Berbagai Virus yang Menyerang Tumbuhan & Hewan

Berbagai Virus yang Menyerang Tumbuhan & Hewan – Keberagaman hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar tentunya tidak terlepas dari gangguan-gangguan alam ataupun organisme yang dapat merusaknya. Berbagai macam virus yang ada dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang terjadi pada tumbuhan dan hewan. Berikut akan dijelaskan secara lebih jelas mengenai berbagai virus yang dapat menyerang tumbuhan dan hewan.

A. Penyakit Pada Tumbuhan

Tumbuhan merupakan salah satu tanaman yang mempunyai fungsi sebagai pengikat kandungan H2O yang ada di dalam tanah. Namun, tidak jarang tumbuhan mengalami penyakit yang disebabkan oleh serangan virus. Macam-macam penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus, adalah sebagai berikut :

a. Mosaik

Mosaik adalah penyakit yang terjadi pada tumbuhan yang ditandai dengan timbulnya bercak kuning. Pada umumnya penyakit ini menyerang tumbuhan tembakau, tomat, kentang, kacang kedelai, dan beberapa jenis tumbuhan labu. Penyakit mosaik disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mozaic Virus). Akan tetapi untuk penyakit mosaik yang terjadi pada tanaman mentimun disebabkan oleh virus Cucumber Mozaic, tanaman buncis disebabkan oleh virus Bean cane mozaic dan Bean mozaic, dan gamdum oleh virus Wheat mozaic, tebu oleh virus Sugar cane mozaic. Virus TMV yang ada pada tanaman tersebut ditularkan secara mekanis atau dapat melalui suatu benih tanaman itu sendiri. Berdasarkan penelitian, virus TMV (Tobacco Mozaic Virus) belum dapat ditularkan melalui suatu serangga penular. Jenis virus ini bersifat infektif dan mampu bertahan dengan jangka waktu beberapa tahun lamanya. Selain itu, virus TMV (Tobacco Mozaic Virus) juga bersifat sangat stabil dan mudah untuk ditularkan melalui benih pada saat proses pembibitan secara mekanis. Adapun gejala tanaman yang terserang penyakit mosaik ini adalah sebagai berikut :

Baca Juga:  25 Contoh dan Penjelasan Majas Sinisme

– Daun tanaman akan berwarna belang hijau muda sampai terlihat hijau tua
– Ukuran daun akan lebih mengecil dari daun yang seperti pada umumnya
– Jika menyerang tumbuhan muda, maka tumbuhan tersebut akan kerdil

b. Yellows

Yellows merupakan jenis penyakit yang mampu menyerang tumbuhan kelompok aster. Penyakit yellows disebabkan oleh virus geminivirus Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV). Penyakit ini hanya dapat terjadi pada daun-daun yang baru terbentuk sesudah tanaman tersebut terinfeksi. Namun, pada daun yang telah tua tidak akan mengalami penyusutan. Dengan demikian penyakiy ini dapat menyebabkan tanaman terlihat ganjil, sebab daun yang berada di bawah tanaman akan lebih lebat apabila dibandingkan dengan daun yang berada di atas.

c. Tungro

Tungro merupakan penyakit yang terjadi pada tanaman padi saat masa pertumbuhan vegetatif berlangsung. Penyakit ini dapat menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan jumlah keturunan akan berkurang. Tanaman yang terserang penyakit tungro daun akan terlihat kuning hingga oranye dan pada pelepah serta helaian daun menjadi pendek.

Baca Juga:  Sejarah Agresi Militer Belanda 1 dan 2 (Latar Belakang, Peristiwa, & Tujuan)

d. Degenerasi Pembuluh Tapis

Penyakit pembuluh tapis terjadi pada tanaman jeruk yang disebabkan oleh virus Citrus Vein Phloem Degeneration (CVPD). Virus tersebut dapat ditularkan dengan cepat oleh serangga Diaphorina Citri Kuwayana (Homoptera Psyllidae) atau kutu putih.

e. Tomato Spotted Wilt Virus (TSWV)

Penyakit berikut ini merupakan suatu penyakit yang terjadi pada tanaman buah tomat ataupun jenis tanaman lainnya. Penyebab utama penyakit ini sendiri adalah oleh virus Tomato Spotted Wilt Virus. Pada saat terserang virus tanaman tersebut akan layu dan buah nampak berbintik-bintik.

B. Penyakit Pada Hewan

Hewan merupakan makhluk hidup yang mampu berradaptasi diberbagai macam lingkungan sesuai dengan jenis spesiesnya. Oleh karenanya virus yang menyerangpun berbeda pada tiap jenis hewan. Berikut akan dijelaskan mengenai berbagai virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan, yaitu :

a. Tetelo

Tetelo merupakan penyakit yang terjadi pada spesies unggas dan biasanya menyerang pada ayam. Penyabab dari penyakit tetelo ini yaitu virus New Castle Disease Virus (NCDV). Pada unggas yang sudah terserang penyakit ini dapat segera diberikan tindakan secara khusus, karena untuk mengurai risiko tertularnya penyakit tetelo.

b. Penyakit Kuku dan Mulut

Penyakit kuku dan mulut pada umumnya terjadi pada hewan ternak seperti kerbau dan sapi. Pada umumnya penyakit mulut dan kuku ini disebabkan oleh virus yang dapat menyerang hewan yang berkuku belah, seperti misalnya domba, sapi, kerbau, kambing, dan babi. Salah satu penyebab dari penyebaran virus penyakit ini dapat melalui persinggungan hewan ternak yang telah terinfeksi.

Baca Juga:  Tata Cara & Adab Makan Minum dalam Islam

c. Rabies

Penyakit rabies atau penyakit anjing gila secara umum terjadi pada hewan seperti monyet, anjing, dan kucing. Rabies disebabkan oleh virus Rhabdovirus yang dapat menular dengan akut pada bagian syaraf pusat, sehingga dapat menyebabkan kematian. Penyakit rabies ini dapat menyerang manusia dan semua jenis hewan yang berdarah panas.

d. Adenovirus

Adenovirus adalah penyakit yang dapat menyerang pada bagian saluran pernapasan dan menyebabkan gejala tumor hanya pada hewan tertentu. Penyakit ini dapat terjadi dikarenakan adanya penginfeksian virus adenovirus. Adenovirus dapat menular melalui cairan tubuh antara hewan satu bersentuhan dengan jenis hewan lainnya.

e. Feline Panleukopenia (FPL)

Feline penleukopenia merupakan jenis penyakit berikutnya yang terjadi pada hewan yaitu kucing. Penyakit feline penleukopenia dapat terjadi karena pada bagian tubuh hewan tersebut terinfeksi oleh virus yang disebut dengan virus Feline parvo. Virus ini dapat menyerang pada bagian utama sel yang selalu aktif membelah.

Sumber :
https://gmnite.blogspot.co.id/2013/10/penyakit-hewan-tumbuhan-yang-disebabkan.html

Baca Juga:

Virus – Definisi, Ciri Virus, & Contoh Morfologinya
Soal Biologi Kelas 10 tentang Organisasi Kehidupan & Penelitian Ilmiah
Struktur Organisasi Kehidupan dalam Pelajaran Biologi