Contoh Pidato Persuasif Tentang Cinta Tanah Air dan Persatuan Bangsa

Contoh Pidato Persuasif Tentang Cinta Tanah Air dan Persatuan Bangsa – Cinta tanah air dan persatuan bangsa merupakan bagian penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, berikut ini saya sajikan sebuah contoh pidato persuasif bertemakan rasa cinta tanah air serta persatuan bangsa.

Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Kepada yang terhormat Bapak Zainudin Suprapto, M. Pd selaku Kepala SMAN 1 Tajung Senang
Yang terhormat Ibu Siti Zuwairah, M. Pd selaku wakil kepala sekolah SMAN 1 Tanjung Senang
Yang terhormat bapak/ibu guru serta seluruh staff SMAN 1 Tanjung Senang
Serta Siswa – siswi SMAN 1 Tanjung Senang yang saya banggakan

Marilah kita memanjatkan rasa puji dan syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas rahmat sehat dan hidayahnyalah kita semua bisa berkumpul pada pagi hari yang cerah ini untuk memperingati hari kebangkitan nasional yang jatuh pada hari ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan sedikit pun.

Selain itu, tidak lupa marilah kita menyampaikan shalawat serta salam kita kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita keluar dari jaman kegelapan ke dalam jaman yang terang benderang ini. Semoga kita bisa mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir kelak aminn.

Baca Juga:  25 Contoh dan Penjelasan Majas Sinisme

Hadirin yang berbahagia,

Pada pagi hari yang cerah ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul marilah kita cintai tanah air dan menjaga persatuan bangsa ini.

Hadirin yang berbahagia

Lebih dari beberapa puluh tahun lalu seorang pemuda yang bernama Budi Utomo waktu itu tergerak hatinya melihat kesengsaraan masyarakat Indonesia yang mendapatkan tindakan sewenang – wenang oleh penjajah. Akhirnya, beliau bersama teman – temannya membentuk sebuah organisasi yang diberi nama seperti nama dirinya sendiri, Budi Utomo. Organisasi itu adalah organisasi pertama yang ada di Indonesia pada saat itu.

Apa yang dilakukan oleh beliau pada saat itu memang sangat sederhana, tetapi dampaknya sangat besar bagi Indonesia. Karena kemunculannya, semangat beliau ikut menyebar dan memotivasi pemuda – pemuda lainny untuk melawan penjajah Belanda pada saat itu.

Mereka berjuang dengan pikiran dan tenaga mereka untuk membawa negeri ini lepas dari cengkraman penjajah. Bahkan para pahlawan rela mengorbankan hartan benda dan nyawanya untuk mengangkat senjata bertemepur langsung dalam medan pertempuran. Alhasil, telah banyak para pahlawan kita yang gugur demi memujudkan cita – cita bangsa ini.

Baca Juga:  60 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Hadirin yang saya hormati

Kini apa yang menjadi mimpi – mimpi mereka telah tercapai. Kita semua telah keluar dari belenggu penjajah. Namun, hal ini bukan berarti perjuangan telah usai. Kitalah yang menerima tongkat estafet ini untuk mempertahankan bangsa. Apa yang telah kita dapatkan ini merupakan tangggung jawab besar karena pada dasarnya mempertahankan adalah hal yang jauh lebih sulit daripada mendapatkan. Jangan sampai perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan kita menjadi sia – sia.

Untuk itulah sebagai pemuda bangsa kita harus mencintai bangsa ini dan mempertahankan keutuhan bangsa. Banyak sekali cara – cara yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemeredekaan Indonesia sebagai wujud cinta akan tanah air, diantaranya adalah :

Berprestasilah dalam bidang yang kita kuasai. Dengan meraih prestasi, kita bisa membawa bangsa ini dan mensejajarkannya dengan bangsa lain. Jangan sampai sebagai pemuda kita malah lemah semangat karena sesungguhnya nasib bangsa ini ada pada tangan para pemudanya. Jika kita bersemangat dalam meraih mimpi – mimpi kita, itu sama saja kita membangun bangsa ini.

Selain itu, jauhilah narkoba dan pergaulan bebasa. Narkoba dan pergaulan bebas adalah dua hal yang menjadi racun bagi para pemuda. Mereka bisa menghancurkan pemuda suatu bangsa sehingga hancur pula bangsa itu. Oleh sebab itu, jangan sekali – kali menyentuh atau mengenal barang ini karena hal itu akan menghancuran diri kita sendiri.

Baca Juga:  5 Contoh Kalimat Kalimat Pembuka Pidato Terbaik

Kemudian, marilah kita menjaga semangat persatuan antar sesama bangsa. Sebagai pemuda kita jangan sampai mudah terpengaruh oleh pihak – pihak lain yang ingin memecah belah kita. Apabila kita sudah terpecah, maka pihak lain akan masuk dengan mudah dan mengambil alih bangsa ini. Oleh karena itu, marilah kita bagun kembali semangat persatuan yang sempat hilang dari dalam diri kita. Jangan lagi ada perselisisihan antar suku dan agama karena sesungguhnya kita adalah satu yaitu Bangsa Indonesia.

Hadirin yang berbahagia

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan kali ini. Namun, sebelum mengakhiri pidato ini saya mengajak seluruh pemuda dan pemudi bangsa Indonesia untuk mecintai bangsa ini dan juga kembali ke dalam semangat persatuan.

Terimakasih atas perhatian dan waktu yang telah diberikan semoga pidato ini bisa menggugah hati kita untuk mencintai bangsa ini. Selain itu, apabila ada kesalahan atau menyingung dalam penyampaian pidato ini saya mohon maaf yang sebesar – besarnya.

Wabilaitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb.