Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah dan Lingkungan Hidup

Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah dan Lingkungan Hidup – Karangan persuasi adalah karangan yang ditulis dengan bertujuan untuk menghimbau, mengajak, atau mempenagruhi para pembacanya agar mau melakukan suatu hal seperti apa yang dikatakan penulis dalam karangannya. Di bawah ini adalah dua contoh karangan persuasi tentang sampah dan lingkungan hidup.

Contoh 1 – Karangan Persuasi Tentang Sampah

Marilah Mengurangi Sampah

“Buangah sampah pada tempatnya !”, Kalimat ini merupakan kalimat sederhana yang sering kita temui di berbagai tempat. Namun, kalimat ini nyatanya belum bisa menjadi pemecah masalah terhadap banyaknya sampah yang menumpuk saat ini. Hali ini bisa kita lihat di sekeliling kita banyak sekali sampah – sampah yang menumpuk hingga menimbulkan pemandangan yang buruk dan bau yang tidak sedap.

Sampah yang ada saat ini terus bertambah jumlahnya. Bahkan menurut Prof. H.R. Sudrajat dalam bukunya yang berjudul Mengelola Sampah Kota, mengatakan bahwa timbunan sampah akan semakin meningkat setiap harinya. Terlebih lagi potensi timbunan sampah di beberapa kota besar di Indonesia yang terus meningkat dikarenakan meningkatnya jumlah penduduk di kota tersebut. Apabila hal ini terus terjadi, coba bayangkan bumi kita ini akan dipenuhi oleh sampah – sampah.

Baca Juga:  Pengertian, Ciri, & Contoh Paragraf Analogi

Jumlah sampah yang terus meningkat dan tidak segera diatasi akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat terutama kesehatan kita. Akan ada banyak penyakit yang bermunculan akibat dari sampah – sampah ini. Lalu, bagaimanakah cara kita menanggulanginya ?

Untuk menanggulangi masalah ini, haruslah dimulai dari diri kita sendiri. Tidak ada salahnya bagi kita untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Setelah membiasakan diri kita untuk membuang sampah pada tempatnya, kita bisa melakukan hal – hal berikut ini yang bisa membantu mengurangi volume sampah.

Cara yang pertama, buanglah sampah pada tempatnya dimanapun kita berada, baik di sekolah, rumah, maupun di tempat – tempat umum. Jika kita tidak menemukan tempat sampah, janganlah membuangnya sembarangan. Lebih baik bagi kita untuk menyimpannya hingga menemukan tempat sampah.

Selanjutnya, pilahlah sampah berdasarkan jenis – jenisnya. Pisahkan mereka ke dalam tiga jenis sampah yaitu sampah organik, anorganik, dan sampah kimia supaya bisa memudahkan kita untuk mengelolanya. Sampah – sampah yang bisa didaur ulang bisa kita manfaatkan kembali. Sedangkan sampah yang tidak bisa di daur ulang bisa dimusnahkan.

Baca Juga:  Contoh Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SD Terbaru

Terakhir, kurangilah pemakaian plastik atau pembelian barang – barang yang berbahan plastik. Menghindari plastik dapat mengurangi volume sampah karena sampah plastik tidak bisa diurai. Selain itu, proses pembuatan plastic dapat menghasilkan asap dan polusi udara yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan mengurangi penggunaan plastik maka kita juga bisa mencegah polusi udara.

Apabila sampah – sampah telah berkurang, maka tentu saja lingkungan menjadi bersih dan sehat. Oleh karena itu, marilah kita melakukan cara – cara di atas untuk mengatasi permasalah – permasalahan sampah yang sudah sangat memprihatinkan ini.

Contoh 2 – Karangan Persuasi tentang Lingkungan Hidup

Marilah Kita Jaga Bumi ini dari Pemanasan Global

Bumi adalah tempat tinggal kita, tanpa adanya bumi tentu kita semua akan musnah. Namun, saat ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang – lubang ozon di atmosphere. Hal ini menyebabkan pemanasan global yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia di dalamnya, salah satunya adalah mencairnya es di kutub sehingga menutup semua daratan yang ada. Oleh karena itu, marilah kita menjaga bumi ini agar terhidar dari pemanasan global.

Baca Juga:  Jenis Gerak dan Kelainan atau Gangguan pada Otot

Cara pertama untuk menanggulangi pemanasan global, yaitu gunakanlah energi alternatif . Energi alternatif bisa mencegah pemanasan global karena tidak menghasilkan polusi yang bisa mencemari udara. Misalnya, kita bisa menggunakan energi matahari, air, angin, panas bumi, dan biomasa sebagai penganti pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil.

Kemudian, lestarikanlah hutan. Hutan bisa mengatasi polusi udara dan mengubahnya menjadi oksigen sehingga hutan disebut juga dengan paru – paru dunia. Apabila hutan kita lestari, maka kita tidak perlu khawatir lagi dengan pemanasan global.

Jangalah menggunakan CFC, zat berbahaya yang dapat melubangi lapisan ozon di udara. Zat zat ini berasal dari peralatan pendingin seperti kulkasn, dan Ac. Lakukanlah penyuluhan – penyuluhan untuk mengurangi penggunaan zat ini.

Oleh karena itu, agar bumi kita bisa terhindar dari pemanasan global, marilah kita melakukan cara – cara di atas untuk menyelamatkan bumi ini untuk menjaga kelangsungan hidup kita.