Berbagai Alat Pemuas Kebutuhan dan Macam-Macam Kegunaan Barang

Berbagai Alat Pemuas Kebutuhan dan Macam-Macam Kegunaan Barang – Dalam menjalani hidupnya, manusia selalau berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa barang maupun jasa. Usaha dalam memenuhi kebutuhan hidup tersebut dimulai sejak manusia dilahirkan di bumi ini. ketika masih bayi, semua kebutuhan mereka dipenuhi oleh orang tuanya. Namun semakin dewasa manusia, mereka harus memenuhi semua kebutuhan hidupnya sendiri. Manusia harus mencari sendiri makanananya, pakaiannya dan rumahnya sebagai tempat berlindung.

Manusiaa akan melakukan berbagai macam cara untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Dalam upayanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia akan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Ada berbagai macam bentuk sumber daya yang dapat dimanfaatkan, baik berupa barang maupun jasa. Contohnya, tenaga, uang, kendaraan, pikiran, dan lain sebagainya. Sumber – sumber daya inilah yang menjadi alat pemuas untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Ketersediaan sumber daya sebagai alat pemuas kebutuhan manusia ada yang disediakan oleh alam secara gratis, dan ada pula yang harus diolah lebih lanjut sebelum dapat digunakan oleh manusia. Untuk mengolah sumber daya tersebut, diperlukan sumber daya produksi atau faktor-faktor produksi, seperti alam, manusia, modal, dan kewirausahaan.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa alat pemuas kebutuhan manusia adalah barang atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia itu sendiri.

Baca Juga:  Dampak Perubahan Sosial Budaya dan Teori-Teorinya

Macam – Macam Alat Pemuas Kebutuhan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa alat pemuas kebutuhan manusia dapat berupa barang maupun jasa. Ada banyak sekali macam – macam alat pemuas kebutuhan manusia tersebut yang dapat kita temui. Berikut ini adalah macam – macam alat pemuas kebutuhan manusia.

Alat Pemuas Kebutuhan berdasarkan Wujudnya

Manusia yang merupakan makhluk terdiri dari komponen rohani dan jasmani memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi sesuai dengan komponen – komponen tersebut. Ada beberapa jenis alat pemuas kebutuhan untuk memenuhi dua unsur pembentuk manusia, di antaranya adalah:

1. Barang Konkret

Barang konkret adalah alat pemuas kebutuhan komponen jasmani manusia. Alat pemuas ini dapat diraba, dirasakan, dan dilihat. Contohnya adalah, makanan, minuman, pakaian, kendaraan, rumah, alat – alat elektronik, tekhnologi, dan lain – lain.

2. Barang Abstrak

Barang abstrak adalah alat pemuas kebutuhan komponen rohani manusia. Alat pemuas kebutuhan ini tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan. Contohnya adalah rekreasi, jasa, siraman rohani, dan lain-lain.

Alat Pemuas Kebutuhan berdasarkan Cara Memperolehnya

Namun, berdasarkan cara memperolehnya, alat pemuas kebutuhan manusia dibedakan menjadi tiga jenis. Adapun jenis – jenis alat pemuas kebutuhan tersebut adalah:

Baca Juga:  Penjelasan Tentang Passive Voice Lengkap

1. Benda Ekonomi

Benda ekonomi merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya terbatas. Oleh sebab itu, untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Sebagian besar alat pemuas kebutuhan kita adalah barang – barang ekonomi, misalnya makanan yang harus diperoleh dengan cara mengolah atau membelinya terlebih dahulu.

2. Barang Bebas

Barang bebas merupakan alat pemuas kebutuhan manusia yang disediakan oleh alam secara gratis. Jumlah barang bebas pun sangat banyak oleh sebab itulah untuk mendapatkan barang ini tidak memerlukan usaha atau pengorbanan yang banyak. Contoh barang bebas adalah udara, sinar matahari, air, dan lain sebagainya.

3. Barang Ilith

Barang ilith merupakan barang – barang pemuas kebutuhan manusia yang apabia jumlhanya berlebih dapat menyebabkan suatu musibah atau kerusakan bagi hidup manusia. Contohnya adalah air, apabila jumlah air berlebih maka dapat menyebabkan banjir.

Macam – Macam Kegunaan Barang

Barang – barang pemuas kebutuhan manusia seperti yang telah disebutkan di atas, ternyata memiliki kegunaan yang beragam bagi manusia. Adapun kegunaan barang – barang tersebut adalah:

1. Kegunaan Dasar

Kegunaan dasar adalah barang yang digunanakan untuk meningkatkan kwalitas suatu barang dari bahan mentah menjadi barang siap pakai, sehingga dapat menciptakan nilai tambah terhadap barang tersebut. Contohnya adalah kapas yang dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan benang.

Baca Juga:  Analisis Unsur Intrinsik Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari

2. Kegunaan Bentuk

Suatu barang akan memiliki nilai tambah yang lebih apabila mengalami perubahan bentuk daripada bentuk aslinya. Contoh barang – barang tersebut adalah kayu yang manfaatnya akan bertambah apabila sudah berubah menjadi kursi, meja ataupun barang lainnya.

3. Kegunaan Tempat

Suatu barang akan memiliki manfaat yang lebih apabila telah mengalami pemindahan tempat. Contohnya adalah barang batu – batu di kali akan memiliki manfaat yang lebih apabila sudah diangkut ke darat.

4. Kegunaan Waktu

Suatu barang memiliki manfaat ketika pada waktu – waktu tertentu. Contohnya adlah jas hujan akan lebih berguna pada saat musim kemarau, tetapi pada musim hujan, jas hujan tidak berguna.

5. Kegunaan Pemilikan

Suatu barang akan memiliki manfaat yang lebih apabila kepemilikannya sudah berpindah ke orang lain. Contohnya adalah buku – buku yang ada di toko buku akan lebih berguna apabila sudah menjadi milik seorang siswa.

6. Kegunaan Pelayanan

Suatu barang menjadi lebih bermanfaat apabila menawarkan pelayanan yang optimal. Contohnya adalah televisi yang akan bermanfaat jika menyala, tetapi apabila telah rusak, benda ini sudah tidak berguna lagi.