Berbagai Penyebab Perang Dunia 2

Berbagai Penyebab Perang Dunia 2 – Perang Dunia Kedua (PD II) merupakan konflik militer global terbesar di muka bumi ini yang terjadi pada tahun 1939 hingga 1945. Peperangan ini melibatkan hampir sebagian besar negara di seluruh dunia, yang terbagi menjadi dua kubu militer dan saling berlawanan, yaitu pihak Sekutu dan pihak Poros.

Peperangan ini tercatat di dalam sejarah sebagai perang yang paling besar dengan melibatkan hingga lebih dari 100 juta manusia. Selain itu, peperangan ini juga melibatkan seluruh bidang, seperti ekonomi, industri, dan militer, sehingga tidak ada lagi pembeda antara pihak militer atau pihak sipil.

Akibat dari perang ini, lebih dari tujuh puluh juta manusia yang mayoritas merupakan warga sipil, tewas. Oleh karena itu, Perang Dunia II menjadi konflik yang paling mematikan dalam sejarah kehidupan manusia.

Namun, mengapa Perang Dunia II ini bisa terjadi ? Apakah yang menyebabkan tragedi yang paling mengerikan ini dapat terjadi ? Nah, berikut ini adalah pembahasannya!

Penyebab Perang Dunia II

Menurut catatan sejarah, Perang Dunia terjadi akibat beberapa sebab yang dikelompokan menjadi dua, yaitu sebab umum dan sebab khusus. Nah, berikut ini adalah sebab – sebab terjadinya Perang Dunia ke II.

Baca Juga:  Soal Sosiologi Kelas XI Tentang Mobilitas Sosial

A. Sebab-Sebab Umum Meletusnya Perang Dunia II

Penyebab umum meletusnya Perang Dunia II diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gagalnya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia.

LBB yang dibentuk pasca PD I telah keluar dari tujuan utamanya, yaitu untuk menjaga perdamaian dunia. LBB telah menjadi alat politik bagi Negara – negara besar dalam mencari keuntungan.

LBB tidak bisa melakukan apa – apa ketika negara-negara besar melakukan tindakan sewenang – wenang, contohya LBB hanya diam saja ketika Italia melakukan serangan terhadap Ethiopia pada tahun 1935.

2. Adanya perlombaan senjata dan milter oleh Negara – negara maju

Akibat dari kegagalan LBB tersebut, timbullah kecurigaan – kecurigaan di antara Negara – Negara di dunia, terutama Negara Barat. Contohnya adalah Jerman dan Italia yang mencurigai komunisme Rusia, tetapi Rusia mencurigai fasisme Italia dan nasional-sosialis Jerman.

Baca Juga:  Definisi dan Contoh Konflik Sosial di Masyarakat

Oleh karena keadaan yang semakin memanas tersebut, Negara – Negara barat mulai berlomba – lomba untuk memperkuat militer dan persenjataan mereka.

3. Timbulnya politik aliansi (mencari kawan persekutuan).

Semakin memanasnya hubungan antara Negara – Negara barat, timbullah kekhawatiran akan meletusnya perang besar, sehingga Negara – Negara mulai mencari kawan dan membentuk dua blok besar, diantaranya adalah:

A. Blok Fasis

Blok ini terdiri dari Negara – Negara Jerman, Italia, dan Jepang

B. Blok Sekutu

Blok sekutu terbagi lagi menjadi dua bagian, yaitu:

a) Blok demokrasi yaitu Perancis, Inggris, Amerika Serikat, dan Belanda.
b) Blok komunis yaitu Rusia,Polandia, Hongaria, Bulgaria, Yugoslavia, Rumania, dan Cekoslovakia.

4. Timbulnya pertentangan-pertentangan akibat ekspansi.

Negara – Negara kuat mulai melakukan ekspansi – ekspansi ke seluruh wilayah di dunia ini untuk memperluas pengaruhnya. Contohnya adalah Jerman yang mengumumkan “Lebensraum”(Jerman Raya) meliputi Eropa Tengah. Sementara itu, Italia mencetuskan Italia Irredenta (Italia Raya) yang meliputi Abbesinea dan seluruh laut Tengah, sedangkan Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di seluruh wilyah Asia Timur. Tindakan – tindakan tersebut mendapat perlawanan dari Negara – Negara Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat.

Baca Juga:  Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia 2

5. Timbulnya pertentangan faham demokrasi, fasisme dan komunisme.

Pertentagan yang terjadi meluas ke masalah ideologi antar Negara. Negara – Negara yang menganut paham komunisme, dan fasisme mendapatkan tentangan dari Negara – Negara yang menganut ideology demokrasi.

6. Adanya politik balas dendam (“Revanche Idea”)

Akibat penghinaan yang diterima oleh Jerman oleh Perancis dalam perjanjian Versailles membuat Jerman marah dan menyerang Perancis.

C. Sebab-Sebab Khusus Meletusnya PD II

Penyebab khusus meletusnya Perang Dunia II diantaranya adalah:

1. Serangan Jerman terhadap Polandia

Serangan yang dilakukan oleh Jerman terhadap Polandia pada tanggal 1 September 1939 membuat Negara – Negara di daratan Eropa menjadi marah karena melanggar perjanjian.

2. Serangan Jepang terhadap Angkatan Laut Amerika

Serbuan yang dilakukan oleh Jepang terhadap Pearl Harbour, pangkalan armada angkatan laut Amerika Serikat pada tanggal 7 Desember 1941, membuat keadaan Asia Fasifik dan Amerika menjadi memanas.