5 Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh

5 Cara Mempercepat Metabolisme Tubuh – Apakah Anda mengalami masalah dengan metabolisme makanan di dalam tubuh??? Makan sedikit namun malah mengalami kegemukan??? Jika benar demikian, kemungkinan Anda terjangkit sindrom cushing yaitu kelainan yang disebabkan oleh gangguan metabolisme yang lambat. Metabolisme di dalam tubuh di atur oleh hormon tiroid yang dihasilkan oleh kelenjar tiroksin. Kekurangan hormon ini (karena suatu hal) yang disebut dengan hipotiroidisme dapat menyebabkan reaksi perombakan makanan di dalam tubuh menjadi lambat. Hal ini menyebabkan proses pencernaan dan penghasilan kalori di dalam tubuh berjalan lambat. Sehingga banyak makanan yang belum tercerna akan menumpuk. Hal ini tentu menjadi salah satu faktor tubuh Anda menjadi melar (gemuk/obesity).

Metabolisme yang lambat juga dapat disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, proporsi makan terlalu banyak dibanding kebutuhan, serta kurangnya olah raga (bergerak). Gangguan metabolisme yang lambat tentu akan menyebabkan bentuk badan tidak proporsional, terutama bagi wanita yang selalu memimpikan memiliki bentuk tubuh yang langsing. Gangguan hormonal juga dapat menjadi penyebab melambatnya metabolisme di dalam tubuh, seperti yang terjadi pada wanita yang baru melahirkan.

Baca Juga:  Persamaan dan Perbedaan Respirasi Aerob dan Anaerob

Lantas, bagaimanakah cara untuk mempercepat metabolisme yang lambat??? berikut uraiannya.

1. Hindari Junk food or Fast food

Anda sering menyantap makanan siap saji? Anda harus perlahan mencoba mengurangi kebiasan tersebut. Makanan siap saji atau junkfood mengandung banyak senyawa kimia (pengawet, pemanis, penyedap rasa, dan lainnya). Hal ini dapat mengganggu metabolisme makanan di dalam tubuh. Ganti makanan siap saji or junkfood dengan makanan yang lebih sehat. Gemar mengonsumsi makanan siap saji telah terbukti mampu membuat bobot tubuh Anda bertambah banyak. Hal ini dikarenakan makanan siap saji seperti ayam goreng siap saji, pizza, dan lainnya akan memicu ketidakstabilan hormon. Dengan demikian, laju metabolisme di dalam tubuh akan menurun. Selain itu, efek samping dari fast food ialah akan mengalami defisiensi nutrisi yang butuhkan oleh tubuh.

2. Olah Raga Teratur

Menurunnya metabolisme dapat disebabkan salah satunya ialah kurang gerak. Jika aktivitas harian Anda kurang gerak, dapat menjadi salah satu alasan penumpukan makanan. Olah raga menjadi salah stau alternative untuk membakar simpanan lemak pada tubuh Anda. Olah raga tak harus dalam bentuk berat, senam, aerobik, atau lari, dan lainnya merupakan salah satu aktivitas haria yang dapat membakar kalori. Jika Anda tidak sempat melakukan olah raga, maka biasanya banyak berjalan. Hal ini dapat membantu pembakaran penumpukan lemak (simpanan kalori) menjadi panas yang akan dibuang dari tubuh.

Baca Juga:  Pengertian & Metagenesis Tumbuhan Lumut Beserta Gambarnya

3. Tidur yang cukup

Setelah beraktivitas seharian, tubuh Anda berhak untuk mendapatkan waktu pemulihan. Tidur adalah waktu terbaik bagi tubuh Anda untuk memperbaiki tubuh. Meskipun Anda tertidur, namun sel – sel di dalam tubuh Anda sebenarnya tidak tidur. Mereka tetap melakukan metabolisme perbaikan atau regenerasi sel yang usang. Jika Anda kurang tidur, maka dapat terjadi gangguan metabolisme seperti kecepatan metabolisme menjadi menurun. Tidurlah 6 sampai 7 jam agar tubuh Anda tetap prima. Sehingga reaksi metabolisme di dalam tubuh pun tetap terjaga.

4. Ganti Alkohol atau Minuman Bersoda dengan Air Putih

Minuman beralkohol dan bersoda dapat mengganggu proses metabolisme di dalam tubuh. Tingginya kadar gula di dalam minuman bersoda, jika terlalu sering dikonsumsi maka tubuh akan menerima kadar gula yang berlebih. Sementara dampak buruk dari alkohol seperti kehilangan kesadaran serta menghambat kerja saraf tentu membuat metabolisme tubuh terganggu. Oleh karena itu, ganti atau kurangi minuman beralkohol atau bersoda Anda dengan air putih. Tubuh kita memerlukan air dalam jumlah yang cukup (sehari minimal 1,5 liter). Air berperan sebagai pelarut yang membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Mengganti minuman Anda dengan air putih akan membuat tubuh Anda lebih sehat. Air putih juga mampu membakar simpanan lemak di dalam tubuh serta membuang racun yang bersarang di dalam organ – organ pencernaan serta bagian tubuh lainnya.

Baca Juga:  Klasifikasi dan Ciri-Ciri Kingdom Monera (Lengkap)

5. Omega – 3

Omega – 3 merupakan jenis asam lemak yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Menambahkan omega – 3 dalam asupan Anda akan membantu pemecahan makanan sehingga akan mengurangi lemak pada tubuh. Sumber omega – 3 dapat Anda peroleh dari beberapa jenis makanan seperti ikan, terong, dan lainnya.

Demikian tips untuk mempercepat metabolisme di dalam tubuh. Metabolisme yang lambat akan membuat proses pemecahan nutrisi menjadi lambat. Nutrisi yang seharusnya di bakar menjadi kalori justru diubah menjadi simpanan lemak. Dengan demikian akan dapat menyebabkan kegemukan. Beberapa tips diatas semoga dapat membatu Anda untuk mendapatkan bobot tubuh yang ideal.