Contoh Karangan Argumentasi tentang Pendidikan Karakter di Indonesia

Contoh Karangan Argumentasi tentang Pendidikan Karakter di Indonesia – Karangan argumentasi adalah suatu karangan yang bertujuan untuk menyampaikan pendapat – pendapat penulis tentang suatu topik atau permasalahan yang sedang menjadi topik pembicaraan dalam masyarakat. Di bawah ini adalah sebuah contoh karangan argumentasi tentang pendidikan yang berjudul pentingnya menanamkan pendidikan karakter sejak dini bagi anak – anak.

Contoh Karangan Argumentasi

Pentingnya Menanamkan Pendidikan Karakter Sejak Dini

Akhir – akhir ini sikap dan perilaku terpuji dalam masyarakat menjadi salah satu hal yang sudah sangat sulit untuk ditemui di kehidupan sosial. Fakta ini bisa dilihat dari banyaknya perilaku buruk seperti ketidakadilan serta kebohongan yang sering terjadi di masyarakat umum, baik di masyarakat tingkat bawah hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Hal ini dikarenakan telah hilangnya karakter di dalam masyarakat.

Arti dari karakter sendiri adalah pola pikir serta perilaku ciri khas bagi setiap individu dalam hidup bermasyarakat untuk saling menjaga dan bekerja sama baik dalam tingkat keluarga maupun berbangsa dan bernegara. Sedangkan individu yang mempunyai karakter baik adalah mereka yang selalu bertanggung jawab dengan apa yang diperbuat dan mampu mengambil keputusan dengan baik.

Baca Juga:  Pengertian, Ciri, Contoh Karangan Argumentasi tentang Lingkungan

Sebenarnya manusia telah memiliki karakter terpuji sejak mereka dilahirkan di dunia ini. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, karakter baik itu bisa bertahan atau hilang tergantung manusia itu sendiri dan lingkungannya. Agar karakter baik tersebut bisa bertahan hingga mereka dewasa, mereka harus diberi pendidikan karakter terus menerus sejak usia dini. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan salah satu jalan yang bisa membantu dalam menanamkan karakter.

Mengapa Penanaman pendidikan karakter harus diberikan sejak dini ? Ini dikarenakan merka masih dalam tahap perkembangan awal. Selain itu, pada masa – masa inilah para calon generasi muda akan belajar dalam mengenali dirinya dan lingkungannya yang memiliki kultur sosial serta budaya yang beragam. Terlebih lagi, mereka akan belajar caranya berinteraksi dan bersosialisasi. Terlebih lagi sekolah adalah contoh lingkup kecil masyarakat luas.

Menanamkan pendidikan karakter di sekolah menjadikan peran guru sangat penting. Mereka juga menjadi ujung tombak dalam menanamkan pendidikan karakter. Hal ini dikarenakan mereka berhadapan langsung dengan anak – anak sehingga mereka harus memberikan contoh yang baik. Apabila seorang guru tidak bisa menjadi contoh yang baik bagi anak muridnya, maka merka gagal dalam menanamkan karakter kepada siswa – siswinya. Mereka seharusnya bisa memberikan contoh yang baik karena pada dasarnya anak – anak di umur mereka memiliki gaya belajar dengan cara mengcopy atau meniru orang lain.

Baca Juga:  Contoh Karangan tentang Liburan Sekolah dalam Bahasa Indonesia

Menjadi seorang guru yang ideal seharusnya tidak hanya memberikan materi pelajaran saja, tetapi mereka juga harus menjadi teladan dan memberikan inspirasi bagi anak didiknya. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Dr. Martin Luther King, “Intelligence plus character, that is the gol of true education”, yang artinya kecerdasan yang berkarakter adalah tujuan akhir dari pendidikan yang sebenarnya.

Jika penanaman karakter ini berhasil, maka kelaka akan menjadi para penerus bangsa yang baik. Hal ini dikarenakan jika karakter telah terbentuk sejak kecil, mereka akan menjadi individu yang jujur, adil, dan bertanggung jawab ketika besar kelak. Untuk memujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter, maka semua elemen harus bertanggung jawab dalam mendidik mereka.

Meskipun keluarga merupakan media yang paling bertanggung jawab dalam mengemban tugas ini. Akan tetapi karena para orang tua yang memiliki rutinitas padat, maka mereka akan mengalami kesulitan dalam melakukan pengawasan kepada anak – anaknya. Oleh karena itu, peran pendidikan karakter sejak dini dimulai dari taman kanak – kanak atau pun play group menjadi pilihan utama bagi mereka.

Baca Juga:  Contoh Karangan Eksposisi tentang Pendidikan Karakter pada Anak Indonesia

Berdasarkan penjabaran – penjabaran di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pendidikan karakter sejak dini sangat penting pada saat ini. Selain itu, penanaman pendidikan karaktet sejak dini pula menjadi solusi yang baik bagi orang tua yang memiliki jadwal yang padat. Semoga semua sekolah yang ada di negeri ini menerpakan pendidikan karakter pada kegiatan belajar mengajarnya sehingga apa yang menjadi cita – cita kita bersama ini dapat terwujud.