5 Contoh Kalimat Kalimat Pembuka Pidato Terbaik

5 Contoh Kalimat Kalimat Pembuka Pidato Terbaik – Di bawah ini adalah contoh kalimat-kalimat pembuka pidato:

1. Mengawali pidato dengan bersyukur kepada Tuhan

Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan hidayah dan nikmat-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat. Tak lupa marilah kita haturkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini izinkanlah saya untuk menyampaikan pidato tentang (kemudian masuk ke isi pidato).

2. Memperkenalkan diri untuk membuka pidato

Salam semangat pemuda-pemudi, Indonesia.

Apa kabar, pemuda-pemudi Indonesia? Semoga semuanya dalam keadaan yang sehat walafiat dan selalu berkobar semangat nasionalisme di jiwa. Apakah kalian sudah mengenal saya? Mungkin, ada yang sudah mengenal saya di sini? Baiklah, karena pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak saying, mari kita berkenalan terlebih dahulu. Perkenalkan, nama saya adalah Reznita, atau biasa dipanggil Nita. Saya dilahirkan pada tanggal 1 Februari 1991 di Australia, hidup dan besar di negeri kangguru tersebut selama 17 tahun. Saat ini saya menempuh pendidikan di Sampoerna School of Education. Selain itu, saya juga aktif dalam organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang pendidikan dan perlindungan anak-anak terlantar.

Baca Juga:  Contoh Percakapan Bahasa Indonesia 2 Orang Tentang Liburan Sekolah

Pada kesempatan yang luar biasa ini, saya akan menyampaikan semangat jiwa muda sehingga para pemuda turut perduli terhadap dunia pendidikan di negeri kita ini.

Pemuda-pemudi yang berbahagia,

(Isi Pidato)

3. Memberikan ilustrasi pada pembukaan pidato

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya masuk ke inti pidato saya hari ini, mari kita merenungkan sejenak apa yang telah terjadi di dekat kita, di lingkungan kita. Betapa memprihatinkan keadaan di sekitar kita. Banyak orang yang masih belum tergerak hati nya untuk membuang sampah pada tempatnya, bahkan masih ada yang tidak segan untuk membuang sampah dari dalam kendaraan pribadi mereka. Fenomena tersebut tentu saja membuat lingkungan kita tidak bersih dan kurang sedap dipandang. Tidak hanya itu, aroma sampah yang berserakan mengganggu dan dapat menjadi sumber penyakit. Terlebih lagi, bencana banjir bias mengancam lingkungan kita. Bukankah keadaan-keadaan tersebut membahayakan? Sudahah kita menjaga lingkungan kita dengan baik?

Baca Juga:  2 Contoh Karangan Deskripsi tentang Sekolah (Terbaru)

Melalui pidato ini, saya ingin mengajak hadirin sekalian untuk menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar selalu bersih.

Hadirin yang berbahagia,

(Isi Pidato)

4. Menyajikan fakta sejarah dalam pembukaan pidato

Hadirin yang saya muliakan,

Tepat hari ini adalah hari sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Hari ini tentu membuat kita eringat dengan para pendahulu kita, pejuang kemerdekaan yang telah mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk menghalau dan mengusir para penjajah dari tanah air kita, Indonesia. Dengan gagah berani pahlawan-pahlawan kita melawan pasukan penjajah dan sekutu yang terus membombardir negeri kita dari darat, laut dan udara. Tetapi, para pahlawan tidak gentar untuk maju melawan. Mereka berani memperjuangkan martabat bangsa ini.

Hadirin yang saya muliakan,

(Isi Pidato)

5. Humor di pembukaan pidato

Hadirin sekalian,

Baca Juga:  Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Kedisiplinan

Apakah Anda pernah berpikir tentang hubungan antara kemakmuran dengan perut yang gemuk? Saya pernah. Namun, saya juga tidak yakin apakah ada hubungannya. Mungkin mereka brotherzone, friendzone, atau TTM (teman tapi mesra). Hahaha. Baiklah, kembali lagi pada hubungan perut gemuk dan kemakmuran. Ketika para pegawai masih dalam jabatan biasa, mereka cenderung kurus. Ketika para pegawai naik jabatan hingga mereka menjadi pejabat tinggi, perut mereka cenderung gemuk. Sebenarnya, saya juga tidak begitu yakin bahwa yang baru saja saya ceritakan ada hubungannya dengan pidato yang akan saya sampaikan.

Hadirin sekalian,

Melalui pidato ini saya ingin menyampaikan sepatah dua patah kata tentang pentingnya menjaga integritas diri dalam mengemban tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan.

Hadirin sekalian,

(Isi pidato)