4 Contoh Paragraf Persuasi Bertemakan Pendidikan dan Cinta Lingkungan

4 Contoh Paragraf Persuasi Bertemakan Pendidikan dan Cinta Lingkungan – Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk menghimbau, mengajak, atau mempengaruhi para pembacanya untuk melakukan seperti apa yang dikatakan penulis dalam tulisannya. Nah, agar Anda lebih memahami apa itu paragraf persuasi, berikut ini adalah contoh – contoh paragraf persuasi tentang lingkungan.

Contoh 1 – Buanglah Sampah pada Tempatnya

Sampah – sampah yang menumpuk dapat menjadi sarang penyakit. Hal ini dikarenakan virus dan bakteri – bakteri lainnya menyukai tempat – tempat yang sangat kotor dan bau untuk berkembang biak. Mereka akan memperbanyak diri mereka dan kemudian menyebar melalui udara. Virus dan bakteri inilah yang nantinya akan terhirup oleh manusia sehingga kita bisa terjangkit beberapa penyakit, seperti disentri, demam, dan lain – lain. Selain itu, sampah – sampah yang menumpuk itu akan menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mengundang lalat – lalat untuk hinggap. Kemudian, lalat tersebut akan hinggap di makanan kita. Akibatnya, makanan kita akan tercemar virus dan bakteri berbahaya. Apabila kita mengkonsumsinya, maka kita akan terkena penyakit seperti disentri, diare, gangguan pencernaan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya agar tidak menjadi sarang bagi virus dan bakteri.

Baca Juga:  Pengertian & 31 Contoh Kalimat Majemuk Rapatan

Contoh 2 – Ayo Bersihkan Lingkungan Kita

Lingkungan adalah tempat di mana kita tinggal bersama keluarga, teman, dan orang lain. Selain itu, lingkungan juga merupakan tempat kita berinteraksi satu sama lain dan tempat untuk melakukan aktivitas. Apabila lingkungan kita kotor, tentu kita tidak akan merasa nyaman di dalamnya sehingga bisa menggangu aktivitas kita. Bahkan lingkungan yang kotor pula bisa mnimbulkan banyak sekali penyakit yang berbahaya. Namun, sebaliknya jika lingkungan kita bersih, maka kita akan merasa nyaman di dalamnya sehingga aktivitas kita menjadi betah dan melancarkan semua aktivitas. Selain itu, lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat dan juga indah dipandang mata. Oleh karena itu, ayo kita bersihkan lingkungan kita sehingga bisa menjadi lingkungan yang sehat dan nyaman.

Contoh 3 – Marilah Lestarikan Alam Kita

Saat ini alam telah rusak akibat ulah manusia. Hutan telah gundul, sungai telah dangkal, gunung telah habis, lautan telah tercemar, dan masih banyak lagi. Padahal hidup kita sangat bergantung dengan alam. Alamlah yang menyediakan semua kebutuhan kita, mulai dari kebutuhan makanan dan kebutuhan lainnya. Kita memang pandai memanfaatkannyanya, tetapi kita tidak pernah melestarikannya. Akibatnya, alam menjadi hancur. Hancurnya alam ini tidak jarang menimbulkan kerugian bagi kita sendiri. Misalnya, hutan – hutan yang telah habis ditebang akan menyebabkan tanah longsor, sungai – sungai yang telah tercemar akan membuat kita keracunan, sungai – sungai yang telah dangkal akibat sampah akan mengakibatkan banjir, dan lain – lain. Apablia kita bisa lebih bijaksana lagi dalam memanfaatkan alam, tentu kita hanya akan merasakan manfaatnya tanpa harus terkena imbasnya. Oleh karena itu, marilah kita lestarikan alam kita sehingga mereka bisa terus letari dan bisa dinikmati oleh anak cucu kita.

Baca Juga:  Analisis Unsur Intrinsik Novel Layar Terkembang Lengkap

Contoh 4 – Ayo Terapkan 3 R

Sampah memang menjadi masalah yang tidak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan sampah terus dihasilkan setiap saat. Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya ? Cara mengatasinya adalah dengan memanfaatkan sampah – sampah tersebut dengan sistem 3R (Reuse Reduce Recycle). Sistem 3R adalah cara yang bisa dilakukan untuk mengelola sampah yang terdiri dari reuse, reduce, dan recycle. Reuse adalah pemanfaatan atau menggunakan kembali sampah – sampah yang masih bisa digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Contohnya, kita bisa menggunakan botol – botol plastik sebagai wadah ataupun dibuat kerajinan tangan. Reduce adalah mengurangi segala sesuatu yang dapat mengakibatkan sampah. Contohnya, kita bisa menggunakan keranjang daripada kantong plastik saat berbelanja. Sedangkan Recycle adalah mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang – barang baru yang lebih bermanfaat. Contohnya, kita bisa mengelola sampah menjadi pupuk. Apabila kita telah melakukan 3R ini, maka jumlah sampah akan berkurang. Akibatnya, lingkungan menjadi bersih. Oleh karena itu, marilah kita melasanakan sistem 3R untuk mengatasi permasalahan sampah karena cara ini mudah dilakukan oleh siapa saja.

Baca Juga:  Pengertian, Cara Membuat, dan Contoh Surat Pernyataan