Batas Kawasan, Bentang Alam, dan Lokasi Amerika Serikat

Batas Kawasan, Bentang Alam, dan Lokasi Amerika Serikat – Amerika Serikat merupakan sebuah negara dengan sistem pemerintahan republik konstitusional federal yang terdiri atas 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara tersebut terletak di bagian tengah wilayah amerika utara yang menjadi pusat dari beberpa negara bagian yang lima puluh negara yang saling berdampingan. Berikut penjelasan tentang negara Amerika Serikat yang berkaitan dengan batas kawasan, bentang alam, dan lokasi wilayah negaranya!

a. Batas Kawasan Amerika Serikat

Amerika Serikat berada diantara dua samudera yakni samudera Pasifik dan samudera Atlantik pada bagian barat dan timur. Dari sebelah utara berbatasan dengan negara Kanada, bagian selatannya negara ini berbatasan dengan Meksiko. Dua negara bagian lainnya yakni Alaska dan Hawaii, letaknya terpisah dengan daratan utama Amerika Serikat. Negara-negara bagian Amerika Serikat memilki bentuk seperti negara kepulauan yang berlokasi di tengah Samudra Pasifik.

Wilayah Amerika Serikat secara astronomis, terletak pada garis 24°33’ LU – 70°23’ LU dan antara 172°27’ BT – 66°51’ BB. Lain halnya jika ditinjau secara geografis, daratan Amerika Serikat mempunyai batas-batas sebagai berikut!

1. Wilayah bagian utara berbatasan dengan negara Kanada.
2. Wilayah sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Meksiko dan negara Meksiko.
3. Wilayah sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.
4. Wilayah sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Sumbang, Ciri, & Pengertian

Batas-batas negara dari wilayah bagian Alaska yakni :

1. wilayah sebelah utara berbatasan dengan Laut Arktik.
2. wilayah sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik.
3. wilayah sebelah timur berbatasan dengan negara Kanada
4. wilayah sebelah barat berbatasan dengan Laut Bering.

b. Bentang Alam Amerika Serikat

Secara umum kawasan Amerika Serikat jika dijelaskan secara deskriptif maka penjelasannya sebagai berikut!

Pada wilayah pantai barat terdapat dataran rendah sempit yang berbatasan dengan wilayah laut Samudra Pasifik. Dataran tersebut berbatasan dengan pegunungan pantai yang berupa tepian barat yang merupakan deretan Pegunungan Rocky. Tepat berada di seberang Rocky Mountains terdapat Dataran Tengah (The Central Plain) yang berupa dataran tinggi di wilayah sebelah barat. Wilayah tersebut yang termasuk ke dalam kawasan ini yakni negara bagian Dakota Selatan, Dakota Utara, Nebraska, Oklahoma, Kansas, dan Texas. Lain halnya dengan Indiana, Illinois, Missouri, Arkansas, Mississippi, Kentucky, Alabama, dan Louisiana, letaknya berada di wilayah dataran rendah yang berada di lembah Sungai Missouri-Mississipi. Pada bagian utara great plain tersebut terdapat danau-danau yang berukuran besar. Air terjun yang terdapat di wilayah itu merupakan hasil dari perbedaan tinggi permukaan air antara danau –danau, seperti Niagara Fall (air terjun niagara).Air terjun ini selain sebagai objek wisata, potensinya juga dapat dimanfaatkan sebagai penghasil listrik tenaga air.

Baca Juga:  Pengertian dan Proses Fotosintesis pada Tumbuhan

The Great Plain berbatasan dengan Pegunungan Alleghany. Pegunungan Alleghany merupakan pegunungan tua yang berada di dekat pantai timur Amerika Serikat . Pegunungan tersebut mempunyai persediaan mineral dan potensi tenaga air yang cukup memadai bagi keterbutuhan bahan alam tersebut. Lain halnya pada bagian dataran rendah Pantai Atlantik, wilayah ini adalah bagian dari kawasan negara yang menjadi tempat dimana kapal-kapal internasional berlabuh.

c. Lokasi (iklim, flora, dan fauna) Amerika Serikat

Wilayah negara Amerika Serikat memiliki iklim yang cukup variatif, yakni:

1. di wilayah pantai utara bagian barat beriklim sedang.
2. di wilayah pantai barat bagian selatan beriklim mediteran.
3. di wilayah pantai barat laut beriklim sedang basah.
4. di wilayah pantai tenggara beriklim subtropik basah.
5. di wilayah teluk Meksiko dan pantai pedalaman beriklim kontinental.
6. di wilayah Alaska beriklim kutub
7. di wilayah kepulauan Hawaii beriklim hujan tropik.

Pada wilayah timur Amerika Serikat banyak ditemui hutan yang cukup lebat, yakni hutan luruh. Pada bagian utaranya ditumbuhi pepohonan pinus. Di bagian sebelah timur tumbuh rerumputan yang tinggi. Lain halnya pada bagian barat dan selatan ditumbuhi padang rumput
yang pendek. Pada wilayah pedalaman California dan di dekat Arizona ditumbuhi oleh vegetasi gurun.

Baca Juga:  Fase proses Pembelahan Meiosis (Pembelahan Reduksi)

Di kawasan ini tepatnya pada negara-negara bagian selatan negara ini mempunyai varietas pepohonan yang hijau sepanjang tahunnya. Misalaya Tumbuhan palma dan tropis yang tumbuh di bagian selatan Florida dan California. Pepohonan konifer yang tinggi dan besar-besar (redwood) banyak hidup di wilayah Podzol tepatnya di pegunungan California, dan pada bagian tengah serta selatannya terdapat lahan yang amat subur bagi sektor pertanian terutama buah dan sayur.
Aneka ragam Jenis fauna yang hidup di negera ini diantaranya yakni: antelop, bison, dan beruang. Pada wilayah Midwes terdapat bighom, domba, dan rusa. Pada kawasan pegunungan terdapat puma. Di wilayah pesisir pasifik terdapat selot, armadilo, dan jaguar. Pada kawasan barat daya terdapat oligator, buaya kardinal, dan posium . Di wilayah selatan dan karibu terdapat beruang kutub, anjing laut, dan paus.

Sumber :
Dewi, Nurmala, 2009, Geografi Untuk SMA dan MA kelas XII, Jakarta, CV Epsilon Grup.
https://id.m.wikipedia.org./wiki/amerika_serikat