20 Contoh Majas Klimaks dan Penjelasannya

20 Contoh Majas Klimaks dan Penjelasannya – Majas klimaks merupakan ungkapan gaya bahasa yang menyatakan sesuatu hal yang memuncak. Majas ini termasuk ke dalam kelompok majas penegasan yang menggunakan kata-kata penegasan sebagai penambah kesan terhadap gagasan/ide yang ingin diutarakan. Dalam sebuah kalimat, majas klimaks memunyai ciri penggunaan kata-kata yang berturut-turut serta memiliki korelasi herarki dari suatu hal sederhana sampai pada suatu hal yang bersifat kompleks. Perhatikan contoh kalimat berikut!

Contoh:

1. Kontes pencarian bakat itu tak terikat pada usia. Bisa diikuti oleh semua kalangan dari remaja, dewasa, maupun orang tua.

Penjelasan:

Pada kalimat contoh pertama menyatakan sesuatu hal penegasan yang berturut-turut dan memiliki korelasi hirarki yang ditunjukkan pada urutan klasifikasi remaja, dewasa, maupun orang tua pada kalimat. Coba perhatikan kembali penggalan contoh kalimat 1 berikut!

“Bisa diikuti oleh semua kalangan dari remaja, dewasa, maupun orang tua.”

Deretan kata bergaris tebal / miring merupakan urutan korelasi hirarki dari suatu hal yang sederhana sampai pada suatu hal yang kompleks dan berada di puncaknya.

2. Baik dari kalangan rakyat kecil, akademisi, politisi, birokrasi, dan berbagai kalangan menolak dengan tegas RUU lokalisasi prostitusi dan perjudian di Indonesia.

Baca Juga:  Faktor yang Mempengaruhi Frekuensi Pernapasan pada Manusia

Penjelasan:

Pada kalimat contoh kedua menyatakan sesuatu hal penegasan yang berturut-turut dan memiliki korelasi hirarki yang ditunjukkan pada urutan klasifikasi rakyat kecil, akademisi, politisi, birokrasi, dan berbagai kalangan pada kalimat. Coba perhatikan kembali penggalan contoh kalimat 2 berikut!

“Baik dari kalangan rakyat kecil, akademisi, politisi, birokrasi, dan berbagai kalangan menolak dengan tegas RUU lokalisasi prostitusi dan perjudian di Indonesia.”

Deretan kata bergaris tebal / miring merupakan urutan korelasi hirarki dari suatu hal yang sederhana sampai pada suatu hal yang kompleks dan berada di puncaknya.

3. Pada tanggal 9 Desember 2015, Indonesia secara serentak akan memilih pimpinan daerah yang akan menjabat sebagai bupati, walikota, dan juga gubernur.

Penjelasan:

Pada contoh kalimat 3 menyatakan sesuatu hal penegasan yang berturut-turut dan memiliki korelasi hirarki yang ditunjukkan pada urutan bupati, walikota, dan juga gubernur pada kalimat. Coba perhatikan kembali penggalan contoh kalimat 3 berikut!

“Indonesia secara serentak akan memilih pimpinan daerah yang akan menjabat sebagai bupati, walikota, dan juga gubernur.”

Kata berderet tebal / miring pada penggalan kalimat di atas merupakan urutan korelasi hirarki dari suatu hal yang sederhana sampai pada suatu hal yang kompleks dan memuncak hingga ke titik klimaks.

Baca Juga:  Pengertian & Macam Macam Paragraf Lengkap

Susunan kata dalam kalimat majas klimaks memiliki gagasan yang bertahap dari yang paling sederhana sampai pada puncaknya / klimaks. Susunan kata yang bertahap ini merupakan kata-kata yang yang berada dalam satu kelompok atau golongan. Selanjutnya perhatikan contoh majas klimaks dalam contoh kalimat 4 – 20 berikut!

4. Alhamdulillah, ayah bisa menyekolahkan kamu mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, dan juga perguruan tinggi.
5. Pertumbuhan balita memang sesuatu yang luar biasa, aku memperhatikan perkembangan adikku mulai dari tengkurap, merangkak, berdiri, sampai berjalan.
6. Toko serba ada Barokah menjual barang-barang pribadi, alat tulis kantor, dan peralatan olah raga.
7. Ibu berharap engkau bisa menjadi kebanggaan dan bermanfaat bagi agama, keluarga, bangsa dan negara.
8. Susunan pejabat birokrasi daerah dari tingkat atas terdiri dari gubernur di tingkat provinsi, walikota/bupati di tingkat kabupaten/kota, sampai camat di tingkat kecamatan.
9. Aparat desa tidak bersifat birokratif, melainkan bersifat kultural berupa ketua RW di tingkat lingkungan dan ketua RT di tingkat komplek.
10. Pakaian muslim di toko Ananda berupa baju koko, sarung, peci, jilbab dan mukena.
11. Toko Sahara menyediakan berbagai macam pakaian anak-anak, remaja, dan dewasa.
12. Toko elektronik itu menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti kipas angin, setrika, lemari es, mesin cuci, dan penyedot debu.
13. Untuk mendapatkan solusi dari sebuah persoalan, seseorang harus memahami, menghayati, dan mengidentifikasi persoalan tersebut.
14. Perekonomian negeri ini ditopang dengan adanya beberapa unsur golongan profesi seperti buruh, petani, pengusaha, dan pemerintah.
15. Pemerintahan yang baik adalah pemerintahan yang cerdas, bersih, profesional, amanah, dan religius.
16. Sudah berapa banyak lelaki yang melamarnya, dari kalangan terpelajar, pejabat, pengusaha, bahkan kiai pun, belum ada yang mampu menaklukan hati gadis cantik itu.
17. Lahan parkir pasar malam itu dipenuhi berbagai kendaraan seperti sepeda, sepeda motor, dan mobil.
18. Toko sinar kaca sentosa menjual beberapa barang pecah belah seperti gelas, piring, dan mangkuk.
19. Lapangan sepak bola itu tidak pernah ada yang mengurus, di dalamnya ditumbuhi rumput liar, alang-alang, dan juga tunas-tunas pohon.
20. Berbagai jenis bahan bakar minyak seperti premium, solar, dan pertamax dapat dijumpai di SPBU pertamina milik pemerintah.

Baca Juga:  Pengertian dan Bentuk Kontak Sosial