Bagian-Bagian Hidung dan Fungsinya Masing Masing

Bagian-Bagian Hidung dan Fungsinya Masing Masing – Hidung merupakan organ pembau yang peka terhadap senyawa kimia dalam udara. Hidung memiliki reseptor yang sejenis dengan reseptor pengecap yang ada di lidah. Pembauan dengan pengecapan memiliki “pos” yang berbeda di otak. Hanya saja, kedua sistem ini akan saling berinteraksi. Sistem pembauan lebih cepat merespon suatu “bau” yang dihasilkan dari senyawa kimia yang ada di udara. Sistem pembauan yang baik sangat mempengaruhi sistem pengecapan.

Ketika kita mengalami flu yang menyebabkan kita tidak dapat mencium bau aroma maka sistem pengecapan pun akan ikut terganggu. Sistem pembauan yang berkembang pada hewan sangat beragam. Anjing memiliki pembauan yang sangat baik, oleh karena itu anjing sering digunakan untuk kepentingan militer atau lainnya. Bagaimana sistem pembauan atau penciuman dirangcang hingga sedemikian rupa kita mampu membedakan bau beragam aroma yang hadir??? Berikut uraiannya.

STRUKTUR HIDUNG MANUSIA

Hidung ditopang oleh tulang keras pada pangkal hidung yang keras dan tulang rawan pada ujungnya yang dapat dibuat lebih mancung pada pemiliki hidung pesek. Hidung sangat penting bagi hewan vertebrata darat, hal ini terkait dengan proses perolehan oksigen pada udara pernafasan. Selain itu, hidung berguna sebagai indera pembauan atau penciuman yang berkembang baik pada hewan. Tiap hewan memiliki batas penciuman senyawa kimia, dan hewan yang memiliki penciuman paling baik adalah anjing. Hidung dilengkapi dengan struktur yang berfungsi dalam respirasi dn penciuman. Hidung memiliki:

Baca Juga:  Pengertian, Fungsi Jaringan Saraf, dan Ciri-Ciri Jaringan Saraf

a. Rambut hidung

Di dalam rongga hidung terdapat rambut hidung yang terbentuk dari lapisan dermis dan epidermis rongga dalam hidung. rambut – rambut hidung sangat penting dalam menunjang hidung melakukan fungsi dalam respirasi. rambut – rambut ini akan menyaring udara pernafasan yang masuk melalui hidung. debu, kotoran, dan partikel lainnya dapat terperangkap dengan adanya rambut – rambut hidung. sehingga rambut hidung berfungsi dalam penyedian udara pernafasan yang bersih. meski demikian, tingginya angka polusi suatu wilayah tetap beresiko bagi pernafasan. karena rambut hidung tidak cukup mampu memfilter polusi yang ada di udara.

b. Mukus (lendir)

Sel – sel bersilia dalam rongga hidung menghasilkan mukus atau lendir yang berfungsi sebagai penangkap kotoran, debu, atau partikel lain yang terbawa bersama udara pernapasan. Lendir – lendir ini juga berperan dalam proses pengaturan kelembapan (suhu) udara yang masuk. Jika kita berada disuatu tempat yang panas, maka udara yang panas yang masuk ke dalam tubuh ini akan bersentuhan dengan lendir yang kaya akan air, sehingga suhu udara lingkungan yang masuk menjadi setara dengan suhu tubuh. Hadirnya mukus sangat penting bagi proses pembauan (penciuman).

Baca Juga:  Pengertian, Contoh, & Kalimat Compound Noun

c. Sel olfaktoris

Sel – sel olfaktori merupakan sel – sel reseptor pada hidung. Sel – sel ini terletak di rongga hidung bagian atas. Sel – sel ini merupakan sel epitel bersilia yang peka terhadap senyawa kimia yang ada di udara, oleh karenanya disebut dengan kemoreseptor. Mekanisme pembauan pada hidung dimula dari senyawa kimia yang ikut terbawa udara menempel pada mukus (lendir) pada hidung. Kemudian lendir – lendir ini akan menyentuh silia – silia pada sel olfaktori. Sel reseptor ini akan menerima rangsang kimia kemudian mengubahnya menjadi impuls saraf yang akan diteruskan ke saraf olfaktori yang akan bermuara di pusat penciuman di otak (lobus olfaktori).

Berbeda dengan alat indera lainnya, sel saraf olfaktori berhubungan langsung dengan lobus olfaktori di otak (saraf indera lainnya akan melewati bagian thalamus sebelum dilewatkan ke pusatnya masing – masing). Sistem pembauan memiliki pusat yang berbeda dengan pengecapan, meski demikian keduanya saling berinteraksi. Sistem pembauan akan menangkap rangsang lebih cepat dibanding sistem pengecapan. Ketika kita mencium aroma lezat maka akan merangsang lidah untuk mengecap dan kelenjar air liur akan mengeluarkan.

Baca Juga:  Naskah Drama Rapunzel dalam Bahasa Inggris