Contoh Karangan tentang Liburan Sekolah dalam Bahasa Indonesia

Contoh Karangan tentang Liburan Sekolah dalam Bahasa Indonesia – Liburan sekolah tentunya merupakan hal yang begitu menyenangkan, dan akan lebih berkesan apabila kita menulisnya, seperti contoh karang berikut ini.

Liburan Istimewa yang Tidak Terduga

Seperti halnya liburan pada semester-semester sebelumnya, aku dan kakak tidak pergi kemana-mana. Ayah dan Ibu sibuk bekerja. Pada saat liburan, aku dan kakak membantu ibu dalam mengawasi karyawan di toko kue dan cafe milik ibu. Tidak jarang, aku juga menjadi juru bicara dalam acara promosi Cafe ibu. Sedangkan kakak ku yang suka memasak lebih memilih mengawasi karyawan di toko ibu sambil belajar membuat kue dan roti. Ibu yang berprofesi sebagai guru akan lebih banyak mengurusi perangkat ajar yang harus diselesaikan sebelum waktunya masuk sekolah. Oleh karena itu, aku dan kakak memilih untuk membantu ibu mengurusi bisnisnya. Aku juga sering mengajak teman-temanku untuk berkumpul dan bercengkrama di Cafe ibu. Ayahku adalah seorang pegawai pemerintahan di kantor kementerian kebudayaan dan pendidikan. Ayah juga seorang penulis buku pelajaran bahasa Indonesia dan telah berpengalaman puluhan tahun sebagai editor di salah satu penerbit buku pelajaran terkenal di Indonesia. Kedua orang tuaku adalah orang-orang yang bergelut di dunia pendidikan. Karena kesibukan merekalah, kami jarang pergi berlibur.

Baca Juga:  Pengertian, Contoh Karangan Persuasi, dan Ciri – Ciri

Sore itu aku sedang duduk santai bersama kakak di Cafe ibu. Kakakku yang jago bermain piano sedang melantunkan lagu kesayangannya. Tiba-tiba, ayah datang dengan wajah yang sangat sumringah. Aku bertanya-tanya dalam hati apa gerangan yang membuatnya tampak senang. Ayah duduk di sampingku dan langsung menyeruput es kopi di mejaku. Beberapa saat ia menghela napas dan kemudian mulai bercerita. Ternyata ayah baru saja mendapatkan persetujuan cuti kerja selama satu minggu dan beliau mengatakan telah merencanakan liburan ini sejak jauh hari. Beliaupun sudah mengurus semua visa dan paspor keberangkatannya. Paspor? Visa? Apakah ayah dan ibu akan mengajak kami umroh? Begitu mendengar dua kata tersebut entah kenapa yang terpikir dalam kepalaku adalah umroh. Ayah melanjutkan ceritanya dan yang ayah maksud adalah berlibur jalan-jalan keliling eropa. Kakakku yang baru saja menyelesaikan permainan pianonya dan turun dari panggung terkejut mendengarnya. Betapa senang hati kami berdua. Kami tidak menduga bahwa ayah dan ibu sudah menyiapkan rencana liburan yang aku pikir akan menjadi istimewa.

Baca Juga:  Definisi dan Contoh Karangan Eksposisi tentang Lingkungan

Tibalah hari keberangkatan kami. Tujuan pertama kami adalah negara Perancis. Aku dan kakak sangat bersemangat karena kami ingin berfoto di menara Eifel. Ayah dan ibu juga tampak berbahagia bisa belibur bersama anak-anaknya. Aku dan kakak sudah menyiapkan kamus elektronik berbagai bahasa sebagai jaga-jaga apabila negara yang kami kunjungi bukan mayoritas penutur bahasa Inggris. Sesampainya kami di Perancis, kami memilih untuk tinggal di hotel yang terjangkau tarifnya dan kami hanya akan semalam di sana. Kami meletakkan barang-barang kami di kamar hotel lalu segera bergegas berjalan-jalan menikmati kota Paris yang cantik. Kami berjalan-jalan sambil menikmati es krim dan indahnya warna pepohonan di musim gugur. Kami berfoto-foto di depan menara Eifel yang menjadi ikon kota itu sepuasnya. Pada malam hari nya kami makan malam di sebuah restoran klasik dan romantis. Di sela makan malam, ayah dan ibu berdansa layaknya muda-mudi yang baru saja jatuh cinta. Bagiku, mereka berdua adalah contoh pasangan yang aku kagumi. Aku dan kakak akhirnya bertugas sebagai juru foto bagi ayah dan ibu yang sedang asik berdansa.

Baca Juga:  30 Contoh Kalimat Deklaratif dan Pengertian

Tepat pukul 11.00 malam waktu setempat, kami pulang ke hotel dan beristirahat. Keesokan harinya, kami berencana mengunjungi negara Belgia, Belanda, Yunani, dan Spanyol. Sungguh liburan dan sekaligus pengalaman yang sangat menyenangkan bagi kami untuk bisa berkeliling negara-negara di Eropa bersama keluarga tercinta.