7 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

7 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula – Belajar Bahasa Inggris bukanlah hal yang sulit atau pun menguras banyak energi. Belajar Bahasa Inggris pada umumnya sama dengan belajar Bahasa Indonesia. Akan tetapi, banyak orang yang menganggap bahwa belajar Bahasa Inggris itu sulit. Berikut adalah beberapa tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula.

loading...

1. Luangkan waktu untuk belajar dan menghapal kosakata Bahasa Inggris

Agar kita cepat dapat menguasai Bahasa Inggris, ada kalanya kita harus meluangkan waktu kita untuk memegang buku dan belajar Bahasa Inggris. Jika kita tinggal di daerah yang memang orang – orang di sekitar kita berbahasa Inggris, kita tidak perlu untuk membuka buku setiap hari untuk belajar. Akan tetapi, jika kalian tinggal di mana orang – orang disekitar kalian tidak berbahasa Inggris, maka ada baiknya kalian meluangkan waktu kalian beberapa jam di setiap harinya untuk belajar Bahasa Inggris.
Kalian dapat memulai belajar Bahasa Inggris dengan menghapalkan kosakata. Menghapalkan kosakata dalam Bahasa Inggris, agar lebih mudah, dapat dimulai dengan konteks rumah atau lingkungan sekitar, misalnya benda – benda di kamar mandi, di ruang tamu, bangunan – bangunan terkenal di sekitar rumah, dan sebagainya.

2. Mengetahui dan menguasai frasa dan kalimat umum

Setelah kalian menguasai setidaknya 200 – 500 kosakata Bahasa Inggris, cobalah untuk mengetahui beberapa frasa dan kalimat dalam bahasa Inggris yang umum dipakai dalam kehidupan sehari – hari. Kalian dapat mengetahui frasa atau kalimat tersebut dimana saja, mulai dari buku sampai dengan internet. Frasa tersebut misalnya “red carpet”, “train station”, “bus stop”, dan sebagainya. contoh kalimat umum misalnya “how are you?”, “where do you live?”, “my name is Tina”, dan sebagainya. Dengan mengetahui berbagai macam frasa dan kalimat Bahasa Inggris, kalian akan mudah untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris sehari – hari.

Baca Juga:  Definisi Zero & First Conditional serta Contohnya

3. Jangan malu (Beranilah!)

Belajar suatu bahasa, baik itu Bahasa Inggris atau pun bahasa lain, memang dibutuhkan keberanian. Berani disini bukan hanya berani untuk belajar, akan tetapi berani untuk memulai berbicara dan mempraktekkan apa yang telah kita pelajari. Bahasa merupakan sarana komunikasi, jika kita tidak berbicara, lalu bagaimana kita dapat berkomunikasi secara lisan? Oleh karena itu, berani merupakan karakter utama yang harus ada pada diri kita dalam mempelajari Bahasa Inggris. Jika kalian merupakan tipe orang pemalu, kalian dapat memulai untuk berbicara Bahasa Inggris dengan adik, kakak, atau keluarga kalian terlebih dahulu. Kalian tidak perlu berbicara panjang lebar dalam Bahasa Inggris, cukup dengan mengatakan berbagai kalimat singkat, seperti “good morning”, “I want to watch TV”, dan sebagainya. Jika kalian telah berani untuk berbicara dengan keluarga, mulailah untuk berbicara dengan teman dekat kalian. Jika kalian telah berani untuk berbicara Bahasa Inggris dengan keluarga dan teman kalian, kalian juga mungkin akan berani berbicara Bahasa Inggris dengan orang lain.

Baca Juga:  4 Contoh Game Bahasa Inggris Untuk Belajar Anak - Anak

4. Dengarkan lagu atau film berbahasa Inggris

Banyak orang yang pasti suka mendengar berbagai macam lagu barat atau menonton film barat yang kebanyakan berupa film aksi. Hobi kalian itu mungkin akan membawa dampak positif terhadap pengetahuan Bahasa Inggris kalian. Mungkin akan sedikit susah untuk belajar Bahasa Inggris lewat lagu atau film jika kita tidak serius mendengarkan apa yang sedang dibicarakan. Oleh karena itu, jika kita sedang mendengarkan lagu berbahasa Inggris atau pun menonton film dalam Bahasa Inggris, ada baiknya selain kita menikmati lagu atau alur cerita filmnya, kita juga memperhatikan kosakata , frasa, atau kalimat yang diucapkan oleh sang penyanyi atau pun aktor. Dalam film mungkin belajar Bahasa Inggris akan lebih mudah karena kita akan dibantu oleh konteksnya dalam memahami apa yang dibicarakan oleh para aktor atau aktris.

5. Bacalah sesuatu yang tertulis dalam Bahasa Inggris

Selain mendengarkan lagu, atau belajar kosakata, kita juga perlu melatih kemampuan membaca kita dalam Bahasa Inggris. Dalam menguasai Bahasa Inggris, terdapat 4 skill (keahlian) yang harus dikuasai, yaitu listening (mendengar), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis). Untuk meningkatkan kemampuan membaca (reading), kita dapat membaca segala sesuatu yang tertulis dalam Bahasa Inggris, baik itu iklan di TV, tulisan di toko – toko, maupun bacaan yang berat seperti komik atau pun novel. Akan tetapi untuk pemula, membaca novel mungkin merupakan hal yang sulit. Oleh karena itu, ada baiknya kalian mulai untuk membaca komik sederhana karena kalian akan dibantu oleh konteks dan jalan cerita untuk mengerti apa yang dibicarakan oleh tokoh dalam komik tersebut.

Baca Juga:  Cerita Dongeng Bahasa Inggris Singkat & Menarik

6. Tahanlah diri kalian untuk belajar grammar

Grammar, mungkin sebagian orang bilang bahwa untuk dapat sukses dalam mempelajari Bahasa Inggris, kita harus dapat menguasai grammar. Akan tetapi pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Jangan terlalu memfokuskan diri dalam mempelajari grammar karena kalian pasti akan memikirkan grammar kalian terlebih dahulu saat kalian hendak berbicara sesuatu yang akan menyebabkan apa yang akan kalian bicarakan tersebut tertunda. Kalian akan belajar grammar seiringan dengan keberanian kalian berbicara dalam Bahasa Inggris karena kesalahan kalian saat berbicara akan diperbaiki saat mempelajari grammar.

7. Mencari tempat kursus Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang, belajar tanpa guru atau orang yang dapat membantu selama belajar adalah hal yang sulit. Jika seperti itu, ada baiknya kalian mencari tempat kursus. Di tempat kursus kalian akan belajar Bahasa Inggris dengan didampingi guru atau tutor sehingga jika ada yang tidak paham kalian akan dapat menanyakannya.

Demikianlah berbagai tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula. Semoga bermanfaat dan dapat memotivasi teman – teman semua untuk lebih bersemangat dalam belajar Bahasa Inggris. Terima kasih.

Baca Juga:

Daftar Kalimat Singkat yang Paling sering Digunakan di Kelas
Contoh Surat Lamaran kerja Bahasa Inggris Yang Benar
Cerita Bahasa Inggris Tentang Sahabat Utsman Bin Affan