Contoh, Jenis, & Pengertian Kalimat Utama Adalah

Contoh, Jenis, & Pengertian Kalimat Utama Adalah – Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama atau ide pokok. Dengan kata lain, kalimat utama merupakan inti pokok pembahasan dari sebuah teks atau paragraf. Selain itu, kalimat utama juga sering menjadi bahan acuan untuk mengembangkan suatu paragraph yang dikembangkan dengan kalimat penjelas.

Perhatikan teks berikut ini!

Pecel adalah makanan traditional Indonesia yang sangat lezat. Hal yang membuat lezat dari makanan ini adalah bahan bakunya terbuat dari sayuran-sayuran segar. Selain itu, bumbunya terbuat dari kacang yang ditumbuk dengan sangat halus. Terlebih lagi bahan rempah lainya seperti jahe dan lengkuas membuat makanan ini menjadi sangat lezat.

Kalimat utama pada paragraf di atas ada pada kalimat pertama, yaitu Pecel adalah makanan traditional Indonesia yang sangat lezat. Kaimat utama ini menjadi bahan acuan untuk mengembangkan isi dari sebuah teks, yaitu membicarakan tentang kelezatan sebuah pecel. Sedangkan kalimat-kalimat lainnya merupakan kalimat penjelas.

Jenis-Jenis Kalimat Utama

Berdasarkan letaknya, kalimat utama memiliki beberapa macam, diantaranya adalah kalimat utama di awal paragraf, di akhir paragraf, dan di awal akhir paragraf. Berikut ini adalah pembahasan dari jenis dan contoh-contoh kalimat utama.

Baca Juga:  34 Contoh Kalimat Konjungsi Koordinatif, Definisi, & Ciri-Ciri

Kalimat Utama di Awal Paragraf

Kalimat utama yang terletak di awal paragraf merupakan jenis dari paragraf deduktif. Paragraf ini diawali dengan kalimat umum yang kemudian dikembangkan dengan kalimat-kalimat penjelas.

Contoh

Rumah Budi sangat besar dan mewah. Rumah itu berdiri di atas tanah yang sangat luas dan berlantai tiga. Selain itu, dia memiliki taman yang luas dan sebuah kolam renang yang ada di bagian depan dan belakang. Rumahnya yang berlantai tiga itu dilengkapi dengan furniture-furniture kelas tinggi. Bahkan di dalam rumahnya juga ada barang-barang antik yang sangat mahal harganya. Di dalam garasi, terdapat barisan mobil-mobil mewah produksi luar negeri. Terlebih lagi, rumahnya memiliki 19 orang asisten rumah tangga untuk merawat rumahnya.

Kalimat utama paragraf di atas adalah Rumah Budi sangat besar dan mewah.

Kalimat Utama di Akhir Paragraf

Kalimat utama di akhir paragraf merupakan jenis dari paragraf indukif. Kalimat ini diawali dengan kalimat-kalimat khusus yang kemudian disimpulkan menjadi suatu kalimat umum yang merupakan kalimat utama di akhir paragraf.

Baca Juga:  Pengertian dan Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

Contoh:

Jalan-jalan di kota Jakarta sangat padat dan rapat. Selain itu, jalannya yang sangat ramai sering sekali terjadi kecelakaan. Hampir setiap hari kecelakaan sering terajadi dan menyebabkan banyak korban jiwa. Ditambah lagi ramainya jalanan di Jakarta menimbulkan banyak sekali kejahatan yang terjadi, seperti perampokan, pencurian, dan masih banyak lagi. Bahkan jalanan di Jakarta sering sekali digunakan sebagai tempat berjualan bagi para penjual kaki lima. Oleh karena itu, jalanan di kota Jakarta sangat tidak aman bagi pengguna jalan raya.

Kalimat utama pada paragraf di atas adalah jalanan di kota Jakarta sangat tidak aman bagi pengguna jalan raya. Kalimat utama pada jenis paragraph induktif ini sering disebut dengan kesimpulan.

Kalimat Utama di Akhir dan di Awal Paragraf

Selain terletak pada bagian awal dan akhir paragraf, kalimat utama juga bisa diletakkan di keduanya. Paragraf yang menggunakan jenis kalimat utama ini merupakan paragraf campuran.

Baca Juga:  Penjelasan Teori Terbentuknya Tata Surya (Teori Nebula, Teori Planetesimal, Teori Pasang Surut, Teori Awan Debu)

Contoh

Andi adalah anak yang sangat baik dan pintar. Dia suka sekali menolong setiap orang. Bahkan dia juga suka menolong orang yang belum dikenal. Dia tidak segan-segan menolong orang yang kesulitan. Selain itu, Andi juga selalu menyapa setiap orang yang ditemuinya. Andi juga senang mengajari teman-temannya pelajaran sekolah karena Andi sangat pintar. Bahkan dia selalu mendapatkan peringkat pertama di sekolahnya sehingga dia sangat terkenal di sekolah oleh seluruh penghuni sekolah. Oleh karena itu, Andi sangat dikagumi oleh semua orang.

Kalimat utama paragraf di atas adalah :
Andi adalah anak yang sangat baik dan pintar.
Oleh karena itu, Andi sangat dikagumi oleh semua orang.

Paragraf di atas memiliki dua buah kalimat utama yang terletak pada bagian awal dan akhir. Kalimat utama pada bagian awal merupakan pengantar dari sebuah pokok pembahasan dan kalimat utama yang terletak pada bagian akhir menjadi sebuah kesimpulan dari sebuah paragraf.