Contoh Kalimat Deduktif, Ciri-Ciri, & Definisi Lengkap

Contoh Kalimat Deduktif, Ciri-Ciri, & Definisi – Berdasarkan sifatnya ada dua jenis kalimat dalam bahasa Indonesia, yaitu kalimat deduktif, dan kaliamt induktif. Artikel kali ini akan membahasa pengertian tentang kalimat deduktif yang akan mengarahkan kita kepada pembahasan paragraf deduktif.

Apakah yang dimaksud dengan kalimat deduktif tersebut ? kalimat deduktif adalah kalimat yang terletak padea awal kalimat dan bersifat umum yang masih bisa dikembangkan menjadi beberapa kaliamt lainya. Karena letaknya di awal paragraf, kalimat deduktif sering disebut juga dengan kalimat utama pada paragraf deduktif.

Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

Shinta adalah anak yang baik. Dia suka membantu orang lain. Dia tidak pernah sombong. Dia selalu berkata jujur kepada semua orang.

Kalimat yang merupakan kalimat deduktif ada pada kalimat pertama karena bersifat umum.

Baik (Umum)
Suka membantu (Khusus)
Tidak sombong (Khusus)
Jujur (Khusus)

Sedangkan kalimat-kalimat lainnya merupakan kalimat khusus atau hasil dari pengembangan dari kalimat umum. Oleh karena letaknya yang ada di awal paragraf, maka kalimat umum ini disebut juga dengan kalimat deduktif.

Baca Juga:  Pengertian, Contoh, & Kalimat Compound Noun

Ciri-ciri Kalimat Deduktif

Kalimat deduktif memiliki ciri-ciri sebagai berikut, dan apabila salah satu ciri-ciri berikut tidak dimiliki oleh suatu kalimat maka kalimat tersebut bukan merupakan kalimat deduktif:

1. Kalimat deduktif bersifat umum
2. Kalimat deduktif terletak pada awal paragraf.
3. Kalimat deduktif bisa berdiri sendir.
4. Kalimat deduktif bisa dikembangkan kembali.

Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya bahwa kalimat deduktif itu sebenarnya merupakan kalimat utama yang ada pada paragraf deduktif. Nah, kali ini marilah kita membahas tentang pararaf deduktif.

Contoh Kalimat & Paragraf Deduktif

Keadaan sungai Ciliwung di ibu kota sudah sangat memprihatinkan. Sungai Cilwung kini sudah menjadi tempat pembuangan sampah bagi para penduduk kota Jakarata. Akibatnya, air sungai menjadi keruh bahkan berubah menjadi hitam. Terlebih lagi, air sungai itu mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga menjadi sarang penyakit. Selain itu, daerah sungai ciliwung kini telah mengalami pendangkalan akibat dari sampah-sampah yang menumpuk di dasar sungai. Tidak hanya itu, daerah-daerah resapan air di sekitaran belantaran sungai itu sudah menghilang karena dijadikan tempat tinggal oleh para penduduk. Hal ini menyebabkan sungai ciliwung tidak bisa lagi menampung air yang banyak sehingga akan meluber atau membanjiri dareah sekitar jika turun hujan deras.

Baca Juga:  Batas-Batas, Bentang Alam Kawasan Negara Jerman, dan Ciri-Cirinya

Perhatikan paragraf di atas, kalimat utama atau kalimat deduktif pada paragraf di atas adalah:

Keadaan sungai Ciliwung di ibu kota sudah sangat memprihatinkan

Karena terletak di awal paragraf, maka menandakan paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif, sehingga kalimat pertama tersebut bisa disebut dengan kalimat deduktif.

Contoh 2

Bunga mawar adalah bunga yang sangat digemari oleh para pencinta bunga. Hal ini dikarenakan bunga mawar memiliki warna yang sangat indah, diantaranya merah, putih, biru, bahkan ada juga yang berwarna hitam. Selain itu, bunga ini memiliki mahkota bunga yang banyak dan besar-besar. Terlebih lagi, batang bunganya yang dipenuhi duri membuat bunga ini semakin eksotis dan banyak peminatnya.

Kalimat utama/kalimat deduktif:

Bunga mawar adalah bunga yang sangat digemari oleh para pencinta bunga.

Contoh 3

Susu sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Susu mengandung kalsium yang sangat banyak sehingga membantu pertumbuhan tulang dan gigi kita. Apabila kita rajin mengkonsumsi susu, maka tulang dan gigi kita akan kuat dan terhindar dari keroposa. Selain itu, susu juga mengandung protein. Zat protein diperlukan oleh tubuh untuk mengganti sel tubuh yang rusak. Dengan meminum susu, maka akan mempercepat proses penggantian sel di dalam tubuh kita.

Baca Juga:  25 Contoh dan Penjelasan Majas Sinisme

Kalimat utama/ Kalimat deduktif:

Susu sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Contoh 4

Saat ini zaman serba modern. Semua aspek kehidupan kita telah menggunakan tekhnologi yang canggih, seperti transportasi, komunikasi dan lain-lain. Hal ini membuat semua urusan manusia menjadi mudah dan cepat. Saat ini kita bisa menempuh suatu tempat yang berjarak ribuan mil hanya dengan beberapa jam saja dengan menggunakan pesawat terbang. Selain itu, kita juga bisa tetap behubungan dengan seseorang yang sangat jauh berkat dari tekhnologi komunikasi.

Kalimat utama/Kalimat deduktif:

Saat ini zaman serba modern.