Batas-Batas, Bentang Alam Kawasan Negara Jerman, dan Ciri-Cirinya

Batas-Batas, Bentang Alam Kawasan Negara Jerman, dan Ciri-Cirinya – Jerman atau bundesrepublik deutschland merupakan sebuah negara di kawasan benua eropa yang mempunyai posisi perekonomian dan perpolitikan yang begitu penting di benua Eropa dan dunia. Negara dengan jumlah 16 negara bagian ini menjadi kunci bagi organisasi Uni Eropa yang merupakan penghubung bagi transportasi barang dan jasa antar negara teritorial Erop. Jerman juga menjadi negara dengan jumlah penduduk imigran terbanyak ketiga di dunia. Selain itu jerman juga merupakan negara urutan ke-7 negara terluas di benua Eropa. Berikut beberapa hal tentang negara jerman berkaitan dengan batas-batas wilayah dan bentang alamnya!

A. Batas-batas Kawasan

Jerman terletak di antara 47°16’ LU – 55°03’ LU dan 5°56’

BT – 15° BT jika ditinjau dari Segi astronomis, dengan batas-batas wilayah sebagai berikut!

1. sebelah bagian utara berbatasan dengan Laut Baltik dan negara Denmark.
2. sebelah bagian selatan berbatasan dengan negara Swis dan negara Austria.
3. sebelah bagian timur berbatasan dengan negara Polandia dan negara Cekoslovakia.
4. sebelah bagian barat berbatasan dengan negara Prancis, negara Belgia, negara Belanda dan Laut Utara.

Jerman memiliki luas wilayah dengan total 357, 021 km2 (137,847 sq mi), terdiri dari daratan seluas 349,223 km2. Luas lautan jerman mencapai 7,798 km2.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Baku, Pengertian, & Ciri-Ciri (Lengkap)

Wliayah negara Jerman saat ini merupakan hasil dari pecahnya perang dunia II yang sebelumnya mencakup bagian dari negara Polandia, Ceko, dan Kaliningrad. Wilayah jerman dahulu pernah terbagi secara politik sejak tanggal 7 Oktober 1949 sampai pada tanggal 3 Oktober 1990. Pada saat itu bagian timur Jerman dikuasai oleh rezim komunis yang bernama Republik Demokratik Jerman.

B. Bentang Alamnya

Luas wilayah negara Jerman sekitar 357.050 km2. Kawasan Jerman umumnya terbagi tiga, yakni :

1. Daerah dataran rendah utara yang merupakan daerah luas di kawasan pantai sebelah utara. Daerah dataran rendah ini muncul akibat bentukan yang terjadi karena endapan lumpur dari Sungai Weser, Sungai Ems, dan Sungai Elbe.
2. Daerah dataran tinggi berada di bagian tengah kawasan wilayah Jerman yang terdiri dari plato-plato. Daerah dataran tinggi-tengah pada kawasan tersebut dialiri oleh sungai Rhein.
3. Daerah bagian wilayah selatan merupakan bagian dari kawasan wilayah pegunungan Alpen.
4. Daerah sebelah bagian barat terdapat padang sand dune yang luasnya terlindungi oleh kepulauan Frisia Utara dan juga Kepulauan Frisia Timur. Di samping itu juga terdapat sebuah pulau wisata yakni pulau Helgoland.
5. Terdapat juga ebberapa pulau kecil yang di lepas pantai sebelah timur yang menjadi tempat wisata diantarannya yakni pulau Ruegen, pulau fehmarn, dan pulau usedom.

Baca Juga:  Pengertian & Berbagai Contoh Kalimat Fakta

C. Ciri-Ciri Negara Jerman

1. Lokasi (Iklim, Flora, dan Fauna)

Negara Jerman pada bagian barat laut memiliki iklim yang sama seperti negara belanda yakni beriklim laut sedang. Jika ditarik semakin ke arah timur dan arah selatan, iklimnya berangsur-angsur mengalami perubahan menjadi iklim darat dengan suhu musim dinginnya yang rendah dan musim panasnya yang tinggi. Di musim panas suhu udaranya mencapai 40°C, padahal disaat musim dingin dipastikan selalu turun salju.

Di bagian daerah barat terdapat kawasan hutan yang luas. Di daerah bagian kawasan timur ditumbuhi beraneka ragam tumbuhan sejenis pinus, pohon ek, cemara gunung, dan beech. Pada kawasan pegunungan Alpen dipenuhi dengan hutan konifera. Beberapa jenis hewan yang berhabitat asli di Jerman, diantaranya yakni rusa dan babi hutan.

2. Kependudukan

Jerman merupakan negara yang memilki kepadatan penduduk yang cukup tinggi di benua di Eropa. Jumlah penduduknya rata-rata mencapai 260 orang per km2. Jerman juga menunjukkan konsentrasi penduduk di kota-kota yang sebagian besar keberadaannya di sekitar dataran rendah bagian utara. Selanjutnya konsentrasi penduduk yang lebih rendah berada pada daerah pegunungan selatan. Kota-kota dengan jumlah penduduk yang padat diantaranya yakni kota Dortmund, Duisburg, Essen,dan Bonn.

Baca Juga:  Materi Tenses: Present Perfect Tense

3. Potensi Ekonomi dan Kegiatan Perekonomian Penduduk

Jerman merupakan salah satu dari sekian banyak negara industri di Eropa. Hal utama yang menjadi pendukung kemajuan industri bagi negara Jerman yakni pada kekayaan buminya potensi tambang batu bara. Potensi batu bara terbesar di jerman terdapat pada daerah Ruhr dan Aachen. Jerman juga dikenal kaya akan sumber daya alam berupa potas, garam, bijih besi, dan juga mangan. Dereta kota-kota industri yang penting berederet di sepanjang sungai Rhein dan di sekitar anak-anak sungainya, seperti pada daerah Sungai Main-Neckar. Kota-kota industri tersebut diantaranya yakni Frankfurt, Manheim, Mainz, dan Sturgart. Kota-kota industri lainnya juga terdapat pada bagian utara, yakni kota industri Keulen, Solingen, Leverkusen, Dusseldorf, Munchen-Gladbach, Duisburg, Essen, Bremen, Dortmund, dan Hamburg.

Sumber :

Dewi, Nurmala, 2009, Geografi Untuk SMA dan MA kelas XII, Jakarta, CV Epsilon Grup.
https://id.m.wikipedia.org./wiki/Jerman