Contoh Pidato Singkat Tentang Kemerdekaan Indonesia

Contoh Pidato Singkat Tentang Kemerdekaan Indonesia – Indonesia mempunyai hari bersejarah yang begitu beragam, tentu saja yang paling berkesan adalah hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Untuk mengenangnya, kami memberikan contoh pidato berikut ini.

Assalamualaikum wr. wb

Selamat pagi dan salam sejatera bagi kita semua
Kepada yang terhormat kepala SMAN 3 Tanjung Bintang, Adrian Muhammad, S. Pd
Yang terhormat wakil kepala SMAN 3 Tanjung Bintang, Ibnu Baihaqi, S. Pd
Yang terhormat bapak dan ibu dewan guru beserta seluruh staff
Serta siswa – siswi SMAN 3 Tanjung Bintang yang saya banggakan

Marilah kita memanjatkan rasa puji dan syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat beserta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam ruangan ini untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke XX dalam keadaan yang sehat tanpa ada kekurangan sedikit pun.

Selanjutnya, marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW yang telah berjasa membawa kita keluar dari jaman kegelapan dan masuk ke jaman yang terang benderang ini. Semoga kita semua diberikan syafaat olehnya dan dipertemukan kembali oleh beliau dalam surga kelak, Amin.

Baca Juga:  Pengertian, Ciri, & 4 Contoh Paragraf Sebab Akibat

Pada pagi hari yang cerah ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul mari kita mengisi kemerdekaan ini, agar kita semua kembali sadar dan mau bergerak untuk mengisi kemerdekaan yang telah kita dapatkan saat ini. Semoga apa yang dapat saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan juga bagi tanah air kita, Indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Marilah kita menundukan kepala kita sejenak dan berdoa untuk mengenang jasa para pahlwan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan ini, semoga mereka mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, Amin. Mengheningkan cipta mulai.
Selesai.

Hadirin yang berbahagia,

XX tahun yang lalu, tepatnya hari ini bangsa kita mendapatkan anugerah tuhan yang amat sangat besar, yaitu kemerdekaan, setelah berabad – abad lamanya kita berada di dalam belengu penjajah yang bertindak sewenang – wenang terhadap kita, akhirnya cita – cita ini tercapai meskpun penuh dengan pengorbanan.

Oleh karena itu, kita harus berterimakasih kepada para pejuang kita yang telah rela mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk mengusir penjajah dari tanah air kita. Dengan senjata dan taktik yang kalah jauh dari penjajah, tetapi dengan semangat untuk menggapai kemerdekaan, semua itu bukanlah halangan.

Baca Juga:  Contoh Teks Pidato Tentang Korupsi dalam Bahasa Indonesia

Hadirin yang berbahagia,

Saat ini XX tahun kita telah merdeka, tetapi bukan berarti perjuangan untuk mempertahankan tanah air ini sudah usai, Bahkan perjuangan kita lebih berat, yaitu untuk mempertahankan apa yang telah diwariskan oleh para pejuang kepada kita, yaitu kemerdekaan ini. Jangan sampai apa yang telah kita capai dengan susah payah kembali hilang.

Lalu, bagaimana caranya kita mempertahankan kemerdekaan ini ? Kita tidak perlu lagi mengangkat senjata dan bertempur melawan musuh tetapi kita berjuang dengan mengisi kemerdekaan ini. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan. Sebagai pelajar yang perlu kita lakukan adalah dengan cara belajar yang giat dan berprestasi karena kita adalah calon – calon penerus bangsa yang akan menentukan masa depan bangsa ini.

Apabila kita menjadi generasi muda yang berprestasi kita bisa memajukan bangsa ini sejajar dengan bangsa – bangsa lainnya, sehingga nama Indonesia bisa harum seperti Negara – Negara maju lainnya. Selain itu, dengan tidak mendekati narkoba berarti kita juga menyelamatkan bangsa karena pada dasarnya narkoba merenggut masa depan kita dan bangsa ini.

Baca Juga:  Definisi & 30 Contoh Kalimat Konotasi

Apabila masa depan kita hancur oleh narkoba, maka masa depan bangsa ini pula akan hancur dan kita akan kembali lagi jatuh ke dalam cengkraman para penjajah yang setiap hari menunggu kita lengah sehingga mereka bisa kembali masuk menjajah kita.

Hadirin yang berbahagia,

Marilah kita jadikan momentum hari kemerdekaan ini untuk kembali menghidupkan semangat kita dalam mengisi kemerdekaan ini. Selain itu, marilah kita jadikan pula sebagia motivasi untuk kembali menjaga persatuan yang saat ini mulai memudar. Jangan sampai kita kembali dapat diadu domba oleh pihak – pihak asing yang menjatuhkan kita.

Saya rasa apa yang dapat saya sampaikan hari ini cukup sampai di sini. Dirgahayu Republik Indonesia semoga Negara kita akan menjadi Negara yang maju dan sejajar dengan Negara – Negara lainnya di dunia ini.

Terimakasih atas perhatiannya dan saya akhiri

Wassalamualaikum wr.wb.