Contoh Pidato Tentang Kejujuran dalam Kehidupan

Contoh Pidato Tentang Kejujuran dalam Kehidupan – Kejujuran adalah sikap yang harus dijunjung tinggi oleh setiap elemen masyarakat baik itu dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Nilai-nilai kejujuran bisa ditingkatkan melalui semangat yang ada di dalam pidato berikut ini.

Assalamualaikum wr. wb

Kepada yang terhormat Kepala SMPN 2 Suka Maju Indah, Bapak Hendri Mustofa, M. Pd
Yang terhormat wakil kepala SMPN2 Suka Maju Indah, Ibu Khusnul Khotimah, M. Pd
Yang terhormat seluruh bapak ibu dewan guru dan staff
Dan anak – anakku, Siswa – siswi SMPN 2 Suka Maju yang saya banggakan

Sebelum saya memulai pidato ini, marilah kita mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang yang tidak pernah berhenti mencurahkan seluruh rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih bisa menikmati hari ini dalam keadaan sehat walafiat.

Tidak lupa, shalawat beserta doa kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat dekatnya. Semoga kita termasuk ke dalam golongannya yang akan mendapatkan syafaatnya di Yaumil Akhir kelak, Amin ya rabbal alamin.

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato tentang arti penting kejujuran dalam kehidupan, supaya kita semua dapat meneladani salah satu akhlak mulia Nabi Muhammad SAW ini. Semoga apa yang akan saya sampaikan ini bisa berguna bagi kita semua.

Baca Juga:  Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Korupsi

Hadirin yang berbahagia,

Jujur adalah salah satu sifat atau akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Beliau mendapatkan julukan As – shiddiq yang artinya dapat dipercaya. Nabi Muhammad SAW mendapatkan gelar tersebut karena Beliau tidak pernah berkata bohong sekalipun selama kehidupannya. Dia selalu jujur baik dalam berperilaku maupun dalam hal pekerjaannya sebagai pedagang.

Namun, apakah sebenarnya perilaku jujur tersebut ? Jujur adalah sebuah sikap atau sifat seorang individu yang menyatakan suatu hal dengan sebenarnya dan sesuai dengan apa adanya, tidak ditambahi maupun dilebih – lebihi.

Sifat atau perilaku jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia di muka bumi ini, karena jujur adalah prinsip dasar yang merupakan cerminan dari akhlak seseorang. Selain itu, jujur merupakan cerminan dari kepribadian seseorang. Apabila seseorang selalau bersikap jujur, maka bisa dipastikan orang tersebut memiliki sikap, perilaku dan akhlak yang baik.

Sifat dan perilaku jujur tidak hanya dicerminkan melalui kata – kata saja, tetapi juga dicerminkan dalam tindakan dalam kehidupan sehari – hari. Sebagaimana orang yang telah melakukan suatu perbuatan, tentu perbuatan tersebut sesuai dengan apa yang ada di dalam batinnya. Contohnya adalah ketika seseorang berani untuk mengatakan “tidak” pada korupsi, maka dia akan berusaha untuk tidak mendekati segala macam bentuk tindakan korupsi.

Baca Juga:  20 Contoh Majas Klimaks dan Penjelasannya

Jangan sampai apa yang telah dikatakan oleh kita, tidak sesuai dengan perilaku. Apabila kita sudah berkata tidak, namun pada kenyataannya tetap melakukan korupsi. Itu adalah munafik, perbuatan yang mengakibatkan dosa yang amat sangat besar.

Orang yang munafik, adalah orang – orang yang sangat picik karena ia akan menampakkan dirinya sebagai seseorang yang bertauhid, padahal hatinya kotor. Mereka berkata dan berperilaku tidak sesuai dengan apa yang dilihat maupun didengarnya.

Hadirin yang berbahagia,

Berperilaku jujur dalam kehiduapn sehari – hari sangatlah penting untuk dilakukan karena memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan bermasyarakat kita. Diantaranya adalah dengan bersikap jujur akan menjauhkan kita dari segala macam permasalahan. Selain itu, dengan selalu berperilaku dan berkata jujur akan membuat kita tenang dalam menjalani kehidupan.

Orang – orang yang tidak jujur akan selalu dihantui oleh kebohongan yang mereka katakan tersebut. Apabila mereka telah sekali berkata bohong, maka akan diikuti perkataan – perkataan bohong lainnya karena perlu seratus kebohongan untuk menutupi satu kebohongan, sehingga mereka akan selalu merasa bersalah.

Baca Juga:  Contoh Teks Laporan Tentang Kekeringan di Indonesia

Hadirin yang berbahagia,

Berperilaku jujur harus dimulai sejak usia dini dan dari lingkungan keluarga kita. Apabila di dalam keluarga mengajarkan sikap dan perilaku jujur, maka akan terbentuk individu – individu yang selalu berkata jujur pula. Pengajaran sikap dan perilaku jujur ini dapat dilakukan dengan cara:

Jika berbuat kesalahan, maka kita harus mengakui kesalahanya

Selalu menyamakan antara ucapan dan perbuatan

Memberitakan sesuatu hal yang sebenaranya, baik kepada orang tua maupun kepada masayarakat

Selalu memegang dan menjalankan amanah dengan baik

Penerapan perilaku juur harus dimulai sejak dini kerena pada masa ini sikap jujur akan melekat dan terus berkembang hingga mereka dewasa.

Hadirin yang berbahagia,

Menerapakan sikap jujur dalam kehidupan sehari – hari memanglah sulit, tetapi kita harus melakukannya karean itu adalah sebuah tuntutan hidup agar kita selalu berada di jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan saat ini. Terimakasih atas perhatiannya dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penyampaiannya.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.