Batas-Batas dan Bentang Alam Kawasan Negara Perancis

Batas-Batas dan Bentang Alam Kawasan Negara Perancis – Perancis merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di kawasan benua Eropa bagian barat. Asal mula nama negara Perancis berasal dari kata France berasal dari Francia latin yang bermakna tanah bangsa Frank atau Franklad yang memiliki makna “bebas”. Negara ini menjadi salah satu dari kekuatan besar dunia semenjak pertengahan abad ke-17. Setelah itu di abad 18 dan 19 Perancis membangun suatu imperium kolonial besar pada saat itu yang terbentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara, serta turut memberi pepengaruh yang cukup kuat terhadap aspek Budaya dan Politik di berbagai daerah belahan dunia. Berikut merupakan pembahasan mengenai negara Perancis berkenaan dengan Batas-batas wilayah, bentang alam, dan ciri-cirinya!

A. Batas-batas Kawasan

Negara Perancis terletak di antara 42°20’ LU – 51°05’ LU dan antara 8°10’ BT – 5°55’ BB, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut!

1. Wilayah bagian selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Andora, dan Spanyol.
2. Wilayah bagian utara berbatasan dengan Selat Inggris (Chanel), Belgia, dan Luxemburg
3. Wilayah bagian barat berbatasan dengan Teluk Biscaye.
4. Wilayah bagian timur berbatasan dengan Jerman, Italia, dan Swiss.
5. Memiliki batas negara dengan Belgia, Luksemburg, Jerman, Italia, Monako, Swiss, Andora dan Spanyol.

Baca Juga:  Pengertian dan Proses Respirasi Anaerob

B. Bentang Alamnya

Negara perancis memiliki luas wilayah sebesar 543.965 km2 dan lebih dari setengah wilayah bagian selatan dan timur berupa pegunungan dan dataran tinggi. Daratan Perancis bagian wilayah barat berupa dataran rendah yang luas dan merupakan daerah aliran sungai Loire dan sungai Seine. Pada wilayah ini juga terdapat lembah luas yang dikenal dengan Cekungan Paris yang memiliki luas kira-kira sebesar 75.000 km2. Wilayah bagian barat daya Perancis terdapat cekungan yang memiliki bentuk menyerupai segitiga, yakni daerah Pasir Landes, Tanah Rendah Guyenne, dan Lembah Naurouze.

B.1. Lokasi (Iklim dan Vegetasi)

Negara Perancis memiliki dua jenis iklim yang berbeda, hal tersebut dikarenakan negeri ini berada pada garis 40°LU yang melintang hampir di tengah wilayah negara Perancis. Wilayah Bagian utara garis tersebut memiliki iklim Laut Sedang yang basah. Pada bagian selatannya beriklim Laut Tengah. Jika tiba musim panas, udara menjadi sangat panas namun pada musim dingin udara terasa begitu sejuk dan curah hujan memuncak pada musim dingin. Berbagai jenis vegetasi yang terdapat di kawasan Prancis, diantaranya yakni :

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Ekosistem Buatan (Lengkap)

1. di wilayah utara dan tengah terdapat beech
2. di wilayah mediterania bagian selatan terdapat semak-belukar yang tahan kering, tanaman zaitun, dan tanaman myrtee.
3. di wilayah pantai selatan ditumbuhi dengan aneka jenis pohon pinus.
4. di wilayah pegunungan Alpen dan tersebar di daerah Biancon dan Champsaur terdapat larch
5. Di wilayah Alsace, Burgundy, Franche-Comte, Pegunungan Alpen, dan
daerah Guyenne terdapat varian / jenis-jenis hutan yang lainnya.

B.2 Keadaan penduduk

Negara Perancis memiliki jumlah warga negara yang terbilang cukup padat yakni berjumlah 55,8 juta jiwa dengan kepadatan 103/km2. Hal tersebut berdasarkan catatan kependudukan Perancis pada tahun 1989 dengan angka pertumbuhan penduduk rata-rata 0,4% setiap tahunnya. Sebagian besar Penyebaran penduduk berada di daerah perkotaan yakni sekitar 70%. Masyarakat Perancis terdiri dari etnis Nordik yang bermukim di bagian utara, etnis Alpen yang bermukim di bagian timur, dan etnis Mediterania yang bermukim di bagian
selatan. Penduduk Perancis menganut kepercayaan Katolik Roma, Yahudi, Kristen Protestan dan Islam.

Baca Juga:  Pengertian Tektonisme, Jenis Tektonisme, dan Dampaknya

B.3. Potensi ekonomi dan kegiatan perekonomian penduduk

Di benua eropa, negara Perancis dikenal dengan negara yang menghasilkan bijih besi terbesar. Hasil tambangnya yang lain diantaranya yakni bauksit, gas
alam, batubara, minyak bumi, dan belerang. Perancis juga termasuk kedalam negara industri yang terbilang maju, terutama pada industri penyulingan minyak, industri mobil, industri pesawat terbang, industri besi dan industri baja. Sebagian besar tanah pada sektor pertaniannya dimanfaatkan sebagai penanaman bahan pangan seperti biji-bijian dan buah-buahan. Dalam sektor pertanian, Perancis adalah negara penghasil anggur dan gandum terbesar kedua di dunia.

Sumber :

Dewi, Nurmala, 2009, Geografi Untuk SMA dan MA kelas XII, Jakarta, CV Epsilon Grup.
https://id.m.wikipedia.org./wiki/perancis