dalam hidup manusia dewasa ini. Dengan adanya teknologi, manusia bisa begitu terbantu dan semua pekerjaan akan berjalan dengan lebih cepat serta efisien. Pidato di bawah ini, memberikan pemahaman bahwa perkembangan teknologi seharusnya terus menjadi hal-hal positif dalam kehidupan manusia.

Assalamualaikum wr, wb
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua,

Kepada yang terhormat Bapak Anggino Saputra, M. Pd selaku kepala SMAN 1 Kota Baru Indah
Yang terhormat Bapak Fajri Amien, M. Pd selaku wakil kepala SMAN 1 Kota Baru Indah
Yang terhormat bapak, ibu dewan guru beserta seluruh staff
Serta teman – teman yang saya banggakan,

Pertama – tama marilah kita panjatkan rasa puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Agung yang telah mencurahkan rahmat dan nikmatnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di dalam ruangan ini dalam kondisi sehat walafiat dan tanpa kekurangan sedikit pun.

Selain itu, shalawat serta salam senantiasa kita sanjungakan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah sangat berjasa mengantar kita keluar dari jaman kebodohan. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan umatnya yang akan diberikan syafaatnya di Yaumil Akhir kelak, Amin ya rabbal alamin.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Kalimat Efektif Lengkap

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya berdiri di sini untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul pentingnya tekhnologi bagi kehidupan manusia. Semoga apa yang akan saya sampaikan ini bisa menjadi manfaat yang baik untuk kita semua.

Hadirin yang berbahagia,

Tekhnologi adalah sarana yang dapat menyediakan berbagai macam kebutuhan manusia berupa barang maupun jasa yang diperlukan demi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Secara umum, teknologi dapat diartikan sebagai benda maupun bukan benda yang sengaja diciptakan secara terpadu melalui pemikiran manusia.

Namun, dalam kehidupan sehari – hari, yang dimaksud dengan teknologi adalah alat – alat dan mesin yang bisa digunakan untuk membantu, memudahkan, dan menyelesaikan masalah-masalah yang dapat ditemukan di dunia nyata.

Sebenarnya teknologi sudah ada sejak jaman dahulu dan berkembang sejak diciptakannya manusia yang memiliki akal dan pikiran. Perkembangan teknologi ini terjadi adalah berkat dari manusia yang menggunakan akal dan pikirannya untuk mengatasi setiap masalah yang ditemuinya.

Pada awalnya teknologi yang diciptakan hanya berwujud benda yang bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam mengolah sumber daya alam, seperti kapak, tombak, panah dan peralatan lainnya, dalam membuat tempat tinggal, seperti rumah dan alat – alat rumah tangga, dalam transportasi seperti perahu, dan sebagainya, dan dalam hal makanan, minuman dan obat – obatan yang sederhana.

Baca Juga:  Pengertian & Contoh Kalimat Homograf Terbaru

Seiring berkembangnya jaman ini, tekhnologi juga ikut berkembang. Bahkan perkembangannya kini sudah sangat massif dan hampir tidak bisa dijangkau dengan logika manusia. Selain itu, perkembangannya pun menyentuh semua aspek di dalam kehidupan ini.

Contoh perkembangan tekhnologi yang paling besar ada pada tekhnologi transportasi, dan komunikasi. Pada jaman dahulu sulit bagi kita untuk pindah dari satu tempat ke tempat yang sangat jauh, dan sulit juga bagi kita untuk menghubungi orang yang sangat jauh karena pada masa itu tekhnologi yang ada hanyalah perahu, gerobak, burung merpati, dan lain sebagainya.

Namun, kini manusia sudah mengatasi kesulitan itu semua dengan membuat tekhnologi transportasi dan komunikasi yang sangat mumpuni. Saat ini manusia bisa berpergian dari tempat yang satu ke tempat lainnya yang sangat jauh dalam hitungan jam. Manusia juga bisa saling bercakap – cakap meskipun terpisah oleh jarak yang amat sangat jauh. Sebenarnya masih banyak sekali tekhnologi yang membantu kehidupan manusia, seperti pengobatan, pertanian, dan lain sebagainya.

Hadirin yang berbahagia,

Baca Juga:  Teks Pidato Cinta Tanah Air Indonesia Untuk Para Siswa

Perkembangan tekhnologi memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia, yaitu dapat memudahkan segala urusan manusia. Namun, terkadang tidak semua tekhnologi yang diciptakan baik bagi keberlangsungan hidup manusia.

Contohnya adalah pada tekhnologi perang. Saat ini telah banyak diciptakan senjata – senjata pemusnah masal yang sangat mengerikan. Akibat terciptanya benda ini semua manusia menjadi resah dan takut akan terjadinya perang yang dapat merenggut mereka.

Selain itu, ada juga tekhnologi yang mendapatkan tentangan orang – orang ramai, yaitu tekhnologi mengkloning manusia. Akibat pemikiran yang tidak ada batasnya ini, manusia mulai berpikir untuk menciptakan manusia lainnya melalui proses cloning. Sungguh ini merupakan perbuatan yang dilarang di dalam agama manapun.

Terlebih lagi, akibat tekhnologi yang tidak bisa terbendung lagi ini dapat mempengaruhi kehidupan manusia menjadi semakin malas, gaya hidup yang tidak sehat, pergaulan bebas, dan lain – lain.

Oleh karena itu, kita semestinya menyikapi perkembangan tekhnologi ini dengan sangat bijak. Jangan sampai tekhnologi yang kita ciptakan ini malah menjadi penghancur bagi kita.

Hadirin yang berbahagia,

Cukup sampai di sini apa yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih yang sangat besar.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.

    1. Mirawati September 6, 2016

    Add Your Comment