6 Profil Negara Maju dan Berkembang

Beberapa Profil Negara Maju dan Berkembang – Negara maju adalah sebutan untuk Negara – Negara yang masyarakatnya memiliki kualitas atau taraf hidup yang tinggi, sedangkan negarra berkembang adalah sebutan untuk Negara – Negara yang taraf hidup masyarakatnya yang rendah.

Pada artikel yang lalu, kita telah mempelajari indikator yang menjadi acuan apakah suatu Negara digolongkan ke dalam Negara maju atau berkembang. Nah, di bawah ini adalah beberapa profil Negara maju dan berkembang.

1. Profil Negara Maju

Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah salah satu negara maju yang berada di benua Amerika. Negara ini memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia, sehingga disebut juga dengan Negara super power. Luas wilayah negara Amerika Serikat adalah 9.826.630 km2. Mengapa Amerika disebut sebagai Negara maju ? berikut adalah beberapa indikatornya.

A. Keadaan Perekonomian

Perekonomian Amerika Serikat adalah salah satu yang terbesar di dunia ini. Negara ini memiliki sumber daya manusia yang unggul dan sumber daya alam yang melimpah sehingga membuat maju perekonomian mereka.

Roda perekonomian Amerika Serikat bergerak dalam sektor perindustrian yang menyumbang sekitar 20.7 % dari seluruh pendapatan nasional mereka. Selain bergerak dalam sektor perindustrian, Amerika Serikat juga bergerak dalam sektor pertanian dalam skala besar dan menggunakan tekhnologi yang sangat maju. Hasil – hasil pertanian yang dihasilkan oleh mereka seperti, gandum, kapas, jagung, dll. Sektor ini menyumbang sekitar 1%. Sementara itu, sumbangan yang paling besar berasal dari sektor jasa, yang menyumbang sekitar 78.3 %. Jasa keuangan, perbankan, konsultan, telekomunikasi, dan informasi adalah contoh – contoh jasa yang dihasilkan oleh Amerika Serikat.

B. Keadaan Penduduk

Amerika Serikat memiliki jumlah pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi, yaitu sekitar 0.91 % per tahun. Hal ini membuat Amerika menjadi salah satu Negara yang memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi.

C. Pendidikan

Tingkat pendidikan Amerika telah maju dan merata. Dari total keseluruhan jumlah penduduk, 97% warganya telah memiliki kemampuan membaca dan menulis. Banyak sekali universitas – universitas yang terkenal di Amerika, seperti Universitas Harvard, Universitas Boston, Institut Teknologi Massachussets, dan Universitas Dallas.

D. Teknologi

Perkembangan tekhnologi di Amerika telah maju dengan sangat pesat. Hal ini dikarenakan pemerintah memberi perhatian yang besar terhadap perkembangan tekhnologi dengan memberikan dana yang besar untuk penelitian demi pengembangan teknologi. Majunya teknologi mereka telah membantu meningkatkan daya saing Amerika dalam berbagai bidang, terutama bidang industri dan jasa.

Baca Juga:  Berbagai Contoh Kalimat Perintah Ajakan, Larangan, dan Permohonan

Spanyol

Spanyol adalah salah satu dari beberapa Negara maju yang ada di Benua Eropa. Spanyol memiliki Total luas wilayah sekitar 504.782 km2 dengan luas darat 499.542 km2, sedangkan luas perairan 5240 km2.

A. Perekonomian

Keadaan perekonomian Spanyol tumbuh dengan sangat pesat setelah bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 1986. Sama halnya dengan Negara – Negara maju lainnya, roda perekonomian Spanyol bergerak dalam sektor Industri yang menyumbang 28.6%. Sementara itu sektor pertanian dan jasa menyumbang sekitar 3,6% dan 67,8% dalam pendapatan nasional.

