Batas Kawasan, Bentang Alam, dan Lokasi Negara Kanada

Batas Kawasan, Bentang Alam, dan Lokasi Negara Kanada – Kanada merupakan negara yang secara historis dikenal dengan sebutan Dominion of Canada. Beribukota di Ottawa sekaligus sebagai pusat pemerintahan parlemen nasional gubernur jenderal dan perdana menteri. Dahulu Ottawa merupakan negara bekas jajahan Perancis dan juga britania Raya. Pada awalnya Kanada merupakan sebuah kesatuan dengan sistem pemerintahan kekaisaran Perancis dan juga Koloni Britania. Berikut pembahasan tentang negara Kanada berkaitan dengan batas kawasan, bentang alam, dan lokasi Kanada!

A. Batas-batas kawasan

Luas wilayah Kanada setara dengan setengah dari wilayah Amerika Utara. Berbatasan dengan Amerika Serikat di sebelah selatan, dan di arag barat laut berbatasan dengan Alaska. Luas wilayah Kanada terbentang antara Samudra Pasifik di sebelah barat. Di sebelah Utara terdapat laut Beaufort, samudera arktik, dan tanah hijau yang berada pada arah timur laut. Wilayah Kanada paling selatan berada pada lintang 42°LU dan paling utara pada 72°LU.

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Kalimat Efektif Adalah

Semenjak tahun 1925 Kanada telah mengklaim bahwa sebagian dari Arktik dimulai dari 60° B, dan 141°B. Permukiman paling utara di negara Kanada adalah Canadan Forces Station (CFS) Alert di bagian ujung utara pulau Ellesmere latitude 82,5° sejauh 834 km dari arah kutub utara.

B. Bentang alamnya

Kanada adalah negara yang memiliki luas wilayah yang cukup besar. Negara ini merupakan negara yang terluas di Amerika Utara yakni kira-kira sekitar 9.250.000 km2. Pantai vbagian utara negera kanada ini memiliki sebuah keunikan bahwa air launya tak pernah surut, terkecuali pantai di teluk Hudson. Pantai bagian barat Kanada merupakan akibat dari erosi glasial, itulah sebabnya teluk di kawasan tersebut berukuran sempit yang memanjang ke arah daratan (fyord). Pantai bagian timur Kanada yakni teluk St. Lawrence yang diapit oleh dataran tinggi Labrador di bagian utara dan ujung bagian utara pegunungan Applachia di bagian selatan teluk tersebut. Pada ujung muara yang memiliki bentuk menyerupai corong (estuarium) terdapat pulau New Founland. Jika ditinjau secara morfologis, Wilayah Kanada dibagi menjadi tiga bagian, yakni: wilayah pegunungan Rocky, wilayah dataran rendah yang berada di sekitar teluk Hudson, dan sisanya merupakan kepulauan yang berada di kawasan Laut Arktik.

Baca Juga:  Definisi Comparative & Superlative Adjective Serta Penjelasannya

C. Lokasi (iklim, flora, fauna)

Jika ditinjau secara umum, wiayah / kawasan Kanada diklasifikasikan menjadi beberapa bagian wilayah, diantaranya yakni:

1. di wilayah Ontario bagian selatan dan wilayah lembah St. Laurence beriklim laut.
2. di negara Kanada sendiri umumnya beriklim pasifik yang merupakan iklim lunak.
3. di wilayah pegunungan Rocky, lembah dan plato Mountains beriklim pegunungan.
4. di wilayah kawasan sub arktik beriklim kontinental.
5. pada wilayah Atlantik dan padang rumput beriklim kontinental.
6. di wilayah kepulauan arktik dan ujung utara dataran utama Kanada beriklim arktik.

Keanekaragaman fauna yang terdapat di negara Kanada diantaranya yakni jenis-jenis burung dan mamalia. Burung Kanada meliputi burung paruh-cincin, burung elang emas, burung triwarna, burung gannet utara, burung angsa kanada, burung hantu kelabu, burung kuntul besar, burung pelatuk jambul, dan burung trinil kaki-kuning. Sedangkan mamalia khas negara Kanada diantaranya yakni beruang hitam amerika, berang-berang laut, mestela erminea, bison amerika, dan rakun.

Baca Juga:  Fungsi Saluran Eustachius, Gendang Telinga, Koklea, Daun Telinga, & Rumah Siput

Tumbuhan yang banyak hidup di negara Kanada meliputi semak-semak rendah di wilayah selatan. Sedangkat di bagian lainnya terdapat hutan yang berupa tumbuhan pohon kastanye , pohon ek, pohon maple dan pohon kenari.

Sumber :
Dewi, Nurmala, 2009, Geografi Untuk SMA dan MA kelas XII, Jakarta, CV Epsilon Grup.
https://id.m.wikipedia.org./wiki/kanada