9 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

9 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional – Perdagangan internasional dapat terjadi apabila ada kesepakatan bersama antar dua Negara yang saling membutuhkan sebagai usaha pemenuhan kebutuhan masing-masing Negara. Banyak sekali manfaat yang ditimbulkan oleh perdagangan internasional.

Salah satunya adalah perdagangan internasional dapat meningkatkan pendapatan Negara. Ada beberapa faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Nah, berikut ini adalah faktor pendorong peradagangan internasional.

1. Usaha untuk Memenuhi kebutuhan

Faktor pendorong kebutuhan nasional yang utama adalah adanya keinginan untuk memperoleh barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi di dalam negeri sendiri. Hal ini dikarenakan pada dasarnya tidak semua Negara dapat menghasilkan semua barang atau jasa. Contohnya adalah Negara-negara Industri tidak dapat memproduksi bahan baku seperti kain, karet, dan lain sebagainya, sehingga mereka harus mengimpor dari Negara lain penghasil bahan baku industri, seperti Indonesia.

Begitu juga sebaliknya, Negara berkembang seperti Indonesia belum bisa memproduksi alat—alat industry modern seperti pesawat terbang, kereta api, dan lain-lain sehingga Negara kita melakukan impor barang-barang tersebut dari Negara-negara maju.

Baca Juga:  Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional

2. Perbedaan Kekayaan Sumber Daya Alam

Setiap Negara memiliki keadaan geografis yang berbeda- beda, sehingga perbedaan tersebut menjadkan setiap Negara memiliki kekayaan sumber daya alam yang berbeda-beda pula. Pada dasarnya, sumber daya alam adalah faktor produksi negara. Oleh karena itu, setiap Negara memiliki keanekaragaman kondisi produksi.

Misalnya, Negara Indonesia kaya akan hasil buminya seperti Cengkeh, lada, kopi, dan sebagainya sedangkan Negara Australia merupakan penghasil hewan ternak, seperti sapi. Dengan demikian kedua negara tersebut dapat melakukan pertukaran. Indonesia yang membutuhkan daging mengimpor dari

Australia dan Australia mengimpor hasi bumi dari Indonesia. Keanekaragaman produksi inilah yang menjadi faktor pendorong perdagangan internasional.

3.Perbedaan Selera

Selera ternyata dapat menimbulkan perdagangan internasional. Contohnya adalah Negara A sebagai penghasil daging sapi dan Negara B sebagai penghasil daging ayam dengan jumlah yang sama.

Namun, masyarakat Negara A lebih menyukai daging ayam, sedangkan Negara B menyukai daging sapi. Kondisi seperti ini dapat mendorong terjadinya perdagangan internasional yang akan menghasilkan keuntungan bagi kedua Negara.

4. Perbedaan Iklim

Iklim ternyata juga dapat mendorong terjadinya perdagangan internasional. Perbedaan iklim setiap Negara menyebabkan terbatasnya potensi sumber daya alam. Akibatnya, tidak semua barang untuk memenuhi kebutuhan dapat dipenuhi sendir oleh Negara tersebut. Oleh karena itu, Negara akan mengimpor dari Negara lain.

Baca Juga:  Proses Pencernaan Makanan Pada Mulut

Sebagai contoh, Indonesia merupakan produsen tempe terbesar di dunia karena rakyatnya gemara mengkonsumsi tempe. Namun, karena iklim di Indonesia yang kurang bagus menyebabkan kedelai tidak dapat tumbuh dengan baik di Indonesia, sehingga untuk memenuhi kebutuhan kedelai Indonesia mengimpor dari Negara lain yang menghasilkan kualitas kedelai terbaik.

5. Adanya keinginan untuk memperluas pasar dan menambah keuntungan

Ada kalanya para produsen menjalankan produksinya dengan tidak maksimal karena takut akan mengakibatkan kelebihan produksi sehingga akan menyebabkan kerugian. Namun, beberapa produsen sengaja melakukan produksi besar-besaran untuk menambah keuntungan sehingga akan mendorong mereka untuk melakukan perdagangan internasional.

6.Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan Negara

Perdagangan internasional dapat meningkatkan pendapat suatu Negara. Hal ini akan mendorong setiap Negara melakukan perdagangan internasional baik ekspor maupun impor. Keuntungan tersebut didapat dari pajak aktivitas ekspor dan impor, dan juga hasil ekspor barang produksi Negara itu sendiri.

Baca Juga:  Pengertian, Ciri, & 4 Contoh Paragraf Sebab Akibat

7. Adanya kelebihan produk dalam negeri

Terkadang suatu Negara melakukan produski secara besar-besaran sehingga menimbulkan kelebihan produk. Untuk menghindari kerugian, mereka harus menjualnya ke pasar yang lebih luas. Oleh karena itu, kelebihan barang produksi dapat mendorong perdagangan internasional.

8. Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain.

Perdagangan internasional dapat menimbulkan rasa persahabatan bagi kedua Negara. Oleh karena itu, perdagangan internasional dapat dijadikan alasan untuk melakukan hubungan internasional bagi suatu Negara.

9.Terjadinya era globalisasi

Era globalisasi mengakibatkan suatu Negara tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, sehinga semua barang atau jasa bebas masuk ke Negara lain.

Nah, berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional adalah adanya rasa saling membutuhkan. Selain itu karena terpaksa dengan adanya era globalisasi dunia, sehingga mau tidak mau setiap negara harus ikut didalamnya.