B. Penduduk

Spanyol memiliki jumlah penduduk yang cukup besar di dataran Eropa, Negara ini memiliki jumlah penduduk sebesar 46.661.950 orang dengan struktur usia kependudukan: 0 -16 thn : 7.232.602 jiwa, 16-64 thn : 20.204.624 jiwa, dan 65 thn lebih : 19.224.724 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduk Spanyol juga termasuk tinggi, yaitu sekitar 1.8%

C. Pendidikan

Dalam hal pendidikan, Spanyol tidak kalah dengan Negara – Negara lainya. Pendidikan di Negara ini telah merata dan hampir semua penduduknya telah mengenyam pendidikan, terbukti dengan banyaknya ilmuan – ilmuan yang dihasilkan oleh Negara ini.

D. Teknologi

Perkembangan tekhnologi Spanyol tidak sebesar Amerika Serikat, tetapi untuk ukuran Negara – Negara berkembang, Spanyol memiliki tekhnologi yang cukup mumpuni, baik dalam bidang industry, komunikasi, transportasi, maupun kesehatan.

Australia

Australia adalah benua terkecil di dunia dan disebut juga dengan benua baru. Meskipun begitu, Negara ini menjadi salah satu dari beberapa Negara maju. Negara ini beribu kota di Canberra dan diperintah oleh seorang perdana menteri.

A. Keadaan Perekonomian

Roda perekonomian di Australia sebagian besar bergerak dalam bidang Industri dan jasa dan hanya sekitar 2% saja yang berasal dari pertanian. Hal ini dikarenakan daerahnya yang tidak cocok untuk pertanian. Oleh karena itu, Negara ini lebih fokus kepada pengembangan industri dengan teknologi tinggi. Hasil industri Australia, diantaranya adalah mesin-mesin tekstil, sepatu, alat-alat elektronik, mobil dan kapal laut. Pusat industri Negara ini berada di daerah Sidney dan New Castle.

B. Penduduk

Australia memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dan berasal dari beragam ras dari seluruh dunia dan hanya sekitar 30% penduduk asli Australia yang tinggal di dalamnya. Ada sekitar 23 juta jiwa penduduk yang tinggal di Negara tersebut dan bertempat tinggal di wilayah perkotaan.

C. Pendidikan

Sebagai salah satu Negara maju, Australia memiliki tingkat pendidikan yang tinggi dan merata. Australia menjadi salah satu Negara yang menjadi rujukan beberapa mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi karena Negara ini memiliki beberapa universitas yang ternama.

Baca Juga:  21 Soal Sosiologi Kelas 11 Tentang Kelompok Sosial

D. Teknologi

Tekhnologi Negara Australia sama halnya dengan Negara maju lainnya, yaitu telah berkembang dengan sangat maju. Perkembangan tekhnologi ini dimanfaatkan untuk membantu pergerakan ekonomi di Negara tersebut.

2. Profil Negara Berkembang

Indonesia

Negara kita, Indonesia masih termasuk ke dalam Negara berkembang. Negara yang terletak di asia tenggara ini memiliki ribuan pulau dan budaya yang sangat beragam.

A. Keadaan Perekonomian

Indonesia merupakan Negara yang sangat kaya karena memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah, diantaranya adalah minyak mentah, gas alam, timah, tembaga dan emas. Indonesia termasuk salah satu Negara pengekspor gas alam terbesar di dunia. Selain mengandalkan pertambangan, perekonomian Indonesia juga mengandalkan bidang pertanian. Hasil pertanian yang utama Indonesia diantaranya adalah beras, teh, kopi, rempah-rempah dan karet.

B. Keadaan Penduduk

Jumlah penduduk Indonesia merupakan yang terbesar di kawasan Asia tenggara, bahkan masuk ke dalam 5 negara dengan penduduk yang tinggi di dunia. Dengan tingginya jumlah penduduk Indonesia, menjadikan Negara ini memiliki permasalahan dalam bidang kependudukan karena jumlah penduduk yang komposisinya tidak seimbang. Jumlah usia produktif lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah usia nonproduktif.

C. Keadaan Pendidikan

Pendidikan Indonesia tidak merata karena belum menyentuh seluruh masyarakatanya. Sebagian penduduk masih belum bisa menikmati pendidilkan, hanya penduduk yang tinggal di kota saja yang mendapat pendidikan yang baik. Selain belum meratanya pendidikan, mahalnya biaya pendidikan menjadi penyebab belum bersaingnya pendidikan di Indonesia saat ini.

