Contoh Percakapan Bahasa Indonesia 2 Orang Tentang Liburan Sekolah

Contoh Percakapan Bahasa Indonesia 2 Orang Tentang Liburan Sekolah – Percakapan adalah suatu bentuk interaksi komunikasi langsung melalui bahasa lisan antara dua orang atau lebih. Percakapan juga biasa disebut dengan dialog. Berikut contoh percakapan antara 2 orang tentang liburan sekolah!

Contoh percakapan:

Suatu ketika Nando berjalan-jalan sore untuk sekedar melepas penat usai mengerjakan PR Bahasa Indonesia di rumahnya. Ketika itu pula ia secara tak sengaja bertemu dengan Budi yang sedang duduk sambil asyik membaca komiknya.

Nando : assalamualaikum. Bud, asyik sekali baca komiknya? Kamu sudah mengerjakan PR Bahasa Indonesia yang diberikan oleh Bu Humdzah?

Budi : Waalaikumussalam. Eh, kamu Nando. Ya jelas sudah dong. Aku tidak akan baca komik sebelum menyelesaikan semua PR ku. Ngomong-ngomong kamu ngapain sore-sore jalan sendirian?

Nando : Hmmm… Gak apa-apa Bud, Cuma kepingin aja jalan-jalan. Pengen tahu aktivitas warga komplek saja. Pada Ngapain orang-orang kalau siang-siang begini. Ternyata banyak aktivitas juga ya orang-orang di sini? Ada yang ngobrol-ngobrol santai, ada yang baca komik kayak kamu, dan ada juga yang sekedar jalan-jalan kayak aku. He…he.

Baca Juga:  Percakapan Bahasa Indonesia 3 Orang Tentang Perkenalan dan Sekolah

Budi : Oh ya, sebentar lagi liburan semester kan? Kamu ada rencana liburan ke mana?

Nando : Hmmm… kayaknya seperti biasanya Bud, di Kampung. Sekeluarga liburan di rumah nenek. Keluarga besar juga ada di sana semua. Yah… rutinitas, liburan sekolah atau liburan lebaran pasti ke kampungnya nenek. He…he. Kalau kamu ada rencana mau ke mana?

Budi : Kalau aku gak ke mana-mana, di sini saja.

Nando : Wah… ya tidak seru dong. Liburan mestinya ya kamu jalan-jalan atau refresing ke mana gitu?

Budi : Hei… sabar dulu dong, belum selesai aku ngomong. Aku memang tidak akan pergi ke mana-mana liburan kali ini. Tapi aku sudah penya rencana untuk mengisi liburanku. Mau Tau?

Nando : Kamu ini aneh Bud, gak kemana-mana tapi mau mengisi liburan. Bagaimana caranya? Kamu mau ngapain?

Baca Juga:  Pengertian dan 4 Contoh Paragraf Deskripsi

Budi : Pertanyaan bagius. Aku memang gak akan kemana-mana, aku di sini saja. Tapi aku akan mengisi liburanku dengan berkunjung ke museum.

Nando : Wah… kaget aku mendengarnya. Kamu mau liburan di museum?

Budi : Bukan liburan di museum, tapi mengisi liburan di museum.

Nando : Lah, letak asyiknya di bagain mananya Bud? Kamu itu sama saja tidak liburan. Malah sama saja belajar lagi di waktu liburan, sama seperti di sekolah.

Budi : Eit… Jangan salah, ke museum itu rekreasi juga loh. Kita bisa nambah pengetahuan sekaligus hiburan. Banyak hal bermanfaat yang bisa kita dapatkan kalau berkunjung ke museum. Diantaranya kita bisa banyak belajar tentang sejarah, geografi, dan ilmu lainnya secara visual. Kalau biasanya kita melihat benda-benda sejarah di buku, nah… di museum kita bisa melihatnya secara langsung.

Nando : Iya… tapi letak menariknya di mana? Kamu tetap belajar kan? Belajar itu ya di sekolah. Kalau waktu lebaran kamu habiskan untuk belajar juga kan ya sayang to?

Baca Juga:  4 Perbedaan Tumbuhan Paku dan Lumut

Budi : Hmmm Bagaimana ya? Menurutku berkunjung ke museum itu rekreasi intelektual sih, namanya rekreasi sudah pasti menyenangkan kan? Kalau aku sih, asyik-asyik aja ke museum. Makanya sesekali kamu ikut aku deh ke sana, kalau kamu bosan, kamu boleh pulang duluan. Bagaimana?

Nando : Hmmm… Boleh juga, sesekali aku mau deh ke sana. Kalau menurutmu ke museum itu rekreasi, aku juga mau coba. Tapi janji loh ya? Gak ngebosenin?

Budi : Kan aku sudah bilang tadi kalau kamu bosan, kamu boleh pulang duluan. He..he.

Nando : Oke lah Bud, aku coba referensi liburan kamu. Sudah dulu ya, aku mau pulang dulu. Sudah Mau maghrib nih.

Budi : Oke deh, aku juga mau pulang. Assalamualaikum.

Nando : Waalaikumussalam.