D. Teknologi

Tekhnologi di Indonesia belum semaju Negara – Negara maju lainnya. Hal ini bisa dilihat dari masih digunakannya alat – alat tradisional dalam aktivitas penunjang perekonomian, contohnya adalah masih digunakannya sapi atau kerbau untuk membajak sawah.

Brazil

Brazil adalah salah satu dari beberapa Negara berkembang yang ada di Benua Amerika. Luas Negara ini adalah 8.547.404 km2. Hampir separuh dari seluruh wilayah Brasil adalah Lembah Amazon yang panas. Daerah ini berupa bentangan hutan dan air yang amat luas.

A. Keadaan Perekonomian

Pendapatan per kapita Negara Brasil berkisar US$ 2.590. Pendapatan ini didukung dari beberapa sektor perekonomian, seperti pertanian, perikanan, peternakan, pertambangan, dan industry. Sektor pertanian merupakan tulang punggung utama Brazil karena sekitar 45% dari total komoditas ekspornya berasal dari hasil pertanian, seperti kapas, kopi, dan lain – lain.

Baca Juga:  Pengertian, Struktur, & Fungsi Sistem Rangka Manusia

B. Keadaan Penduduk

Brazil memiliki jumlah penduduk sekitar 184.101.110 jiwa dengan tingkat pertumbuhan penduduk sebesar 2,3% setiap tahunnya dan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2 . Penduduk Negara Brasil kebanyakan orang portugis yang berjumlah sekitar 60, dan sisanya adalah orang – orang Mestizo, Afrika, dan lain-lain.

C. Keadaan Pendidikan

Sama halnya seperti Negara – Negara berkembang lainnya, pendidikan di Brazil belum merata. Brasil memiliki dua sektor pada bidang pendidikan, yaitu publik dan swasta. Pendidikan publik gratis bagi semua masyarakat brazil. Pemerintah Brazil menganggarkan 25% pendapatan nasional ke sistem

sekolah umum dan beberapa ke sekolah swasta. Dalam 25 tahun ini, telah terjadi perubahan yang cukup signifikan dalam struktur pendidikan Brazil.

4. Teknologi

Brazil telah mencapai kemajuan tekhnologi yang cukup signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Ini dibuktikan dengan didirikannya Pusat agen untuk sains dan teknologi di Brazil, yang meliputi CNPq dan Finep.

Afrika Selatan

Negara ini memiliki luas wilayah sebesar 1.123.226 km2, yang sebagian besar terdiri dari plato dengan ketinggian 900–1.200 m di atas permukaan laut. Negara ini adalah salah satu Negara berkembang yang ada di Benua Afrika.

A. Keadaan Perekonomian

Pendapatan per kapita Afrika Selatan mencapai 2,299 US$. Perekonomian Negara ini paling besar bergerak dalam bidang peternakan karena hampir 65% lahan digunakan sebagai tempat pengembalaan ternak. Selain peternakan, Afrika Selatan memiliki sumber kekayaan mineral yang besar, seperti logam mulia seperti emas, platina, logam dasar dan bahan-bahan nonlogam.

Afrika Selatan mendapatkan devisa yang cukup besar dari ekspor hasil pertambangan, pertanian, dan peternakan. Ekspor utama Negara ini adalah hasil pertambagan seperti emas dan logam lainnya.

B. Keadaan Penduduk

Jumlah penduduk Afrika Selatan berjumlah sekitar 44,8 juta jiwa, dengan rata-rata pertumbuhan penduduk sekitar 2% per tahun. Angka harapan hidup di negara ini rendah, yaitu hanya mencapai 48,8 tahun.

C. Pendidikan

Tingkat pendidikan di Afrika Selatan belum merata hanya sekitar 86% Penduduk yang mempunyai kemampuan membaca dan menulis.

D. Teknologi

Pertumbuhan tekhnologi di Afrika Selatan sangat pesat. Hal ini dikarenakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menjadikan Negara ini menjadi salah satu Negara maju. Pemerintah Afrika Selatan telah memasukan pendidikan Tekhnologi sejak sekolah dasar, untuk mendapatkan SDM yang berkualitas.